Home / Berita

Kamis, 8 Februari 2024 - 14:00 WIB

ARCH ID 2024 dan Masa Depan Arsitektur Indonesia. Keharmonisan Hubungan Antara Manusia, Kota, Alam, dan Teknologi

Sumber Foto: Ikatan Arsitek Indonesia & PT CIS Exhibition

Sumber Foto: Ikatan Arsitek Indonesia & PT CIS Exhibition

Seperti apa sih kaitan ARCH ID 2024 dan masa depan arsitektur Indonesia. Saatnya hadir dalam forum dan pameran arsitektur ini. 

Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) bekerja sama dengan PT CIS Exhibition kembali menyelenggarakan kegiatan tahunan ARCH:ID edisi keempat. 

Sebuah forum dan pameran arsitektur terbesar di Indonesia yang paling ditunggu ini dijadwalkan berlangsung dari tanggal 22 hingga 25 Februari 2024 di ICE BSD City, Tangerang, Banten. 

Tema yang diusung tahun ini ialah “Placemaking: Tolerance” dengan fokus terhadap keharmonisan hubungan antar manusia, pengembangan kota, pelestarian alam, serta integrasi teknologi.

Pada tahun ini, ARCH:ID melibatkan arsitek ternama sebagai tim kurator yaitu Ar. Yacobus Gatot S. Surarjo, IAI, Ar. Nelly Daniel, IAI, dan Ar. I Ketut Dirgantara, IAI. 

Acara ini diharapkan tidak hanya menyajikan pameran dan konferensi kelas dunia, tetapi juga berbagai program dan konten kualitas untuk berbagi pengetahuan.  

Kegiatan ARCH:ID 2024 mengundang para arsitek, design enthusiast, developer, serta profesional di industri untuk turut serta dalam kegiatan yang inovatif dan penuh dengan wawasan ini. 

“ARCH:ID di tahun 2024 ini telah memasuki tahun keempat, event tahunan yang sangat ditunggu masyarakat arsitektur Indonesia sebagai wadah kreativitas dan inovasi arsitektur terbesar di Indonesia,” ujar Presiden Institut Arsitek Indonesia Georgius Budi Yulianto seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima oleh Investasiproperti.id

Baca Juga :  Sambut Tahun Ajaran Baru, IKEA Memperkenalkan Program Back to School 

“Pameran tahunan ini membuka ruang bagi para arsitek, desainer, dan profesional industri kebanggaan bangsa untuk bersatu dalam merayakan keindahan dan fungsionalitas ruang,” lanjutnya. 

konferensi pers ARCH ID

Sumber Foto: Ikatan Arsitek Indonesia & PT CIS Exhibition

Menelisik Ragam Acara ARCH ID 2024 dan Masa Depan Arsitektur Indonesia

ARCH ID akan menyelenggarakan pameran. Terdapat beberapa booth yang didesain dengan merepresentasikan tema “Placemaking: Tolerance”

”Dengan mengangkat tema Placemaking: Tolerance, para kurator pameran kali ini mencoba menciptakan ‘ruang antara’ dalam gubahan arsitektur, ruang yang inklusif bagi semua, serta memberi tenggang rasa bagi terjadinya kegiatan-kegiatan sosial masyarakat, hingga ke tatanan detail yg kerap terlupakan di ruang kota,” ujar Wakil Sekretaris Jenderal IAI sekaligus Direktur Program ARCH:ID 2024 Firman Herwanto.

“Semoga pameran kali ini bisa mengisi milestones berpameran arsitektur di Indonesia, dan menjadi benchmark dalam penciptaan ruang-ruang temporer yang sarat akan kualitas dan nilai-nilai terbaik dari produk yang ditampilkan,” lanjutnya. 

Baca Juga :  Mengintip Kompetisi Digital Design Hackathon di ARCH ID 2024. Arsitek Harus Menguasai Software dan Hardware

Nantinya, sejumlah booth tersebut didesain bekerja sama dengan arsitek yang memiliki STRA (Surat Tanda Registrasi Arsitek). 

Ada lebih dari 300 stan pameran yang juga telah dikurasi dan akan memamerkan inovasi produk dan jasa brand lokal maupun internasional dari para produsen produk arsitektur dan bahan bangunan, serta interior design

Hal ini merupakan kesempatan besar untuk mengeksplorasi tren terbaru dalam arsitektur dan desain bagi pengunjung yang datang.  

Acara tahun ini juga akan dimeriahkan dengan kehadiran featured exhibition yang dirancang oleh para arsitek muda. 

Di antaranya ada pameran rancangan SKENA Creative, Atap Kebhinekaan dari IAI Region 2, IAI KOLABORNEO dari IAI Region 4, dan Tribute to Eko Prawoto & Josef Priotomo.

Tidak ketinggalan, karya arsitek muda dari 4 negara, BYO Living Award: kompetisi tektonika seri IAI, area diskusi Alun-alun dan Pod.

Selain pameran, terdapat banyak program lainnya yang ditawarkan oleh ARCH:ID 2024 seperti konferensi 2 hari, ARCH:ID Talk Series, Obrolan Tuju-Tuju, dan ARCH:ID Hackathon. 

Akan ada lebih dari 200 pembicara ternama yang akan berbagi pengetahuan dan wawasan mereka selama kegiatan ini berlangsung. 

Situs Investasiproperti.id selalu menyediakan konten yang menarik mengenai pameran arsitektur dan desain interior. 

Share :

Baca Juga

PropertyGuru Indonesia Property Awards Menjalin Kemitraan Baru

Berita

PropertyGuru Indonesia Property Awards Menjalin Kemitraan Baru dan Didukung Sejumlah Media Ternama
apartemen green pramuka city di jakarta

Berita

Green Pramuka City Berikan Promo Akhir Tahun 2023. Free PPN, Free DP, dan Masih Banyak Lagi
apartemen collins boulevard memasarkan hyde garden villa

Berita

Triniti Land Pasarkan Hyde Garden Villa Collins Boulevard. Hunian Vertikal dengan Fasilitas Bintang Lima
PropertyGuru Indonesia Property Awards Perkenalkan Kategori Baru

Berita

PropertyGuru Indonesia Property Awards Perkenalkan Kategori Baru. Apresiasi untuk Para Pelaku dan Bisnis Properti
sinar mas land kerja sama dengan heha group hadirkan bsd city park

Berita

BSD City Park Punya Kebun Binatang. Jatim Park Group Janjikan Pengunjung Dapatkan Pengalaman Tidak Terlupakan
tips serah terima kunci rumah baru

Berita

5 Tips Serah Terima Kunci Rumah Baru. Pembeli Rumah Pertama Wajib Tahu
Sinar Mas Land Raih Penghargaan Internasional

Berita

Sinar Mas Land Raih Penghargaan Internasional. Apresiasi dari PropertyGuru Asia Property Awards 2023 untuk Proyek di BSD City
chandra asri komitmen terhadap lingkungan hidup

Berita

Pemkab Tangerang Apresiasi Aspal Plastik di BSD City. Program Kerja Sama Sinar Mas Land dan Chandra Asri Group