Home / Desain & Arsitektur

Minggu, 10 Maret 2024 - 10:00 WIB

11 Cara Menata Rumah Kontrakan Sempit Agar Lebih Lega. Mudah Banget!

Sumber Foto: Pexels.com

Sumber Foto: Pexels.com

Kalau kamu masih tinggal di properti sewa, intip sejumlah cara menata rumah kontrakan sempit agar lebih lapang dan nyaman. 

Tidak ada salahnya tinggal di rumah kontrakan kalau kamu memang hanya menetap sementara atau sedang menabung down payment (DP) rumah.

Biasanya, rumah kontrakan memang sempit lantaran hanya memiliki ruang tamu plus ruang keluarga, kamar tidur, dapur, dan kamar mandi. 

Ada juga yang mempunyai dua kamar tidur, tetapi biasanya harga sewa jauh lebih mahal dibandingkan hunian yang hanya memiliki satu kamar. 

Kalau di Jakarta, biasanya rumah kontrakan satu kamar setidaknya disewakan dengan harga mulai dari Rp1,5 juta, tentu tergantung lokasinya. 

Tidak usah khawatir bagi kamu yang masih mengontrak di hunian sempit, ada sejumlah cara menyiasatinya keterbatasan lahan. 

Situs Investasiproperti.id akan membahas sejumlah langkah merancang hunian sempit agar lebih nyaman dan lapang bagi penghuninya.  

Investasiproperti.id sempat berbincang dengan sejumlah desainer interior dan arsitek dalam mendapatkan insight, salah satunya adalah Domisilium Studio.

desain rumah kontrakan sempit

Sumber Foto: Pexels.com

Cara Menata Rumah Kontrakan Sempit Agar Lebih Lapang

1. Menerapkan Gaya Hidup Minimalis 

Salah satu cara menata barang di rumah kontrakan yang paling mudah adalah terbiasa menerapkan gaya hidup minimalis dalam kehidupan sehari-hari. 

Maksudnya kamu hanya memiliki jumlah barang yang sesuai dengan kebutuhan mulai dari pakaian, peralatan makan, hingga perabot.

2. Sering Melakukan Penyortiran Barang 

Kamu bisa membuat rumah kontrakan sederhana menjadi lebih lapang dengan sering melakukan penyortiran barang secara berkala. 

Setelah belanja, pastikan kamu membuang kardus, plastik, pembungkus, atau apapun yang bisa menjadi barang tidak berguna. 

Baca Juga :  IKEA Gelar Kompetisi “Desain Kamar Impianmu”. Wujudkan Mimpi Anak Memiliki Kamar Tidur Sesuai Keinginan

3. Menyatukan Fungsi Ruangan 

Kamu bisa memanfaatkan ruang tamu kontrakan 3 petak menjadi ruang keluarga kalau sudah mempunyai putra putri. 

Pastikan kamu melakukan pemanfaatan ruangan menjadi beberapa fungsi sekaligus seperti ruang tamu dan ruang keluarga atau dapur dan ruang makan.

4. Mengaplikasikan Desain Interior yang Minimalis

Bagaimana cara menata rumah kecil biar rapi atau bagaimana menaruh dekorasi kontrakan 3 petak minimalis? Tidak usah khawatir. 

Simpel saja, coba kamu menerapkan desain interior yang minimalis modern sehingga ruangan tidak terlalu penuh sesak dengan kehadiran barang. 

5. Memiliki Perabot Multifungsi 

Cara menata rumah kontrakan 3 petak berikutnya adalah mempunyai furnitur multifungsi terutama penyimpanan barang alias storage

Misalnya kamu memiliki coffee table dan ranjang yang bisa menjadi tempat penyimpanan, bisa juga sofa yang bisa beralihfungsi menjadi tempat tidur. 

6. Menyiapkan Furnitur yang Dapat Dilipat

Kalau cara menata rumah kontrakan 2 petak selanjutnya adalah mempunyai furnitur yang dapat dilipat dengan mudah. Kamu bisa membelinya di marketplace atau toko. 

