https://arch.id/conference-registration/

Home / Berita

Selasa, 29 Oktober 2024 - 12:00 WIB

Colliers Ungkap Cara Menciptakan Ruang Kerja Berkinerja Tinggi. Area yang Terbuka dan Fleksibel 

Sumber Foto: Officenow.co.id

Sumber Foto: Officenow.co.id

Konsultan properti Colliers ungkap cara menciptakan ruang kerja berkinerja tinggi. Simak konsepnya berikut. 

Ada dua langkah penting bagi perusahaan untuk dapat menciptakan tempat kerja berkinerja tinggi bagi karyawan. 

Menurut Tim Project Management Colliers Indonesia, tempat kerja mengalami perubahan secara signifikan belakangan ini. 

Perubahannya menuju ruang yang lebih terbuka, fleksibel, dan beragam, serta menyerupai kondisi sehari-hari selama dua dekade ini. 

Tren tersebut semakin cepat berkembang pascapandemi, sehingga efektivitas dan suasana ruang kerja menjadi faktor penting bagi para pengguna.

“Tempat kerja telah berkembang tidak hanya sekadar ruang fisik, telah menjadi bagian integral bagi para penggunanya,” kata Head of Project Management Colliers Indonesia Rahmat Daresa Alam seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima oleh Investasiproperti.id. 

“Memahami kebutuhan baik dari sisi bisnis serta sisi karyawan secara spesifik menjadi langkah awal dalam menciptakan kantor yang berkinerja tinggi,” lanjutnya. 

Apa kunci untuk merancang ruang kantor agar menciptakan lingkungan yang mendukung berbagai model kerja dan meningkatkan kinerja karyawan?

Baca Juga :  Colliers Indonesia Ungkap Aspek Penting Pengelolaan Gedung Komersial. Tata Kelola Keuangan dan Akuntansi Sangat Penting

Perusahaan Konsultan Properti Colliers Ungkap Cara Menciptakan Ruang Kerja Berkinerja Tinggi

1. Mengidentifikasi dan Mengkategorikan Ruang Kerja Menjadi Berbagai Zona

  • Ruang kerja dapat diidentifikasi menjadi berbagai kategori dengan menggunakan kerangka kerja space planning.
  • Kantor yang dirancang dengan baik, memiliki berbagai zona untuk aktivitas yang berbeda, sehingga dapat menciptakan lingkungan yang mendukung berbagai model kerja. Hal tersebut turut mempengaruhi kepuasan, fokus, kolaborasi, dan produktivitas karyawan.
  • Merancang ruang yang efektif turut melibatkan analisis kebutuhan organisasi yang spesifik, demografi tenaga kerja, dan faktor budaya guna menentukan variasi zona dan elemen desain yang optimal.

2. Optimalisasi Ruang Kantor

  • Dalam konteks optimalisasi ruang, salah satu alat yang digunakan oleh seorang manajer proyek adalah Space Adjacency Diagram.
  • Diagram ini digunakan untuk memastikan bahwa tata letak turut mendukung kebutuhan operasional secara optimal dan meningkatkan efisiensi alur kerja secara menyeluruh.
  • Space Adjacency Diagram menjadi indikasi penempatan berbagai elemen serta bagaimana ruang kantor dapat dibagi menjadi beberapa zona. 
  • Diagram dapat disesuaikan dengan berbagai skenario sesuai dengan proyek. 
Baca Juga :  Colliers Masuk Daftar World’s Best Employers 2023 Versi Forbes. Berbagai Program Dilakukan untuk Meningkatkan Performa Karyawan

Setiap perusahaan memiliki keunikannya masing-masing, dan desain kantor yang seragam dilihat tidak begitu menarik dalam dunia bisnis yang dinamis seperti saat ini. 

Karyawan adalah aset terbesar perusahaan, dan produktivitas, kepuasan, serta kesejahteraan mereka secara menyeluruh terkait langsung dengan lingkungan kerja mereka. 

Oleh sebab itu, penting bagi perusahaan untuk menggunakan pendekatan berbasis data, guna memahami kebutuhan dan preferensi karyawan serta unit bisnis. 

Melakukan penelitian dan analisis mendalam seperti survei dan memeriksa bagaimana ruang digunakan saat ini, bisa menjadi sebuah program desain dan juga pedoman yang meningkatkan kolaborasi, produktivitas, dan kepuasan karyawan.

Situs Investasiproperti.id selalu menghadirkan konten yang menarik mengenai insight yang dijelaskan oleh perusahaan konsultan properti. 

Share :

Baca Juga

Cushman & Wakefield Ungkap Ruang Ritel Jakarta Pada Akhir 2024 dan Awal 2025

Berita

Cushman & Wakefield Ungkap Ruang Ritel Jakarta Pada Akhir 2024 dan Awal 2025. Tiga Mal Baru Hadir, Sektor Kuliner dan Fashion Masih Mendominasi Okupansi
ikea buka pick up point ke-19 di indonesia

Berita

IKEA Buka Gerai Pick Up Point di Yogyakarta. 200 Pelanggan Pertama Dapat Voucher
launching aplikasi dinda oleh kementerian pupr dan universitas soegijapranata

Berita

Kementerian PUPR dan Universitas Katolik Soegijapranata Rilis Aplikasi Dinda. Permudah Masyarakat yang Ingin Bangun Rumah

Berita

The Kaia Dilengkapi Smart Home System. Hunian Baru di Grand Wisata Bekasi Ini Mengakomodasi Kebutuhan Penghuni
Program Let’s Colour dari AkzoNobel Berlanjut di Bali

Berita

Program Let’s Colour dari AkzoNobel Berlanjut di Bali. Produsen Cat Ini Ikut Promosi Pariwisata dan Lestarikan Warisan Budaya
Tempo Scan Berikan Bantuan untuk Palestina

Berita

Tempo Scan Berikan Bantuan untuk Palestina. Perusahaan Jalin Kerja Sama dengan Badan Amil Zakat Nasional
Lloyd's Inn Kuala Lumpur Resmi Beroperasi

Berita

Lloyd’s Inn Kuala Lumpur Resmi Beroperasi. Jadi Hotel Ketiga Setelah Singapura dan Bali
kawasan metland cibitung di kabupaten bekasi

Berita

Metland Berulang Tahun ke 30. Salah Satu Proyeknya Metland Cibitung Kokohkan Posisi Sebagai Kawasan Mixed Use Berkonsep TOD