Home / Berita

Senin, 8 Januari 2024 - 15:00 WIB

Chandra Asri Group Daur Ulang Sampah Plastik untuk Aspal Jalan. Komitmen Menjaga Lingkungan Hidup dengan Konsep Ekonomi Sirkular

Sumber Foto: Sinar Mas Land

Sumber Foto: Sinar Mas Land

Memiliki komitmen menjaga lingkungan hidup, Chandra Asri Group daur ulang sampah plastik untuk aspal jalan di BSD City. 

Sejak tahun 2018, Chandra Asri Group telah mengimplementasikan aspal dengan campuran sampah plastik melalui program “Aspal Plastik untuk Indonesia Asri” bersama dengan pemangku kepentingan lainnya. 

Program ini merupakan bagian dari upaya Chandra Asri Group mengimplementasikan model ekonomi sirkular yang bisa memberikan manfaat kepada masyarakat. 

Sebagai informasi, Chandra Asri Group sudah mengadakan gelaran aspal dengan campuran sampah plastik di berbagai kota di Indonesia bersama dengan pemerintah setempat. 

Proyek tersebut sudah dilaksanakan di Cilegon (Provinsi Banten) serta Tegal dan Semarang (keduanya berada di Provinsi Jawa Tengah).

Selain itu, Chandra Asri Group juga bekerja sama dengan institusi pendidikan yaitu Universitas Indonesia di Depok, Jawa Barat dan Universitas Dian Nuswantoro di Semarang, Jawa Tengah. 

Hingga September 2023, total gelaran jalan dengan aspal sampah plastik oleh Chandra Asri Group bersama para mitra adalah sepanjang 87,4 km dan 751,9 ton sampah plastik telah berhasil terkelola dari TPA (Tempat Pembuangan Akhir).

Baca Juga :  Sinar Mas Land Raih Penghargaan Internasional. Apresiasi dari PropertyGuru Asia Property Awards 2023 untuk Proyek di BSD City

Sementara untuk proyek di BSD City, perusahaan petrokimia ini sukses merampungkan penyelesaian jalan aspal sepanjang 8,6 kilometer.

Inisiatif ini setara dengan memanfaatkan 164,2 juta lembar plastik kresek atau setara dengan mengalihkan 410,57 ton sampah plastik kresek dari TPA 

chandra asri mengolah limbah sampah menjadi jalan aspal di bsd city

Sumber Foto: Sinar Mas Land

Chandra Asri Group Daur Ulang Sampah Plastik untuk Aspal Jalan dengan Bekerja Sama dengan Sinar Mas Land

Sebagai perusahaan kimia terdepan dan solusi infrastruktur di Indonesia dengan rekam jejak lebih dari 31 tahun, Chandra Asri juga memiliki komitmen terhadap lingkungan hidup. 

“Chandra Asri Group terus berkomitmen untuk menyelesaikan permasalahan sampah plastik melalui konsep ekonomi sirkular,” ujar Direktur Legal, External Affairs & Circular Economy Chandra Asri Group Edi Rivai seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima oleh Investasiproperti.id.   

Baca Juga :  Nakula Villa Adaptasi Tren Wisata di Bali Pascapandemi. Turis Ingin Wisata yang Autentik dan Privat

“Salah satu upaya yang kami lakukan adalah dengan menginisiasi penggunaan limbah plastik sebagai campuran aspal dengan pendekatan kolaborasi multipihak, sesuai dengan komitmen kami pada Our Ocean Conference 2018 untuk melakukan implementasi 100 km aspal plastik pada 2023,” lanjutnya. 

“Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan Sinar Mas Land untuk merealisasikan misi kami dalam penggunaan aspal plastik sebagai upaya untuk mengurangi sampah plastik terbuang ke TPS,” ujarnya lagi. 

“Kesuksesan proyek aspal plastik di BSD City ini sekaligus menegaskan kembali bahwa setiap pemangku kepentingan memiliki peranan penting dalam mengentaskan permasalahan sampah plastik di Indonesia,” imbuhnya. 

“Kami berharap apa yang telah Sinar Mas Land dan Chandra Asri Group telah lakukan dapat menginspirasi lebih banyak institusi untuk proaktif dan ikut serta mengadopsi aspal plastik,” katanya mengakhiri pernyataan. 

Situs Investasiproperti.id selalu menyajikan konten menarik mengenai aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan pengembang dan mitra kerjanya. 

Share :

Baca Juga

sinar mas land hadirkan bsd city park

Berita

Sinar Mas Land Bangun BSD City Park. Kerja Sama dengan Jatim Park Group, Cimory Group, dan HeHa Group
Pekerja Konstruksi IKN Mudik ke Sejumlah Wilayah di Jawa

Berita

10 Ribu Pekerja Konstruksi IKN Ikut Mudik Bareng Kementerian PUPR. Tujuan Mudik ke Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur
keuntungan perusahaan ingin menyewa ruang kantor fully furnished

Berita

Perusahaan Ingin Menyewa Ruang Kantor Fully Furnished. Colliers Jelaskan Kelebihan dan Kekurangan
purinusa kembangan jalin kerja sama dengan broker properti

Berita

Purinusa Kembangan Jalin Kerja sama dengan Broker. Agen Properti Bantu Memasarkan Hunian Mewah yang Berada di Jakarta Barat
Pemkab Tangerang Apresiasi Sinar Mas Land Hadirkan Biomedical Campus

Berita

Pemkab Tangerang Apresiasi Sinar Mas Land Hadirkan Biomedical Campus di BSD City. Bisa Tingkatkan SDM Kesehatan
right issue triniti land

Berita

OJK Beri Restu Right Issue Triniti Land pada Januari 2023
Cara Entertainment District PIK 2 Menggaet Tenant

Berita

Mengungkap Cara Entertainment District PIK 2 Menggaet Tenant. Sebanyak 70 Persen Area Sudah Laku Terjual
jadwal homedec 2023 hari kedua

Berita

Simak Jadwal Homedec 2023 Hari Kedua. Ada Launching Produk Terbaru