Home / Berita

Selasa, 9 Januari 2024 - 12:00 WIB

Kementerian PUPR Salurkan Program Perumahan di Bangka Belitung Mulai dari BSPS, Rusun, PSU, Hingga KSPN

Sumber Foto: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Sumber Foto: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Kementerian PUPR salurkan program perumahan di Bangka Belitung. Programnya beragam mulai dari BSPS, rusun, PSU, hingga KSPN. 

Program pembangunan perumahan dan pengembangan kawasan permukiman terus dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Pelaksanaan program tersebut secara merata di sejumlah wilayah Indonesia termasuk di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

Tercatat sejumlah program perumahan sudah dibangun untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Programnya memang banyak. 

Mulai dari penyaluran Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), rumah susun (Rusun), serta prasarana, sarana dan utilitas (PSU). 

Selain itu, ada rumah bersubsidi serta sarana hunian pariwisata (Sarhunta) Program Strategis Nasional di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Tanjung Kelayang.

“Kementerian PUPR terus melaksanakan pembangunan infrastruktur dan perumahan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dari sisi pemenuhan akan kebutuhan tempat tinggal atau papan,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Iwan Suprijanto seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima oleh Investasiproperti.id.

“Kami berharap dengan pembangunan program perumahan tingkat perekonomian masyarakat yang bekerja di sektor pariwisata bisa meningkat mengingat ada Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Tanjung Kelayang,” lanjutnya. 

sarana hunian pariwisata sarhunta

Sumber Foto: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Kementerian PUPR Salurkan Program Perumahan di Bangka Belitung Mulai dari Hunian Tapak hingga Hunian Vertikal

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sumatera V Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR Jhony Rahman memberikan pernyataan.  

Baca Juga :  10 Ribu Pekerja Konstruksi IKN Ikut Mudik Bareng Kementerian PUPR. Tujuan Mudik ke Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur

Pihaknya melalui Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat capaian sejumlah program perumahan di Provinsi Bangka Belitung. 

Pembangunan yang dilaksanakan tidak hanya difokuskan pada rumah tapak melainkan juga hunian vertikal sekaligus program pemberdayaan masyarakat pada sektor pariwisata. 

Berdasarkan data Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, beberapa program dan pembangunan yang dilaksanakan antara lain peningkatan kualitas rumah masyarakat melalui penyaluran Program BSPS untuk 840 unit rumah. 

“Program perumahan ini membuktikan komitmen Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR dalam menyediakan perumahan yang layak huni bagi masyarakat,” kata Jhony.

“Program BSPS ini juga mendorong keswadayaan masyarakat dalam membangun rumah layak huni,” lanjutnya. 

Penyaluran PSU untuk Rumah MBR Berhasil Direalisasikan

Sumber Foto: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Penyaluran PSU untuk Rumah MBR Berhasil Direalisasikan

Lebih lanjut, Jhony menerangkan guna mendukung program penanganan permukiman layak huni, pihaknya juga berhasil merealisasikan penyaluran PSU rumah masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) sebanyak 861 unit rumah. 

Penyaluran PSU ini tidak hanya memberikan dampak positif pada kondisi perumahan masyarakat, tetapi juga menjadikan lingkungan tempat tinggal menjadi lebih nyaman dan mempermudah mobilitas masyarakat. 

Baca Juga :  Tol Pekanbaru-Bangkinang Resmi Beroperasi. Rute Sepanjang 38 KM

“Program PSU diharapkan mendorong semangat pengembang perumahan dan pemerintah daerah untuk terus lebih banyak membangun rumah untuk MBR sekaligus mendukung Program Sejuta Rumah,” ujarnya. 

Jhony menambahkan untuk pengembangan sektor pariwisata, Kementerian PUPR juga mendorong pembangunan Sarhunta yang menjadi salah satu Program Strategis Nasional di Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Tanjung Kelayang. 

Sebanyak 90 unit Sarhunta kini bisa dikelola oleh masyarakat dan bisa menjadi alternatif tempat penginapan bagi wisatawan yang ingin berlibur. 

Kementerian PUPR Salurkan Program Perumahan di Bangka Belitung

Sumber Foto: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Penyelesaian Pembangunan Rusun untuk Tenaga Medis 

Sedangkan untuk pembangunan hunian vertikal, pihaknya juga telah berhasil menyelesaikan pembangunan satu tower Rusun untuk tempat tinggal tenaga medis yang bekerja di RSUD Ir. Soekarno. 

Rusun yang berlokasi di Kabupaten Bangka tersebut memiliki hunian sebanyak 44 unit yang bisa ditempati tenaga medis beserta keluarganya.

“Capaian pembangunan rumah yang dilaksanakan Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini memberikan gambaran positif tentang upaya pemerintah dalam menyediakan perumahan yang layak dan terjangkau bagi masyarakat,” ujar Jhony. 

“Keberhasilan ini juga menjadi inspirasi bagi pemerintah daerah dalam meningkatkan efisiensi dan inovasi dalam peningkatan kualitas perumahan bagi seluruh lapisan masyarakat,” lanjutnya. 

Situs Investasiproperti.id selalu menghadirkan konten menarik mengenai pekerjaan yang dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. 

Share :

Baca Juga

BTN Jakarta Wedding Festival memberikan inspirasi kepada calon pengantin

Berita

BTN Jakarta Wedding Festival Sukses Digelar. Inspirasi Pernikahan dan Perumahan yang Raih Transaksi Rp170 Miliar
kerugian menyewakan kantor semi furnished bagi pengelola gedung

Berita

Intip Potensi Untung dan Rugi Menyewakan Kantor Semi Furnished oleh Pengelola Gedung. Colliers Ungkap Temuannya 
Sunset Hospitality Group Perkuat Posisi Sebagai Penyedia Hotel Mewah Terkemuka di Dunia

Berita

Sunset Hospitality Group Perkuat Posisi Sebagai Penyedia Hotel Mewah Terkemuka di Dunia. Punya Komitmen Konsep Hotel yang Inovatif
beam mobility sediakan 500 armada beam rover di kawasan lippo cikarang

Berita

Beam Mobility Hadir di Lippo Cikarang. Berikan Layanan Berbagi Sepeda Listrik yang Ramah Lingkungan
tren pusat perbelanjaan di jakarta

Berita

JLL Paparkan Tren Pusat Perbelanjaan di Jakarta. Seperti Apa ya?
apartemen antasari place di jakarta selatan

Berita

Hadiri Pertemuan dengan Pembeli Unit, Developer Apartemen Antasari Place Berkomitmen Terhadap Perjanjian Hukum 
Triniti Land Bangun Upper Structure The Scott

Berita

Triniti Land Bangun Upper Structure The Scott. Apartemen Ini Diproyeksikan Selesai Pada Kuartal Empat 2026
Damai Putra Group menawarkan suku bunga yang kompetitif untuk pembeli properti

Berita

Damai Putra Group Gandeng Perbankan. Berikan Suku Bunga Kompetitif untuk Para Pembeli Rumah dari Generasi Milenial dan Gen Z