Home / Gaya Hidup

Minggu, 28 April 2024 - 21:00 WIB

10 Alasan Kenapa Kucing Tidak Mau Makan. Cek Kesehatan Anabul Secara Rutin

Sumber Foto: Pexel.com

Sumber Foto: Pexel.com

Kenapa kucing tidak mau makan dapat disebabkan oleh berbagai hal, tidak hanya soal makanan. Cek kesehatan kucing secara rutin.

Bagi kamu yang memelihara anabul (anak bulu), masalah si meong tidak mau makan tentu tidak boleh dianggap sepele.

Jika kucing mogok makan satu dua kali tentu wajar, tetapi kalau cukup lama maka akan membahayakan kesehatan hewan. 

Kucing memang termasuk binatang yang sensitif sehingga sejumlah perubahan membuatnya bereaksi termasuk mogok makan. 

Kalau si meong hanya malas makan karena makanan diganti tentu hal mudah, tetapi lain cerita kalau sudah lemas atau sakit. 

Tidak jarang kalau anabul memang bosan dengan makanan kering yang diberikan sehingga tidak nafsu lagi menyantap sajian.

Situs Investasiproperti.id akan membahas apa saja penyebab kucing tidak mau makan, ternyata penyebabnya banyak. 

Investasiproperti.id merangkum dari berbagai sumber media online seperti Kompas.com, Halodoc.com, Katadata.co.id, dan masih banyak lagi. 

kenapa kucing tidak mau makan dry food

Sumber Foto: Pexel.com

 Alasan Kenapa Kucing Tidak Mau Makan

1. Rasa Makanan 

Kenapa kucing tidak mau makan dry food atau wet food? Bisa jadi dia bosan dengan makanan yang sama, meski sebelumnya makan dengan lahap.

Banyak pemilik kucing yang memberikan makanan yang berbeda agar hewan ini tidak bosan. Biasanya, makanan ini padupadankan antara yang makanan kering dan basah, 

Sejumlah merek makanan kucing mempunyai beberapa rasa berbeda. Kamu bisa menyuguhkan rasa berbeda agar anabul tidak bosan.

2. Bentuk dan Tekstur Makanan 

Berapa hari kucing tidak mau makan? Kamui perlu menghitungnya agar si meong mendapatkan asupan. Cek bentuk dan tekstur makanan, siapa tahu kucing bosan.

Sayangnya, belum ada obat tradisional kucing tidak mau makan, tetapi kamu bisa memberikan vitamin atau camilan sehingga ada makanan yang dikonsumsi. 

Kamu bisa mencampur vitamin dengan makanan agar si meong selalu lahap saat makan. Jangan lupa memberikan camilan sebagai selingan. 

Baca Juga :  14 Cara Mengusir Tikus dan Celurut dari Rumah. Pakai Berbagai Bahan dari Dapur

3. Vaksinasi

Bagaimana cara agar kucing mau makan setelah mendapatkan vaksin, setidaknya kamu harus bersabar karena anabul akan kehilangan selera menyantap dry food atau wet food

Pastikan kucing masih ingin minum dan beraktivitas, berikan camilan agar si meong masih mendapatkan asupan nutrisi. 

Saat memberikan camilan, tidak ada salahnya kamu memangku atau membelai anabul agar hewan peliharaan merasa ada perhatian dari sang pemilik.

4. Sakit 

Jika kucing tidak mau makan dan mencret, bawa segera anabul ke dokter hewan untuk mendapatkan pengobatan segera. 

Mungkin dokter akan memberikan obat dan vitamin untuk kucing sakit tidak mau makan. Pastikan anabul beristirahat dengan nyaman. 

Jika si meong sakit, biasanya nafsu makan memang berkurang. Kamu bisa berkonsultasi ke dokter hewan untuk menyiasatinya. 

5. Stres 

Apa yang harus dilakukan jika kucing tidak mau makan? Kamu bisa mengelus anabul dan mengajaknya beraktivitas seperti bermain. 

Anabul memang sensitif sehingga bisa stres, tentu pemilik harus bisa mengatasi masalah ini agar si meong mau menyantap dry food atau wet food yang diberikan. 

Coba untuk membelai anabul agar ia merasa diperhatikan. Kamu bisa memberikan camilan agar si meong tetap mendapatkan asupan. 

kucing tidak mau makan tapi tetap aktif

Sumber Foto: Pexel.com

6. Rutinitas Berubah Lantaran Perjalanan atau Pindah Tempat

Penyebab kucing tidak mau makan dan tidur terus bisa jadi karena rutinitas berubah karena perjalanan jauh atau pindah tempat selain rumah.

