Yuk, saatnya mengintip kontribusi penjualan Sharp Indonesia yang ternyata mempunyai persentase yang besar secara global.
Produsen peralatan elektronik Sharp memperkenalkan sejumlah produk small home appliance-nya pada awal Desember 2024.
Selain meluncurkan produk terbarunya berupa microwave, rice cooker, dan vacuum cleaner ini, Sharp juga mengungkapkan sejumlah hal mengenai penjualan.
“Sharp sangat dikenal dengan produk-produk elektronik seperti TV dan kulkas,” ujar Presiden Direktur PT Sharp Electronics Indonesia Shinji Teraoka kepada para jurnalis pada Kamis (5/12/2024).
“Sayangnya, untuk home appliances, walau Sharp memiliki banyak produk pilihan tapi kurang dikenal oleh masyarakat Indonesia, seperti vacuum cleaner, rice cooker atau magic com, microwave,” lanjutnya.
Sharp Corp sendiri sudah berdiri sejak 120 tahun di Jepang. Perusahaan ini sudah hadir selama 50 tahun di Indonesia.
Teraoka melanjutkan bahwa rasio pendapatan Sharp pada tahun 2023, sebanyak 53% berasal dari penjualan global, sementara sisanya 47% dari pasar domestik Jepang.
Indonesia punya kontribusi besar lantaran dari 53% penjualan global, ternyata 30% di antaranya memang berasal dari negara ini.
Mengintip Kontribusi Penjualan Sharp Indonesia yang Disumbangkan dari Penjualan Produk Medium Domestic Appliance
Teraoka menambahkan sebagian besar penjualan Sharp di Indonesia masih disumbang dari MDA (medium domestic appliance).
Persentasenya adalah kulkas sebesar 35%, mesin cuci 20%, AC atau pendingin udara 25%, dan televisi audio sebanyak 15%.
“Sedang dari SDA (small domestic appliances) hanya 2%. Peluang masih besar dan masih ada ruang untuk meningkatkan omset,” kata Teraoka.
Sharp mencoba mengenalkan sejumlah produk small domestic appliances yang sudah lazim dan dipergunakan di Eropa dan di Amerika Serikat.
Beberapa produk yang diperkenalkan seperti microwave model terbaru atau vacuum cleaner portable dengan baterai.
Tidak ketinggalan, ada produk hair dryer tanpa nozzle dan juga rice cooker dengan soft button yang tidak hanya menanak nasi, tetapi juga bisa untuk membuat kue.
Teraoka melanjutkan bahwa market share sejumlah produk Sharp juga tumbuh baik seperti untuk produk vacuum cleaner, hair dryer, rice cooker, dan microwave.
Bahkan, microwave menjadi pemimpin pasar produk serupa dengan market share mencapai 50,5% pada tahun 2023.
Situs Investasiproperti.id selalu menyediakan konten yang menarik mengenai pemaparan penjualan dan pemasaran produsen peralatan elektronik.