Home / Berita

Rabu, 15 November 2023 - 09:30 WIB

Hari Listrik Nasional 2023 Jadi Momentum Tepat Para Pemangku Kepentingan Berkolaborasi Capai Target Net Zero Emission 2060

Sumber Foto: Investasiproperti.id

Sumber Foto: Investasiproperti.id

Hari Listrik Nasional 2023 menjadi momentum tepat bagi para pemangku kepentingan berkolaborasi meraih target Net Zero Emission 2060. 

Para pemangku kepentingan di sektor energi berkumpul dalam pameran energi terbesar di Indonesia yaitu Hari Listrik Nasional (HLN) ke-78 Enlit Asia 2023.

Pameran tersebut diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition, BSD, Tangerang Selatan, Banten pada 14-16 November 2023.

Acara ini tidak hanya berisi pameran, tetapi juga ada acara diskusi dan networking dari para peserta yang berasal dari dalam dan luar negeri. 

Penyelenggara acara berskala internasional tersebut adalah Enlit Asia dan Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia (MKI)

Enlit Asia merupakan nama dari acara konferensi dan pameran tahunan yang menyatukan dua acara besar di sektor listrik dan energi yaitu POWERGEN Asia dan Asian Utility Week.

Sedangkan Masyarakat Tenaga Listrik Indonesia (MKI) merupakan organisasi nirlaba yang didirikan pada tahun 1998 sebagai wadah komunikasi, koordinasi dan konsultasi.

Penyelenggaraan pameran ini tentu menjadi waktu yang tepat bagi para pemangku kepentingan dan kebijakan untuk berkolaborasi. 

Baca Juga :  Nakula Villa Hadirkan Tiga Vila Terbaru. Berikan Pengalaman Berlibur di Bali yang Menyenangkan

Pemerintah telah berkomitmen mendukung dan mendorong transisi energi sekaligus meningkatkan pencapaian target Net Zero Emission pada 2060.

Transisi energi ini juga untuk memperluas akses terhadap teknologi yang lebih terjangkau dan bersih sehingga dapat mendorong pemulihan ekonomi berkelanjutan dan lebih hijau.

“Saat ini kita menghadapi tantangan baik dari sisi kebijakan, strategi, inovasi teknologi, hingga risiko investasi,” ujar Ketua Dewan Pengawas MKI sekaligus Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo saat memberikan kata sambutan pada Selasa (14/11/2023). 

pameran hari listrik nasional 2023

Sumber Foto: Investasiproperti.id

Hari Listrik Nasional 2023 Jadi Momentum Tepat Para Pemangku Kepentingan Saling Bekerja Sama

Darmawan melanjutkan para pihak berkepentingan tidak hanya bisa mengidentifikasi tantangan, tetapi juga bersama-sama menjawab tantangan perubahan iklim dengan berbagai cara.

Hal ini menjadi tantangan global yang harus dihadapi bersama untuk mengatasinya, tentunya melalui forum seperti pameran Hari Listrik Nasional 2023. 

Menurut Darmawan, kolaborasi antara Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia dengan Enlit Asia 2023 ini sangat luar biasa. 

Apalagi ada CEO Dialogue yang memberikan ruang bagi pihak berkepentingan untuk saling berbagi peran dalam menghadapi perubahan iklim ini. 

Baca Juga :  10 Ribu Pekerja Konstruksi IKN Ikut Mudik Bareng Kementerian PUPR. Tujuan Mudik ke Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur

“Kita yang tadinya terfragmentasi menjadi bersatu dan kompak berkolaborasi dalam hal strategi, teknologi, dan investasi bersama-sama sehingga tantangan yang kita hadapi dalam perubahan iklim ini bisa kita selesaikan satu persatu,” katanya lagi.

Senada dengan Darmawan, CEO Clarion Events Asia Richard Ireland juga mengatakan hal serupa yang berupaya mencari solusi bersama. 

Acara ini tidak hanya sekadar acara energi di tingkat regional, tetapi juga tempat tempat berkumpulnya para pelaku industri energi dan kelistrikan dalam satu wadah.

Mereka yang berkepentingan berupaya mencari solusi inovatif bersama dalam rangka mendorong transisi energi dan mencapai target Net Zero Emission.

“Enlit Asia 2023 memberikan kesempatan bagi para eksibitor dan pengunjung untuk melakukan networking dan membahas isu-isu terbaru terkait energi,” ujar Ireland. 

Acara ini menghadirkan lebih dari 200 pembicara dengan target pengunjung mencapai 12 ribu orang dalam tiga hari pameran. 

Situs Investasiproperti.id selalu menghadirkan konten menarik mengenai pameran atau konferensi berskala nasional dan internasional. 

Share :

Baca Juga

Pembangunan Hunian RITTA di Kota Prabumulih Gunakan Teknologi RISHA

Berita

Pembangunan Hunian RITTA di Kota Prabumulih Gunakan Teknologi RISHA. Kementerian PUPR Kembangkan Teknologi Ini Sejak 2004
The Breeze BSD City Gelar Pertunjukan Tahun Baru 2024

Berita

The Breeze BSD City Gelar Pertunjukan Tahun Baru 2024. Serangkaian Acara Menarik Telah Disiapkan
sinar mas land dan chandra asri kerja sama menghadirkan jalan aspal plastik

Berita

Sinar Mas Land dan Chandra Asri Group Resmikan Jalan Aspal di BSD City. Hasil Kerja Sama Memanfaatkan Campuran Sampah Plastik
kota deltamas peduli lingkungan hidup

Berita

Kota Deltamas Lakukan Gerakan Tanam Pohon Bersama. Bentuk dari Kepedulian Lingkungan di Area Industri
Pertemuan antara Damai Putra Group dengan broker properti

Berita

Damai Putra Group Berkolaborasi dengan Agen Properti. Ingin Bangun Kerja Sama yang Menguntungkan Kedua Belah Pihak
Film Garfield The Movie

Berita

La-Z-Boy dan The Garfield Movie Gelar Kontes Kucing Paling Malas di Dunia. Konsumen Dapatkan Hadiah Kursi Malas
Menengok Amsterdam Coffee Festival 2024

Berita

Menengok Amsterdam Coffee Festival 2024 dan Inovasi Kopi Indonesia di Tengah Isu Keberlanjutan
volume investasi properti komersial di asia pasifik

Berita

Volume Investasi Properti Komersial di Asia Pasifik Menurun Jelang Akhir 2023. JLL Jelaskan Penyebabnya