Home / Berita

Sabtu, 9 Desember 2023 - 12:00 WIB

Hutan Mangrove di Nuvasa Bay Berpotensi Jadi Ekowisata. Sinar Mas Land Telah Mewujudkannya dalam Sebuah Program Lingkungan

Sumber Foto: Sinar Mas Land

Sumber Foto: Sinar Mas Land

Hutan mangrove di Nuvasa Bay berpotensi jadi ekowisata. Hal ini bisa terwujud berkat program Sinar Mas Land yang ikut menjaga lingkungan. 

Sinar Mas Land menggelar program Hutan Mangrove untuk Restorasi Ekologi & Oksigen Nusantara (Horizon) di proyek Nuvasa Bay, Batam dan sekitarnya. 

Developer melangsungkan program ini dengan tujuan  untuk meningkatkan kesadaran pentingnya peran ekosistem mangrove dan menyusun strategi pemeliharaan keberlanjutan ekosistem mangrove. 

Aktivitas ini dilakukan pada 30 November-1 Desember 2023 di Palm Springs Golf & Country Club dan Kelurahan Sambau, Kecamatan Nongsa, Kota Batam, Kepulauan Riau.

Kehadiran hutan mangrove tidak hanya penting untuk kelestarian lingkungan, tetapi juga berdampak untuk pengembangan pariwisata. 

Para peneliti dari Tohoku University, Jepang mengungkapkan dalam sebuah riset bahwa kehadiran hutan mangrove juga bisa menyerap karbon hingga 11 miliar ton karbondioksida.

Selain itu, hutan mangrove dengan ketebalan sekitar 200 meter dapat meredam ganasnya energi tsunami hingga 50 persen.

Kebetulan, Nuvasa Bay merupakan proyek properti berkonsep mixed use yang memang berada di kawasan tepi pantai. 

Baca Juga :  Sinar Mas Land Berikan Kemudahan Cicilan untuk Adora Primes Klaster Terravia. DP 0% dan Cicilan Tanpa Bunga

“Pariwisata di era modern ini telah menjadi salah satu prioritas utama dalam pengembangan daerah pesisir, khususnya di destinasi wisata seperti Nuvasa Bay Batam,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam Ardiwinata seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima oleh Investasiproperti.id

“Ekowisata di kawasan mangrove dapat dikembangkan dalam berbagai bentuk kegiatan di antaranya, mangrove educational tour and tracking, bird watching, fishing, mangrove tree plantation or adoption, canoeing dan boating,” lanjutnya. 

“Dengan memaksimalkan potensi ekowisata kawasan mangrove di Batam, maka tak hanya menjaga keseimbangan alam namun juga turut meningkatkan taraf hidup masyarakat di kawasan pesisir melalui pemberdayaan pariwisata,” katanya lagi. 

Hutan Mangrove di Nuvasa Bay Berpotensi Jadi Ekowisata

Sumber Foto: Sinar Mas Land

Hutan Mangrove di Nuvasa Bay Berpotensi Jadi Ekowisata Bagi Wisatawan Nusantara dan Mancanegara

Kawasan Nuvasa Bay berada di atas lahan seluas 228 hektare dengan garis pantai sepanjang 1,2 kilometer yang menghadap langsung ke Singapura dan Malaysia. 

Di dalam area ini ada Nongsa Digital Park yang merupakan salah satu kawasan bisnis potensial untuk masa depan Kota Batam. 

Baca Juga :  Pemkab Tangerang Apresiasi Sinar Mas Land Hadirkan Biomedical Campus di BSD City. Bisa Tingkatkan SDM Kesehatan

Keunikan konsep hunian Nuvasa Bay dihadirkan melalui perpaduan desain bernuansa resor dengan lingkungan yang dikelilingi oleh laut, pantai, lapangan golf, danau, dan hutan bakau. 

Lokasi kawasan ini strategis yaitu sekitar 30 menit dari pusat Kota Batam, berjarak 2 km dari Nongsa Pura ferry terminal, dan 15 menit menuju Bandara Internasional Hang Nadim

Penghuni kawasan bisa menuju ke Singapura dengan jarak tempuh hanya 30 menit menggunakan kapal dari Nongsa Pura ferry terminal.

Lokasi proyek yang berada di tepi pantai tentu harus dijaga. Salah satunya dengan menghadirkan hutan mangrove. 

Kehadiran mangrove tidak hanya sebagai penyeimbang ekosistem, tetapi juga menjadi sumber kekayaan sumber daya alam. 

Mangrove dengan formasi vegetasi dan satwa yang unik mempunyai potensi ekonomi tinggi sebagai obyek wisata atau ekowisata yang menawarkan konsep pendidikan dan konservasi. 

Pariwisata membuka peluang bagi masyarakat lokal serta wisatawan nusantara dan mancanegara untuk lebih memahami keunikan, keanekaragaman, dan keberlanjutan ekosistem pesisir.

Situs Investasiproperti.id selalu menghadirkan konten menarik mengenai aktivitas CSR (corporate social responsibility) perusahaan pengembang. 

Share :

Baca Juga

Bank Danamon investasikan dana di Qoala

Berita

Bank Danamon Berinvestasi pada Qoala Melalui Garuda Fund. Berkolaborasi dengan MUFG untuk Mendukung Fintech di Indonesia
Mengungkap Dominasi Manufaktur China

Berita

Mengungkap Dominasi Manufaktur China. Peluang dan Tantangan Bagi Indonesia dalam Mengembangkan Ketahanan Rantai Pasokan
penjualan apartemen di surabaya

Berita

Penjualan Apartemen di Surabaya Naik. Data Colliers Ungkap End User Mendominasi 
keuntungan perusahaan menyewa gedung kantor semi furnished

Berita

Colliers Ungkap Untung dan Rugi Perusahaan Menyewa Gedung Kantor Semi Furnished
fasilitas di apartemen collins boulevard

Berita

Rilis Hyde Garden Villa Collins Boulevard, Triniti Land Optimistis Pertumbuhan Pasar Properti
kota deltamas yang dibangun sinar mas land

Berita

Pemkab Bekasi Apresiasi Kota Deltamas Gelar Gerakan Tanam Pohon Bersama. Upaya dari Mengurangi Polusi di Kawasan Industri
pemkot batam apresiasi sinar mas land hadirkan hutan magrove

Berita

Pemkot Batam Apresiasi Sinar Mas Land Hadirkan Hutan Mangrove. Pengelolaan Lingkungan Hidup Jadi Tanggung Jawab Semua Pihak
program CSR synergy

Berita

Gelar Aksi Sosial di Bulan Ramadan, Synergy Bagikan Sembako kepada Yayasan dan Panti Asuhan