Home / Berita

Sabtu, 6 Januari 2024 - 12:00 WIB

Kementerian PUPR Libatkan Mahasiswa dalam Program di Banten. Mahasiswa Jadi Fasilitator Teknik dan Pemberdayaan

Sumber Foto: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Sumber Foto: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Kementerian PUPR libatkan mahasiswa dalam program di Banten untuk ikut serta dalam membangun rumah layak huni untuk masyarakat. 

Sejumlah mahasiswa yang mengikuti Program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka (MBKM) dilibatkan dalam program Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan.

Para mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi tersebut terlibat secara aktif dalam sejumlah program perumahan di Provinsi Banten. 

Mereka ditugaskan untuk ikut mengawasi proses pembangunan sesuai jurusannya serta memahami bagaimana membangun rumah layak huni untuk masyarakat.

“Kementerian PUPR  bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengadakan MBKM untuk para mahasiswa,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima oleh Investasiproperti.id

“Mereka akan magang di sejumlah unit kerja seperti Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) maupun Satuan Kerja Penyediaan Perumahan yang ada di sejumlah provinsi di Indonesia,” lanjutnya.

Baca Juga :  AkzoNobel Gelar Mitra Dulux Mudik 2024. Acara Diikuti Tenaga Pengecatan dan Kontraktor

Iwan menerangkan pihaknya melibatkan para mahasiswa dari perguruan tinggi yang ikut Program MBKM dalam sejumlah program perumahan di seluruh Indonesia. 

Mereka dapat magang sekaligus belajar di dunia kerja sesungguhnya sesuai dengan jurusan yang mereka tempuh.

“Kami juga menugaskan pegawai dan sejumlah pejabat untuk menjadi mentor bagi para mahasiswa dan berharap setelah selesai magang para mahasiswa sudah siap terjun langsung ke dunia kerja sesungguhnya,” katanya lagi. 

“Program MBKM juga mampu meningkatkan kepercayaan diri dan mahasiswa dapat menerapkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan sesuai dengan jurusan yg sesuai dengan tugas yang diberikan,” imbuhnya.

Kementerian PUPR Libatkan Mahasiswa dalam Program di Banten

Sumber Foto: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Kementerian PUPR Libatkan Mahasiswa dalam Program di Banten dan Menjadikan Sejumlah Pejabat Sebagai Mentor

Sementara, Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Banten, Haryo Wacono yang diwakili PPK Rumah Swadaya dan RUK, Dina Nuzulia menjadi mentor.

Mentor akan menugaskan mahasiswa peserta program MBKM Batch 5  sebagai pendamping fasilitator teknik dan pemberdayaan dalam program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Baca Juga :  Menteri PUPR  Lihat Pembangunan Rumah Tapak Menteri di IKN. Target Selesai Pada Juni 2024

“Para mahasiswa didampingi para Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) ikut berperan dalam mendampingi serta memotivasi masyarakat untuk memastikan pembangunan peningkatan kualitas rumah memenuhi standar konstruksi dan syarat rumah layak huni,” kata Haryo. 

Sebagai informasi, beberapa lokasi MBKM Batch 5 di Provinsi Banten tahun 2023 yakni Program BSPS Pengentasan Kemiskinan Ekstrem (PKE) di Kabupaten Pandeglang sebanyak 155 unit yang diikuti 15 mahasiswa serta 

Program Penyaluran Bantuan Prasarana, Sarana dan Utilitas (PSU) di dua lokasi perumahan MBR Kota Serang diikuti empat mahasiswa. 

Program mahasiswa Magang Bersertifikat Kampus Merdeka (MBKM) dimulai sejak tanggal 14 Agustus sampai dengan 31 Desember 2023. 

Sedangkan salah satu tugas magang mereka adalah pengawasan terhadap bantuan pembangunan perumahan di daerah.

Laman Investasiproperti.id selalu menyediakan konten menarik mengenai program perumahan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Share :

Baca Juga

OXO Group Indonesia Siapkan Proyek Baru di Canggu Bali

Berita

OXO Group Indonesia Ungkap Ceruk Pasar di Industri Properti Indonesia. Bali Jadi Pilihan Orang Kaya untuk Memiliki Rumah Kedua
Sinar Mas Land Raih Penghargaan Internasional

Berita

Sinar Mas Land Raih Penghargaan Internasional. Apresiasi dari PropertyGuru Asia Property Awards 2023 untuk Proyek di BSD City
tren pusat perbelanjaan di jakarta

Berita

JLL Paparkan Tren Pusat Perbelanjaan di Jakarta. Seperti Apa ya?
sinar mas land dan bank ina menjalin kerja sama

Berita

Sinar Mas Land dan Bank INA Jalin Kerja Sama. Berikan Kemudahan Bagi Konsumen yang Ingin Mendapatkan KPR dan KPA
Konsumen Beli Mobil Bekas Berkualitas di Carro Indonesia

Berita

Carro Berikan Undian Berhadiah dan Diskon. Kesempatan Bagi Konsumen yang Ingin Beli Mobil Bekas Berkualitas
Beam Mobility Komitmen Bantu Pemerintah Tekan Emisi Karbon

Berita

Beam Mobility Komitmen Bantu Pemerintah Tekan Emisi Karbon. Layanan Sepeda Listrik Ini Hadir di Paramount Gading Serpong dan Summarecon Serpong

Berita

Klaster South Tresor di Metland Cyber Puri Diminati Konsumen. Tahap Pertama Sudah 50 Persen Terjual
Gravel Komitmen Dukung Pemerintah dalam Pembangunan Infrastruktur

Berita

Gravel Komitmen Dukung Pemerintah dalam Pembangunan Infrastruktur. Caranya Lewat Inovasi Teknologi