Mungkin kamu sedang mudik ke rumah orang tua atau mertua saat Lebaran atau liburan, kucing akan merasakan perbedaan tempat ia berada.

Ajak si meong untuk bermain atau menunggu anabul untuk beradaptasi sejenak dengan lingkungan baru. Kamu bisa menggendongnya agar anabul merasa nyaman. 

7. Masalah Gigi

Bagaimana kalau kucing tidak mau makan hanya minum saja, bisa jadi ada masalah pada gigi hewan kesayangan. Kamu bisa mencari tahu.

Baca Juga :  SiteMinder Jelaskan Tren Pariwisata di Indonesia. Pemesanan Melalui Situs Resmi Hotel Menjadi Pilihan

Masalah gigi bisa berasal dari plak atau kucing sudah tua. Coba cek apakah kucing mengeluarkan air liur secara terus menerus. 

Jika ada masalah seperti ini, kamu harus segera membawa anabul ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan medis secepatnya.

8. Masalah Pencernaan 

Kenapa kucing diam lesu dan tidak mau makan? Bisa jadi anabul mengalami masalah pencernaan sehingga tidak nafsu makan. 

Kamu bisa membawa anabul ke dokter hewan. Jika dokter tidak memberikan obat kucing tidak mau makan, coba minta saja vitamin.

Bagi yang belum pernah memelihara kucing, ternyata banyak lho permasalahan yang bisa dialami anabul dalam kesehariannya. 

9. Sedang Birahi

Kucing tidak mau makan tapi tetap aktif, mungkin anabul sedang memasuki fase ingin kawin. Si meong sedang birahi. Cek juga kenapa kucing mengeong terus

Bukan tidak mungkin kucing akan kabur dari rumah. Jika kamu tidak ingin hal itu terjadi, pertimbangkan untuk melakukan sterilisasi. 

Selain kabur, ada kemungkinan anabul kesayangan akan mendapatkan tamu tidak diundang. Kucing liar yang juga sedang birahi. 

10. Menelan Benda Asing 

Kenapa kucing tidak mau makan dan muntah, penyebabnya bisa saja si meong menelan benda asing seperti plastik, benang, atau lainnya. 

Segera bawa anabul ke dokter untuk mendapatkan pertolongan kalau kamu memang tidak bisa mengeluarkan benda asing tersebut. 

Kamu harus berhati-hati kalau memberikan mainan untuk si meong, bukan tidak mungkin ada potensi tertelan oleh binatang kesayangan.

Sebelumnya, Investasiproperti.id pernah membahas sejumlah hal terkait anabul seperti kenapa rumah selalu didatangi kucing

Cek juga cara agar kucing tidak berak sembarangan. Hal yang harus diketahui oleh pemilik anabul agar rumah selalu bersih. 

Situs Investasiproperti.id selalu menghadirkan konten menarik mengenai hobi di rumah, salah satunya memelihara hewan seperti kucing. 

Share :

Baca Juga

promo akhir tahun ikea

Gaya Hidup

IKEA Indonesia Gelar Promo Belanja Hemat Akhir Tahun. Potongan Harga hingga 85% untuk 1500 Produk
beam mobility siap ekspansi ke sejumlah universitas

Gaya Hidup

Beam Mobility Siap Ekspansi ke Sejumlah Universitas. Sudah Memiliki Layanan di Depok, Bogor, dan Malang
ikea gelar kompetisi desain kamar impianmu

Gaya Hidup

IKEA Gelar Kompetisi “Desain Kamar Impianmu”. Wujudkan Mimpi Anak Memiliki Kamar Tidur Sesuai Keinginan
hari ulang tahun ikea indonesia

Gaya Hidup

Promo Ulang Tahun IKEA Indonesia untuk Belanja Online. Berlaku untuk Situs Resmi, Aplikasi Resmi, dan Marketplace
Promo Menarik Bundling dengan Dana Optimal dari Bank Danamon di IIMS 2024

Gaya Hidup

Bank Danamon Tawarkan KPM Prima di IIMS 2024. Ada Promo Menarik Bundling dengan Dana Optimal
beam mobility akan ekspansi ke sejumlah lokasi

Gaya Hidup

Beam Mobility Rencana Ekspansi pada 2024. Bidik Perguruan Tinggi dan Kota Mandiri Agar Bisa Menikmati Layanan Sepeda Listrik
kenapa bogor disebut kota hujan

Gaya Hidup

Kenapa Bogor Disebut Kota Hujan? Hampir Setiap Hari Kota Ini Diguyur Hujan
aftonsparv mainan anak untuk balita

Gaya Hidup

IKEA Desain AFTONSPARV Jadi Produk yang Aman untuk Anak. Standar Keamanan Telah Dirancang dengan Baik