Kantor konsultan properti Cushman & Wakefield menerangkan pasar ritel Jakarta pada awal 2024. Sejumlah fakta terungkap.
Laporan MarketBeat Cushman & Wakefield baru saja diluncurkan dengan menyajikan analisa aktivitas ekonomi dan real estat komersial setiap triwulan.
Hasil laporan tersebut juga meliputi tren pasokan, permintaan, dan harga di tingkat pasar dan subpasar di Indonesia.
Situs Investasiproperti.id akan memaparkannya lebih lengkap dengan mengutip dari keterangan tertulis yang diterima dari Cushman & Wakefield.
Tidak ada pasokan baru untuk pasar ritel di Jakarta yang terpantau selama kuartal dua tahun 2024. Pasokan kumulatif tetap stabil di 4.719.500 m2 (0,3% YoY (year on year) dan 0,0% QoQ (quarter on quarter).
Pada saat yang sama, renovasi yang berfokus pada perbaikan interior dan penyesuaian komposisi penyewa untuk meningkatkan pengalaman berbelanja.
Hal ini sedang dilakukan di beberapa pusat perbelanjaan seperti Epicentrum Walk, Plaza Semanggi, dan Plaza Festival.
Sementara itu, lima pengembangan pusat perbelanjaan diharapkan selesai pada akhir tahun 2024 dan awal 2025.
Mal tersebut adalah Lippo Mall East Side di Holland Village, Agora Lifestyle Centre di Thamrin Nine, dan Mall Menara Jakarta.
Selanjutnya, ada Cornerstone di Antasari Place, dan Annajon di The Sima Retail yang akan membawa peningkatan pasokan kumulatif sebesar 2,53% dalam 12 bulan ke depan.
Dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, permintaan mengalami sedikit penurunan (-0,2%), menyebabkan total permintaan kumulatif mencapai 3.727.800 m2, meskipun terjadi peningkatan 2,6% secara YoY.
Akibatnya, terjadi juga sedikit penurunan dalam tingkat hunian rata-rata menjadi 79,0% (2,3% YoY dan -0,2% QoQ).
Konsultan Cushman & Wakefield Terangkan Pasar Ritel Jakarta pada Awal 2024, Sejumlah Brand Membuka Gerai
Beberapa pembukaan toko baru, terutama dari bidang F&B (food and beverage) dan brand fashion terlihat pada kuartal ulasan.
Sementara itu, Bacha Coffee juga telah membuka toko pertamanya di Indonesia, lokasinya berada di Plaza Senayan.
Pembukaan toko baru lainnya di sektor F&B adalah FOGO dan Haidilao di Emporium Pluit Mall, serta Baia Nonna di Kota Kasablanka.
Sementara itu, merek fashion seperti Tommy Hilfiger, Calvin Klein, dan Forever New telah membuka toko baru mereka di Gandaria City.
Tidak ketinggalan, ada gerai Sports Direct di Plaza Senayan dan New Balance di Emporium Pluit Mall.
Merek internasional, khususnya yang berasal dari Korea Selatan, terus meningkatkan eksistensinya di Indonesia.
Merek fashion asal Korea Selatan, Aland telah membuka toko di Central Park Mall pada kuartal ini.
Pada kuartal-kuartal sebelumnya, ADLV dan MLB juga telah berekspansi bisnis mereka ke Indonesia dengan membuka toko pertama mereka di PIK Avenue dan Pondok Indah Mall.
Secara bersamaan, beberapa toko sedang menjalani renovasi interior, yang paling mencolok adalah Louis Vuitton di Plaza Indonesia, menampilkan tampilan baru untuk toko flagship-nya.
Terjadi peningkatan sedikit dalam sewa dasar rata-rata menjadi Rp815.400 per meter persegi per bulan (0,9% YoY dan 0,9% QoQ) selama kuartal ulasan.
Sementara itu, tidak terjadi peningkatan dalam service charge rata-rata yang tetap pada Rp 195.900/m2/bulan (2,9% YoY dan 0,0% QoQ).
Situs Investasiproperti.id selalu menyediakan konten yang menarik mengenai ulasan konsultan properti mengenai pasar ritel di Jakarta.