Misalnya meja, kursi, atau tempat tidur yang dapat dilipat, kemudian bisa disimpan di salah satu sudut rumah agar tidak membuat rumah terkesan sempit. 

cara menata rumah kontrakan

Sumber Foto: Pexels.com

7. Mengaplikasikan Warna Putih pada Dinding Ruangan 

Bagaimana cara menyiasati agar ruangan yang sempit agar berkesan luas? Gampang saja, coba aplikasikan warna putih atau warna terang lainnya. 

Kamu bisa meminta izin kepada pemilik rumah untuk mengaplikasikan warna putih, kalau rumah mempunyai cat tembok selain putih.

Baca Juga :  Ragam Talkshow CODA 2023. Mengupas Tuntas Dunia Desain dan Arsitektur Indonesia dari Berbagai Perspektif

8. Memasang Cermin 

Dekorasi kamar kontrakan 3 petak berupa cermin bisa berfungsi ganda yaitu sebagai pemanis dan memberikan efek dalam memperluas ruangan. 

Tidak hanya itu, cermin bisa memantulkan cahaya matahari dan sinar lampu sehingga ruangan terutama kamar tidur lebih terang. 

9. Memanfaatkan Ruang Vertikal 

Kalau cara menata rumah kontrakan 1 petak yang paling simpel adalah memanfaatkan ruang vertikal dinding hunian, meski tidak semua rumah memiliki plafon yang tinggi.

Kamu bisa memasang rak atau lemari sebagai tempat penyimpanan dan menaruh dekorasi, pakaian, atau barang-barang.

10. Memanfaatkan Sudut Ruangan 

Bagaimana cara menata rumah dengan baik? Banyak sih caranya, termasuk memanfaatkan sudut ruangan rumah seperti ruang tamu, kamar tidur, dan lainnya. 

Kamu bisa memesan rak atau lemari sudut untuk menaruh barang mulai dari sepatu, sandal, peralatan makan, peralatan memasak, hingga tas kerja.

11. Melakukan Penataan Lampu

Kamu bisa membeli lampu meja atau lampu sudut untuk mempercantik dan membuat nuansa ruangan lebih berbeda seperti lebih terang dan luas.

Hal ini lebih murah ketimbang kamu harus melakukan renovasi dan mengganti lampu pada bagian plafon rumah. Banyak pilihan yang bisa digunakan.

Hmm, banyak juga ya cara menata rumah kontrakan sempit agar terkesan lebih lapang, nyaman, dan asyik sehingga kamu tidak perlu khawatir lagi. 

Sebelumnya, Investasiproperti.id juga pernah membahas cara menata kamar kos yang sempit dan banyak barang sehingga lebih nyaman untuk ditempati.

Situs Investasiproperti.id selalu menyajikan konten yang menarik mengenai desain interior, tips dan cara mengatur rumah dengan mudah.

Share :

Baca Juga

merancang interior rumah kecil

Desain & Arsitektur

15 Cara Menata Rumah Kecil agar Terlihat Luas dan Nyaman
taman depan rumah yang cantik

Desain & Arsitektur

11 Cara Menata Taman Depan Rumah. Eksterior Hunian Jadi Lebih Cantik
cara mengatur rumah

Desain & Arsitektur

15 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi dan Bersih. Gampang Banget
IKEA Berikan Tips Rumah Lebih Tertata Rapi Saat Ramadan dan Idul Fitri

Desain & Arsitektur

IKEA Berikan Tips Rumah Lebih Tertata Rapi Saat Ramadan dan Idul Fitri. Siap Menyambut Tamu yang Datang
jenis renovasi menurut gravel

Desain & Arsitektur

3 Jenis Renovasi Menurut Gravel Agar Perbaikan Hunian Sesuai Ekspektasi
Peran Arsitektur untuk Restorasi Bangunan Lama

Desain & Arsitektur

Mengintip Peran Arsitektur untuk Restorasi Bangunan Lama dalam Industri Pariwisata. Potensi Selfienomics yang Menguntungkan
kenapa rumah di amerika terbuat dari kayu

Desain & Arsitektur

5 Alasan Kenapa Rumah di Amerika Terbuat dari Kayu. Orang AS Terbiasa Pindah Rumah Sejak Kecil
tips mengatur kamar yang sempit

Desain & Arsitektur

14 Cara Menata Kamar yang Sempit dan Banyak Barang. Simpel Banget