Home / Berita

Senin, 8 Januari 2024 - 12:00 WIB

Kementerian PUPR Sediakan PSU di Kota Prabumulih. Penyediaan Fasilitas Lengkap Kompleks Perumahan Gratis untuk Tukang Sapu Jalanan

Sumber Foto: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Sumber Foto: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Kementerian PUPR sediakan PSU di Kota Prabumulih sekaligus menyediakan fasilitas lengkap perumahan untuk pekerja di sektor informal. 

Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus berkomitmen untuk membangun rumah  untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di sektor informal.

Hal ini memang menjadi fokus perhatian pemerintah pusat dan daerah dalam membantu mereka tinggal di hunian layak. 

Salah satunya adalah membangun kompleks perumahan gratis bagi para tukang sapu jalanan di Kota Prabumulih, Sumatera Selatan.

Kompleks hunian tersebut lengkap dengan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) berupa jalan lingkungan cor beton

“Pembangunan rumah layak huni merupakan wujud nyata bahwa negara benar-benar hadir untuk mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima oleh Investasiproperti.id.

“Salah satu targetnya adalah masyarakat di sektor informal dimana mereka membutuhkan rumah layak huni dan lingkungan tempat tinggal yang nyaman dan sehat,” lanjutnya. 

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sumatera V Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Johnny Rahman didampingi Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Sumatera Selatan, Yustin Patria Primordia memberikan penjelasan. 

Baca Juga :  Kementerian PUPR dan Tim PKPHAM Bangun Rumah di Sulteng. Renovasi dan Bangun Rumah bagi Korban Pelanggaran HAM

Pihaknya terus berkoordinasi dengan pemerintah Kota Prabumulih untuk mendorong tersedianya hunian layak untuk kelompok masyarakat yang bekerja sebagai tukang sapu jalanan.

Pihak Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Prabumulih juga ikut membantu melakukan koordinasi.

Hal itu dilaksanakan melalui pembangunan Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dan Prasarana, Sarana dan Utilitas (PSU) pendukungnya.

“Kami ingin kompleks perumahan tukang sapu jalan Kota Prabumulih yang dibangun dengan Program BSPS juga memiliki jalan lingkungan yang baik dan berkualitas yakni dengan cor beton,” kata Johnny Rahman. 

“Jadi aktivitas masyarakat dan mobilitas mereka bisa terbantu dan anak-anak juga bisa bermain dengan riang gembira,” lanjutnya.

Kementerian PUPR Sediakan PSU di Kota Prabumulih

Sumber Foto: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Kementerian PUPR Sediakan PSU di Kota Prabumulih dengan Kualitas yang Baik

Balai P2P Sumatera V Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR bekerjasama dengan Pemerintah Kota Prabumulih telah menyelesaikan pembangunan rumah untuk para tukang sapu jalan.

Lokasi perumahan tersebut berada di Kelurahan Anak Petai, Kecamatan Prabumulih Utara, Kota Prabumulih. 

Sebanyak 223 unit rumah masyarakat dibangun secara bertahap sejak tahun 2020 dan sudah dihuni oleh para tukang sapu jalanan beserta keluarganya. 

Baca Juga :  Mahasiswa MBKM Dilibatkan dalam Program Perumahan di Banten. Kementerian PUPR Berkolaborasi dengan Kemendikbudristek

Saat ini, pemerintah juga melengkapi kompleks perumahan tersebut dengan menyelesaikan pembangunan jalan lingkungan dengan cor beton.

Cor beton tersebut memiliki spesifikasi beton K-300 dengan ketebalan 15 cm yang kuat dan berkualitas sehingga lingkungan lebih rapi dan nyaman.

“Kami ingin masyarakat yang bekerja sebagai tukang sapu jalan juga bisa merasakan hasil pembangunan pemerintah yakni jalan lingkungan yang berkualitas,” ujar kata Johnny lagi. 

Kepala Bidang Perumahan dan Permukiman Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Prabumulih, Erwin Firmanza juga memberikan informasi tambahan.  

Erwin mengatakan kalau rumah yang dibangun dan telah dihuni oleh masyarakat adalah tipe 36 dengan luas kavling 120 meter persegi. 

Tanahnya disediakan oleh Pemerintah Kota Prabumulih sedangkan rumah dan PSU nya dari Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR.

“Kami juga melengkapi kompleks perumahan tukang sapu ini dengan masjid, sumur bor, jalan akses dan jalan utama perumahan dan saat ini tengah dibangun fasilitas pendidikan untuk anak-anak,” ujar Erwin. 

Situs Investasiproperti.id selalu menghadirkan konten menarik mengenai program perumahan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Share :

Baca Juga

Paradise Indonesia Komitmen Bangun Properti Berkelanjutan

Berita

Paradise Indonesia Komitmen Bangun Properti Berkelanjutan. Developer Mengembangkan Proyek yang Berstandar Tinggi
huntap di palu dibangun dengan teknologi RISHA

Berita

Huntap di Palu Dibangun dengan Teknologi RISHA. Kementerian PUPR dan Pemkot Palu Sudah Lakukan Serah Terima
Homedec 2024 Mengusung Tema Contemporary Smart Home

Berita

HOMEDEC 2024 Hadir dengan Konsep Baru. Pameran Ini Akan Mengusung Tema Contemporary Smart Home
sinar mas land kerja sama dengan heha group hadirkan bsd city park

Berita

BSD City Park Punya Kebun Binatang. Jatim Park Group Janjikan Pengunjung Dapatkan Pengalaman Tidak Terlupakan
apartemen collins boulevard memasarkan hyde garden villa

Berita

Triniti Land Pasarkan Hyde Garden Villa Collins Boulevard. Hunian Vertikal dengan Fasilitas Bintang Lima
West Village Business Park Berada di BSD City Bagian Barat

Berita

West Village Business Park Berlokasi Strategis di BSD City Bagian Barat. Sinar Mas Land Sedang Membangun Theme Park
Kota Deltamas Pasarkan Almandine Business Gallery Tahap Dua

Berita

Kota Deltamas Pasarkan Almandine Business Gallery Tahap Dua. Permintaan Area Komersial di Timur Jakarta Masih Tinggi
Tantangan dalam Sayembara Desain Rusun Perkotaan dari JOTUN

Berita

Seperti Apa sih Tantangan dalam Sayembara Desain Rusun Perkotaan dari JOTUN. Cari Tahu Lebih Dulu Sebelum Ikut Berkompetisi