Home / Berita

Rabu, 3 Januari 2024 - 12:00 WIB

Kementerian PUPR Dukung Kontribusi Himperra dalam Industri Properti Indonesia. Asosiasi Ikut Membantu Atasi Backlog Perumahan

Sumber Foto: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Sumber Foto: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Kementerian PUPR dukung kontribusi Himperra dalam industri properti Indonesia terutama dalam membantu atasi backlog hunian. 

Himpunan Pengembang Permukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) mengadakan Kongres II pada awal Desember 2023 lalu. 

Organisasi ini memang terbilang baru lantaran berdiri pada 25 Agustus 2018 yang berawal dari diskusi sejumlah perusahaan pengembang nasional. 

Setelah berdiri, asosiasi ini telah memiliki kepengurusan di tingkat pusat dan cabang dengan dewan pimpinan daerah di 32 provinsi.

Dalam kongres keduanya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyatakan dukungan kepada Himperra. 

Tentunya, hal ini terkait dalam dalam menyongsong Indonesia Emas 2045 tanpa backlog perumahan atau jumlah unit hunian yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan. 

Koordinasi antara pemerintah dan pengembang dalam menyediakan hunian terutama rumah bersubsidi untuk masyarakat juga diperlukan sehingga hunian yang terbangun memenuhi standar rumah sehat dan layak huni serta berkualitas.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) M. Basuki Hadimuljono memberikan sambutan tertulis yang disampaikan oleh Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto saat membuka Kongres II Himperra di Jakarta.

Baca Juga :  Kementerian PUPR Sediakan PSU di Kota Prabumulih. Penyediaan Fasilitas Lengkap Kompleks Perumahan Gratis untuk Tukang Sapu Jalanan

“Kami (Kementerian PUPR-red) memberikan apresiasi atas dukungan dan kontribusi pengembang Himperra dalam mendukung berbagai program dan kebijakan dalam bidang infrastruktur perumahan bagi masyarakat,” ujar Iwan Suprijanto seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima oleh Investasiproperti.id.

“Saya berharap melalui kongres ini dapat menjadi momentum bagi seluruh anggota Himperra untuk semakin berkembang, solid dan kuat guna menyongsong industri properti yang semakin dinamis dan penuh tantangan dalam beberapa tahun kedepan.” lanjutnya.  

“Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim, acara Kongres II Himperra resmi saya buka,” pungkas Iwan dalam menutup kata sambutan. 

kontribusi himperra dalam mengatasi backlog perumahan di indonesia

Sumber Foto: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Kementerian PUPR Dukung Kontribusi Himperra dalam Industri Properti Indonesia Terutama Program Sejuta Rumah

Pelaksanaan kegiatan Kongres II Himperra yang mengangkat tema “Menyongsong Indonesia Emas 2045 Tanpa Backlog Perumahan”.

Baca Juga :  Mengintip Insight Pinhome Indonesia Residential Market Report 2023 & Outlook 2024. Perusahaan Punya Visi Akses Kepemilikan Properti

Menteri PUPR berharap semoga para pelaku usaha properti khususnya anggota asosiasi Himperra dapat terus mendukung dan berkolaborasi dengan program pemerintah di sektor perumahan.

Kerja sama pihak berkepentingan di bidang properti tentunya mampu menciptakan iklim yang kondusif bagi pemulihan ekonomi nasional. 

Menurut data Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, selama kurun waktu 9 tahun  sejak 2015 hingga November 2023 tercatat capaian Program Sejuta Rumah.

Dalam kurun waktu tersebut, program ini telah berhasil menyelesaikan pembangunan sekitar sembilan juta unit atau sekitar 900 ribu unit per tahun baik rumah subsidi maupun non subsidi.

“Saya berharap kepada para pengembang Himperra untuk selalu optimis bahwa sektor perumahan dan properti akan tetap tumbuh kuat karena pemerintah telah merespon dengan cepat melalui berbagai kebijakan yang dapat memperkuat pertumbuhan perumahan dan properti di Indonesia,” kata Iwan lagi. 

Situs Investasiproperti.id selalu menyajikan konten menarik mengenai program perumahan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Share :

Baca Juga

kota deltamas peduli lingkungan hidup

Berita

Kota Deltamas Lakukan Gerakan Tanam Pohon Bersama. Bentuk dari Kepedulian Lingkungan di Area Industri
kementerian pupr dan kejati jambi resmikan rusun

Berita

Kementerian PUPR Minta ASN Kejati Jambi Tinggal di Rusun. Hunian Vertikal Telah Dilengkapi dengan Furnitur 
Menengok Amsterdam Coffee Festival 2024

Berita

Menengok Amsterdam Coffee Festival 2024 dan Inovasi Kopi Indonesia di Tengah Isu Keberlanjutan
Qoala Apresiasi Dukungan Dana Bank Danamon

Berita

Qoala Apresiasi Dukungan Dana Bank Danamon. Startup Ini Bisa Berkembang dan Mendorong Inklusi Keuangan
tips untuk penyewa gedung perkantoran

Berita

3 Tips untuk Penyewa Gedung Perkantoran Agar Dapat Ruang Sesuai Kebutuhan Perusahaan. Colliers Jelaskan Alasannya 
bisnis gedung perkantoran di jakarta

Berita

Colliers Prediksi Bisnis Gedung Perkantoran di Jakarta Capai Titik Balik Pada 2026
Pembangunan Rumah Tapak Menteri di IKN

Berita

Menteri PUPR  Lihat Pembangunan Rumah Tapak Menteri di IKN. Target Selesai Pada Juni 2024
sub tema dalam konferensi internasional ARCH ID 2024

Berita

Konferensi Internasional ARCH ID 2024 Targetkan 500 Delegasi. Terbagi dalam Subtema dengan Pembicara dari Dalam dan Luar Negeri