Konsultan properti Colliers ungkap cara menciptakan ruang kerja berkinerja tinggi. Simak konsepnya berikut.
Ada dua langkah penting bagi perusahaan untuk dapat menciptakan tempat kerja berkinerja tinggi bagi karyawan.
Menurut Tim Project Management Colliers Indonesia, tempat kerja mengalami perubahan secara signifikan belakangan ini.
Perubahannya menuju ruang yang lebih terbuka, fleksibel, dan beragam, serta menyerupai kondisi sehari-hari selama dua dekade ini.
Tren tersebut semakin cepat berkembang pascapandemi, sehingga efektivitas dan suasana ruang kerja menjadi faktor penting bagi para pengguna.
“Tempat kerja telah berkembang tidak hanya sekadar ruang fisik, telah menjadi bagian integral bagi para penggunanya,” kata Head of Project Management Colliers Indonesia Rahmat Daresa Alam seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima oleh Investasiproperti.id.
“Memahami kebutuhan baik dari sisi bisnis serta sisi karyawan secara spesifik menjadi langkah awal dalam menciptakan kantor yang berkinerja tinggi,” lanjutnya.
Apa kunci untuk merancang ruang kantor agar menciptakan lingkungan yang mendukung berbagai model kerja dan meningkatkan kinerja karyawan?
Perusahaan Konsultan Properti Colliers Ungkap Cara Menciptakan Ruang Kerja Berkinerja Tinggi
1. Mengidentifikasi dan Mengkategorikan Ruang Kerja Menjadi Berbagai Zona
- Ruang kerja dapat diidentifikasi menjadi berbagai kategori dengan menggunakan kerangka kerja space planning.
- Kantor yang dirancang dengan baik, memiliki berbagai zona untuk aktivitas yang berbeda, sehingga dapat menciptakan lingkungan yang mendukung berbagai model kerja. Hal tersebut turut mempengaruhi kepuasan, fokus, kolaborasi, dan produktivitas karyawan.
- Merancang ruang yang efektif turut melibatkan analisis kebutuhan organisasi yang spesifik, demografi tenaga kerja, dan faktor budaya guna menentukan variasi zona dan elemen desain yang optimal.
2. Optimalisasi Ruang Kantor
- Dalam konteks optimalisasi ruang, salah satu alat yang digunakan oleh seorang manajer proyek adalah Space Adjacency Diagram.
- Diagram ini digunakan untuk memastikan bahwa tata letak turut mendukung kebutuhan operasional secara optimal dan meningkatkan efisiensi alur kerja secara menyeluruh.
- Space Adjacency Diagram menjadi indikasi penempatan berbagai elemen serta bagaimana ruang kantor dapat dibagi menjadi beberapa zona.
- Diagram dapat disesuaikan dengan berbagai skenario sesuai dengan proyek.
Setiap perusahaan memiliki keunikannya masing-masing, dan desain kantor yang seragam dilihat tidak begitu menarik dalam dunia bisnis yang dinamis seperti saat ini.
Karyawan adalah aset terbesar perusahaan, dan produktivitas, kepuasan, serta kesejahteraan mereka secara menyeluruh terkait langsung dengan lingkungan kerja mereka.
Oleh sebab itu, penting bagi perusahaan untuk menggunakan pendekatan berbasis data, guna memahami kebutuhan dan preferensi karyawan serta unit bisnis.
Melakukan penelitian dan analisis mendalam seperti survei dan memeriksa bagaimana ruang digunakan saat ini, bisa menjadi sebuah program desain dan juga pedoman yang meningkatkan kolaborasi, produktivitas, dan kepuasan karyawan.
Situs Investasiproperti.id selalu menghadirkan konten yang menarik mengenai insight yang dijelaskan oleh perusahaan konsultan properti.