Perusahaan konsultan properti JLL ungkap peluang developer dan investor memanfaatkan experience economy untuk konsumen.
Kantor konsultan properti yang berkantor pusat di Amerika Serikat ini mengeluarkan 2024 Global Consumer Experience Survey.
Laporan ini mengungkapkan mengenai experience economy yang bisa membentuk masa depan perkotaan di Asia Pasifik.
Secara bersamaan, mengintegrasikan solusi digital ke dalam pengalaman langsung menawarkan peluang untuk meningkatkan tempat dan ruang sebagai tujuan pilihan.
Secara regional, sekitar 75% konsumen melaporkan mengenai kepuasan dengan pengalaman berbelanja online (daring).
Namun, masih banyak yang menyatakan preferensi untuk berbelanja di toko fisik dengan mayoritas konsumen (64%) mengatakan mereka lebih suka berbelanja langsung dibandingkan online.
JLL percaya bahwa pengembang dan investor dapat memanfaatkan kebiasaan konsumsi ini melalui ritel berbasis pengalaman dan layanan online/offline.
Tidak ketinggalan, hal ini juga dapat memasukkan pemanfaatan menggunakan kecerdasan buatan, berbagai aplikasi pemesanan, dan peningkatan digital.
Perusahaan Konsultan JLL Ungkap Peluang Developer dan Investor Memanfaatkan Experience Economy
“Interaksi kami mengindikasikan adanya perubahan signifikan dalam hubungan antara desain dan pengelolaan lingkungan binaan (built environment) dengan ekspektasi berbagai generasi, serta peran pentingnya dalam membentuk pengalaman dan kualitas hidup kita,” ujar President Asia Pacific JLL Work Dynamics Sandeep Sethi seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima oleh Investasiproperti.id.
“Permintaan terhadap tempat dan ruang yang menarik di kawasan Asia Pasifik akan terus meningkat,” lanjutnya.
“Seiring dengan tingginya harapan konsumen akan lebih banyak pilihan dan kualitas di lokasi tempat mereka tinggal, bekerja, dan berkunjung,” katanya lagi.
“Lingkungan binaan perlu menyesuaikan dengan perubahan ini untuk memanfaatkan peluang baru dalam menciptakan pengalaman,” ujarnya menutup pernyataan tertulis.
Survei global ini mengumpulkan data dari lebih dari 3.200 responden dari seluruh dunia untuk memahami bagaimana para pemangku kepentingan yang terlibat.
Mereka bisa ikut serta dalam menciptakan, memiliki, dan mengelola real estate perusahaan dapat beradaptasi dengan perubahan ekspektasi konsumen guna membuka nilai lebih besar dalam portofolio mereka.
Situs Investasiproperti.id selalu menampilkan konten yang menarik mengenai insight yang dikemukakan oleh perusahaan konsultan properti.