Home / Berita

Kamis, 23 November 2023 - 12:00 WIB

Colliers Memantau Permintaan Gudang Modern di Indonesia Meningkat Seiring Kebangkitan Perdagangan Elektronik

Sumber Foto: Mmproperty.com

Sumber Foto: Mmproperty.com

Konsultan properti Colliers memantau kalau permintaan gudang modern di Indonesia meningkat seiring kebangkitan e-commerce di tanah air. 

Kemudahan teknologi memudahkan orang untuk melakukan berbagai hal termasuk belanja secara daring atau online

Saat pandemi Covid-19 terjadi, belanja online meningkat tajam lantaran ada pembatasan aktivitas sehingga orang berbelanja secara daring. 

Tidak heran kalau ada kenaikan permintaan gudang modern terutama dari perusahaan e-commerce dan perusahaan jasa logistik terutama di Jakarta dan sekitarnya. 

Selain itu, bisnis kawasan industri di Jakarta dan Surabaya plus wilayah penyangganya juga tetap tumbuh dengan baik. 

Area kawasan industri di Jakarta dan sekitarnya sudah mencapai Karawang, apalagi ada Pelabuhan Patimban yang merupakan pelabuhan terbesar di Indonesia. 

Pertumbuhan ini juga sejalan dengan Laporan Colliers’ Global Insights & Outlook: Industrial & Logistics (I&L) Report yang melansir temuan mengenai transaksi besar mencapai 26 miliar USD (Rp407 triliun). 

Baca Juga :  Pasokan Gudang Modern di Jabodetabek Terus Bertambah. JLL Pantau Investor Asing Sudah Masuk 

Transaksi tersebut untuk pembelian aset kawasan industri dan logistik yang dijual di kawasan Asia Pasifik dalam satu tahun terakhir. 

pergudangan di indonesia

Sumber Foto: Sewagudang.net

Permintaan Gudang Modern di Indonesia Meningkat Seiring Kebangkitan E-commerce 

Head of Capital Markets & Investment Services Colliers Steve Atherton mengungkapkan bahwa pasar kawasan industri dan logistik di Indonesia telah berkembang. 

Dalam lima hingga tujuh tahun terakhir, sejumlah perusahaan pengembang dan investor dari regional membangun pergudangan modern. 

Selain itu, Colliers Indonesia juga melihat adanya kenaikan sewa pergudangan modern lantaran naiknya permintaan dari penyewa utama

“Dalam dua bulan terakhir, kami melakukan observasi adanya kenaikan yang besar untuk sewa gudang modern, terutama dikarenakan kebangkitan bisnis perdagangan elektronik atau e-commerce,” ujar Head of Industrial and Logistics Services Colliers Indonesia Rivan Munansa seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima oleh Investasiproperti.id

Baca Juga :  Kementerian PUPR dan Tim PKPHAM Bangun Rumah di Sulteng. Renovasi dan Bangun Rumah bagi Korban Pelanggaran HAM

“Permintaan yang jauh di atas normal untuk ruang pergudangan ini lebih banyak berasal dari kawasan Jakarta, Semarang, Surabaya, dan Solo,” lanjutnya.

“Meski begitu, perlu ada catatan kalau masa sewa memang lebih banyak didominasi jangka waktu yang pendek,” kata Rivan lagi. 

Jumlah penduduk yang banyak dan pertumbuhan e-commerce tentu bisa membuat permintaan kawasan industri dan logistik terus meningkat pada waktu mendatang. 

Situs Investasiproperti.id selalu menghadirkan konten yang menarik mengenai kawasan industri, logistik, hingga pergudangan modern. 

Share :

Baca Juga

pemkot batam apresiasi sinar mas land hadirkan hutan magrove

Berita

Pemkot Batam Apresiasi Sinar Mas Land Hadirkan Hutan Mangrove. Pengelolaan Lingkungan Hidup Jadi Tanggung Jawab Semua Pihak
Central Group Bangun Serenity Central City di Batam

Berita

Central Group Kembangkan Serenity Central City Jadi Kawasan Wellness Living. Hunian Berkonsep Vila dan Resort
aktivitas living lab venture pada 2023

Berita

Living Lab Ventures Jadi Rising Star dalam Venture Capital Tahun 2023. Venture Arm Sinar Mas Land Agresif dalam Berinvestasi
Sinar Mas Land Raih Penghargaan Internasional

Berita

Sinar Mas Land Raih Penghargaan Internasional. Apresiasi dari PropertyGuru Asia Property Awards 2023 untuk Proyek di BSD City
Konsep Dulux Experience Store Pertama di Jawa Timur

Berita

Mengintip Konsep Dulux Experience Store. Konsumen Bisa Berinteraksi untuk Mencari Inspirasi dan Pilihan Warna Cat yang Tepat
Penyaluran Kredit Berdampak Baik Bagi Bank Sampoerna

Berita

Bank Sampoerna Dukung UMKM. Perbankan Ajak Masyarakat Terutama Generasi Muda untuk Ikut Berpartisipasi
meeting room apartemen skandinavia

Berita

Hadirkan Fasilitas Terbaru, Apartemen Skandinavia Ingin Menarik Perhatian End User dan Investor Properti
Damai Putra bekerja sama dengan broker properti

Berita

Damai Putra Group Gelar Agent Gathering. Developer Jalin Kemitraan dalam Memasarkan Properti