Home / Desain & Arsitektur

Selasa, 12 Maret 2024 - 17:00 WIB

18 Cara Menata Rumah Type 30/60. Hidup Simpel di Hunian Minimalis

Sumber Foto: Pixabay.com

Sumber Foto: Pixabay.com

Tidak usah khawatir kalau memiliki hunian yang kecil, simak sejumlah cara menata rumah type 30/60 sehingga kamu tinggal lebih nyaman.

Kalau budget kamu memang mepet dan hanya sanggup membeli rumah sempit, tidak ada salahnya loh terutama untuk hunian pertama. 

Bisa jadi, kamu tidak sanggup membeli rumah tipe 36/60 atau 45/72 sehingga hanya bisa membeli properti yang lebih kecil. 

Pastinya, harga rumah tipe 30/60 memang lebih terjangkau karena luas bangunan yang memang lebih kecil dibandingkan tipe lainnya. 

Mungkin kamu belum paham sehingga bertanya rumah tipe 30/60 itu ukuran berapa atau berapa panjang dan lebar rumah type 60?

Hunian ini memiliki luas bangunan 30 m2 dan luas tanah 60 m2, biasanya panjang 10 m dengan lebar 6 m. Ukurannnya memang standar. 

Situs Investasiproperti.id akan membahas mengenai cara mendesain rumah kecil sehingga bisa ditempati dengan nyaman oleh pemilik.

Investasiproperti.id sempat berbincang dengan sejumlah arsitek dan desain interior untuk memperoleh insight, salah satunya dari Domisilium Studio.

tips merancang rumah sempit

Sumber Foto: Pixabay.com

Tips dan Cara Menata Rumah Type 30/60

1. Terbiasa Hidup Minimalis 

Sebelum mulai untuk merancang hunian kecil, pastikan mindset untuk terbiasa hidup minimalis sejak awal alias bisa hidup di rumah sempit. 

Kamu harus terbiasa tinggal di rumah dengan satu kamar tidur, satu kamar mandi, plus ruang serbaguna merangkap ruang makan, ruang tamu, dan area dapur

2. Mengaplikasikan Desain yang Simpel 

Aplikasikan desain rumah type 30 agar terlihat luas, solusinya dengan menerapkan desain modern minimalis, Skandinavia, atau Japandi.

Hunian dengan luas 30 m2 ini memang kecil sehingga tidak perlu banyak dekorasi yang membuat rumah terlihat penuh sesak.

3. Membatasi Jumlah Barang di Rumah 

Pastikan kamu tidak memiliki jumlah pakaian, sepatu, tas, atau benda koleksi lainnya dalam jumlah banyak lantaran tidak ada tempat penyimpanan yang banyak.

Sejak awal, kamu memang harus membatasi barang apapun di rumah, punya barang seperlunya saja ya. Kamu hanya perlu barang yang fungsional. 

4. Mempunyai Tempat Penyimpanan

Kalau memiliki rumah kecil, hal yang harus dipenuhi adalah memiliki tempat penyimpanan barang yang banyak atau storage dalam berbagai bentuk. 

Tempat penyimpanan membuat rumah lebih rapi dan teratur, tidak ada lagi barang yang berserakan di berbagai tempat atau sudut rumah. 

Baca Juga :  14 Cara Menata Kamar yang Sempit dan Banyak Barang. Simpel Banget

5. Memiliki Perabot Multifungsi 

Tempat tidur, bangku, dan coffee table dapat dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan barang di rumah. Ada storage pada bagian bawah perabot.

Kamu memang wajib memiliki perabot multifungsi agar mengurangi jumlah perabot rumah tangga. Setiap barang di rumah memang harus fungsional. 

6. Memilih Furnitur Minimalis 

Opsi berikutnya adalah mempunyai furnitur atau perabot rumah yang minimalis, tentunya menyesuaikan dengan desain interior rumah. 

Misalnya kamu memiliki ranjang dan lemari pakaian yang simpel, apalagi kamar tidur hanya berukuran 2×3 meter. Tentu tidak memungkinkan ada ranjang dengan headboard.

desain rumah tipe 30 60

Sumber Foto: Pixabay.com

7. Mengaplikasikan Warna Cat Terang

Cara paling mudah dalam merancang ulang hunian kecil adalah mengaplikasikan warna cat tembok yang terang sehingga memberikan efek yang luas. 

Pilihan warna seperti putih, broken white, biru muda, atau lainnya membuat ruangan terkesan lebar dan bisa memantulkan cahaya.

8. Memanfaatkan Teras Sebagai Ruang Tamu

Kamu bisa melakukan renovasi teras rumah subsidi type 30/60 atau memilih desain teras rumah type 30/60 yang minimalis. 

Manfaatkan saja teras menjadi ruang tamu sehingga ruang tamu di dalam bisa berfungsi menjadi ruang keluarga, sehingga kamu seperti memiliki ruang tambahan. 

9. Mengaplikasikan Konsep Open Space

Ruangan di dalam rumah tipe ini memang terbatas sehingga kamu tidak perlu memang sekat yang permanen. Mau tidak mau, kamu harus menerapkan konsep open space.

Apalagi ruang yang ada di rumah tipe ini memang kecil sehingga tidak perlu lagi memerlukan pembatas atau partisi yang permanen. Pilihannya adalah partisi seperti tirai. 

10. Memanfaatkan Ruang Vertikal 

Jangan lupa untuk memanfaatkan ruang vertikal untuk membuat rak atau lemari penyimpanan di dapur, kamar tidur, atau ruang tamu. 

Kamu bisa menaruh sepatu, pakaian, peralatan makan, atau peralatan memasak di rak yang telah dipasang pada sejumlah area.

11. Memanfaatkan Sudut Rumah

Pastikan kamu memanfaatkan sudut rumah untuk rak penyimpanan, cek ada berapa sudut yang kosong untuk memaksimalkan setiap tempat. 

Kamu bisa menjadikan sebagai tempat menyimpan smartphone, kunci motor, atau benda kecil lainnya sehingga tidak hilang.

12. Mempunyai Ruang Multifungsi 

Ruang besar di dalam rumah memang berfungsi macam-macam mulai dari ruang tamu, ruang keluarga, dapur, dan ruang makan. 

Kamu bisa menaruh sofa di ruang keluarga sekaligus ruang tamu serta menempatkan meja bar pada ruang tamu dan dapur. 

interior rumah subsidi

Sumber Foto: Pixabay.com

13. Memiliki Ruang Mezzanine 

Salah satu renovasi rumah type 30/60 yang dapat dilakukan adalah menambahkan ruang mezzanine alias ruang setengah lantai. 

Baca Juga :  13 Cara Menata Kamar Agar Terlihat Indah dan Nyaman

Jika jarak plafon cukup tinggi, kamu bisa menambahkan lantai mezzanine sebagai kamar tidur, ruang bersantai, atau tempat penyimpanan.

14. Memasang Cermin 

Dekorasi yang berfungsi ganda sebagai benda yang mempercantik ruangan sekaligus memantulkan cahaya lampu dan sinar matahari.

Selain itu, cermin juga memberikan efek agar ruangan terlihat lebih luas, kamu bisa memasang cermin berukuran besar pada ruang tamu atau kamar tidur. 

15. Mengatur Pencahayaan Lampu

Cara mudah untuk membuat rumah kecil terkesan luas adalah pengaturan cahaya lampu di plafon atau sudut ruangan. Pilihan lain adalah standing lamp.

Kamu bisa memasang dua lampu di bagian ruang tengah rumah agar ruangan terlihat luas dan terang benderang. Tidak usah ragu untuk memasang lampu LED yang terang. 

16. Selalu Merapikan Rumah

Lantaran rumah memang berukuran minimalis, kamu memang harus merapikan dan membersihkan hunian secara rutin. Jadikan hal ini sebagai kebiasaan. 

Kembalikan barang ke tempat semula setelah digunakan, sapu dan pel ruangan setiap hari, hasilnya rumah selalu rapi dan bersih. 

17. Selalu Membuang Barang Tidak Terpakai

Selesai berbelanja bulanan, membeli makanan, atau membeli barang dari online, pastikan kamu membuang bungkus atau kardus.

Jangan pernah menyimpan barang yang sebenarnya bisa dibuang seperti bungkus kado atau kotak kemasan barang elektronik.

18. Memanfaatkan Halaman Belakang Rumah

Rumah type 30/60 subsidi atau komersial pastinya mempunyai sisa lahan pada bagian belakang untuk dikembangkan atau dibangun. 

Luasnya bisa mencapai 30-40 m2 sehingga kamu bisa menambahkan dua kamar tidur, ruang servis, dapur atau ruang makan yang lebih luas. 

Wah, ternyata cara menata rumah type 30/60 memang banyak sekali ya, tentunya kamu tidak perlu khawatir lagi memiliki rumah yang kecil. 

Kamu bisa mengaplikasikan semua cara tersebut sehingga rumah tidak lagi terkesan sempit dan berantakan. Yuk, segera aplikasikan. 

Sebelumnya, Investasiproperti.id juga pernah membahas cara menata rumah agar terlihat mewah, pilihan kalau ingin hunian tampil beda.

Situs Investasioroperti.id selalu menghadirkan konten yang menarik mengenai panduan yang aplikatif untuk desain interior dan arsitektur rumah tinggal, 

Share :

Baca Juga

keuntungan memiliki lantai mezzanine

Desain & Arsitektur

6 Keuntungan Memiliki Lantai Mezzanine di Rumah. Ada Tambahan Ruang dalam Hunian
quiet luxury design disukai generasi muda

Desain & Arsitektur

Mengenal Quiet Luxury Design, Gaya Mewah yang Tidak Perlu Pamer
Peran Arsitektur untuk Restorasi Bangunan Lama

Desain & Arsitektur

Mengintip Peran Arsitektur untuk Restorasi Bangunan Lama dalam Industri Pariwisata. Potensi Selfienomics yang Menguntungkan
tips mengatur kamar yang sempit

Desain & Arsitektur

14 Cara Menata Kamar yang Sempit dan Banyak Barang. Simpel Banget
cara mendesain kamar tidur

Desain & Arsitektur

11 Cara Menata Kamar Tidur dengan Mudah. Istirahat Jadi Lebih Nyaman
kekurangan lantai mezzanine

Desain & Arsitektur

4 Kekurangan Memiliki Lantai Mezzanine. Masalah Keamanan Patut Dipertimbangkan
peran penting warna untuk mempercantik interior rumah

Desain & Arsitektur

Peran Penting Warna untuk Mempercantik Interior Rumah. Tidak Usah Ragu Saat Memilih Warna yang Diinginkan
tips menyiasati kontrakan kecil

Desain & Arsitektur

11 Cara Menata Rumah Kontrakan Sempit Agar Lebih Lega. Mudah Banget!