Home / Gaya Hidup

Kamis, 7 Maret 2024 - 06:00 WIB

15 Cara Agar Kucing Tidak Berak Sembarangan. Babu Harus Sabar Hadapi Majikan

Sumber Foto: Pixabay.com

Sumber Foto: Pixabay.com

Intip cara agar kucing tidak berak sembarangan, pemilik anak bulu memang harus ekstra sabar dalam merawat hewan peliharaannya. 

Bagi kamu yang memelihara meong, dipastikan pernah mengalami masalah buang air besar dan kecil sembarangan di sudut rumah. 

Sementara bagi yang tidak memiliki anak bulu (anabul), biasanya pernah menghadapi masalah ada kotoran kucing di taman rumah, pastinya kucing kampung liar.

Tidak usah khawatir, ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal ini baik untuk kucing peliharaan maupun kucing liar. 

Mayoritas cara yang dijelaskan di bawah ini memang diperuntukkan bagi kucing peliharaan mulai kucing adopsi, bayi kucing, atau kucing kampung. 

Situs Investasiproperti.id akan membahas sejumlah langkah untuk mengatasi agar hewan peliharaan tidak buang air besar di sembarang tempat. 

Investasiproperti.id mengutip dari berbagai sumber media online seperti Katadata.co.id, Kompas.com, CNNIndonesia.com, Sonora.co.id, Cleanipedia.com, dan masih banyak lagi. 

kenapa kucing bab sembarangan

Sumber Foto: Pixabay.com

Cara Agar Kucing Tidak Berak Sembarangan dengan Mudah

1. Melatih Toilet Training 

Cara agar anak kucing tidak berak sembarangan adalah melakukan latihan toilet training sejak awal, sejak masih bayi atau kitten.

Kamu bisa menaruh anak kucing atau kucing adopsi di litter box secara berkala, lama kelamaan hewan peliharaan akan terbiasa kalau tempat tersebut menjadi area untuk buang air.

2. Menyediakan Litter Box dengan Ukuran yang Tepat

Kalau memelihara kucing atau anak kucing, pertimbangkan ukuran litter box dengan ukuran badan hewan peliharaan.

Anak kucing bisa kesulitan kalau ukuran litter box cukup besar lantaran bisa jadi ia belum bisa meloncat atau merangkak dengan baik. 

3. Memiliki Beberapa Litter Box untuk Menyesuaikan Jumlah Kucing

Bagaimana cara mengajarkan kucing agar tidak pup sembarangan? Jika jumlahnya banyak, sediakan minimal dua litter box.

Bukan tidak mungkin, si meong ogah pup atau pip di litter box karena tempatnya merupakan bekas kucing lainnya di rumah. 

4. Menaruh Litter Box di Sudut Rumah

Jangan lupa untuk menempatkan kotak pembuangan kotoran hewan peliharaan di sudut rumah, cari tempat yang agak tersembunyi.

Siapa sangka kalau anabul membutuhkan privacy untuk BAB alias buang air besar atau pipis, setidaknya jangan sampai terganggu. 

Baca Juga :  Hadir di LOTTE Mart Green Pramuka City, Gerai Cheese & Dough Buka Cabang ke-3 di Indonesia

5. Membersihkan Litter Box

Salah satu alasan kenapa kucing berak sembarangan, salah satunya adalah litter box yang penuh kotoran dan bau tidak sedap. 

Kamu harus memastikan kalau kotak tempat pembuangan kotoran ini selalu bersih. Jangan lupa menyemprotkan pengharum ke litter box

6. Mencoba Pasir yang Tepat 

Salah satu cara agar kucing berak di pasir adalah mencoba pasir yang tepat, mau tidak mau kamu harus mencoba beberapa jenis pasir yang berbeda. 

Mungkin kamu pernah mencoba pasir yang lebih harum, tetapi bisa jadi anabul tidak menyukainya dan malah BAB sembarangan.

7. Menyemprotkan Aroma yang Tidak Disukai Meong 

Bau apa yang tidak disukai kucing atau aroma yang tidak disukai kucing, ternyata kulit jeruk, lemon, mentol, cabai, lavender, peppermint dan kayu manis.

Jika anabul peliharaan atau kucing liar sering BAB sembarangan, kamu bisa menyemprotkan atau menaruh benda di atas di area hewan membuang kotoran.

8. Memanfaatkan Sinar Matahari 

Coba memanfaatkan sinar matahari dengan menaruh botol air pada sejumlah tempat yang menjadi area kucing buang air sembarangan.

Mata kucing yang sensitif terhadap cahaya matahari membuat anabul tidak lagi mau untuk mendatangi tempat tersebut dan BAB sembarangan. 

kucing berak sembarangan

Sumber Foto: Pixabay.com

9. Selalu Membersihkan Rumah

Biasanya, kucing menandai sebuah wilayah dengan jejak kotoran buang air besar atau buang air kecil. Maklum, kucing adalah hewan teritorial.

Kamu harus ekstra membersihkan halaman atau taman rumah dengan menggunakan air, karbol, atau bau lainnya yang tidak disukai si meong.

10. Menyiram dengan Air 

Cara mengusir kucing liar agar tidak kembali lagi untuk buang air sembarangan di area sekitar rumah adalah menyiramkan air. 

Saat kucing mau menunaikan hajat, hewan ini langsung merasa terganggu saat kamu menyiramkan air karbol. Namun, cara ini mungkin kurang efektif ya.  

11. Mengurangi Area Tanah di Taman

Coba saja untuk mengurangi area berupa tanah di taman sehingga kucing peliharaan yang belum jago toilet training tidak tergoda untuk BAB sembarangan. 

Kamu bisa menutup area tersebut dengan menghadirkan tanaman atau kolam, bisa disesuaikan dengan luas taman depan rumah. 

Baca Juga :  Kenapa Rumah di Korea Mahal? Hidup di Seoul Tidak Seindah Drakor

12. Menaruh Tanaman yang Tidak Disukai Kucing di Taman

Tidak ada salahnya menaruh tanaman dengan duri seperti bunga mawar atau kaktus di taman sehingga kucing tidak lagi bermain di sini. 

Jika anabul sering ke area ini, bukan tidak mungkin hewan peliharaan yang belum terbiasa toilet training malah memilih ke area ini. 

13. Menjaga Agar Anak Kucing Tidak Sakit

Kenapa kucing selalu BAB sembarangan? Salah satu jawabannya adalah hewan peliharaan sedang sakit. Pemilik si meong harus tahu kesehatan hewan peliharaan.

Jika si meong sakit, bukan tidak mungkin binatang kesayangan malah buang air besar sembarangan di sudut rumah, bukan di litter box.

14. Memastikan Kucing Tidak Stres

Kenapa kucing berak di lantai, mungkin anabul sedang stres, bisa terjadi pada kucing yang baru diadopsi atau baru dipelihara. 

Jika si meong stres, bisa jadi hewan peliharaan kesayangan kamu akan memilih buang air besar sembarangan di salah satu sudut ruangan. 

15. Tidak Memiliki Pot Tanaman Berukuran Besar 

Cara lain yang dapat kamu coba adalah menghilangkan pot tanaman berukuran besar, kucing sering mencari spot nyaman untuk BAB. 

Pot besar dengan tanaman yang rimbun atau lebat bukan tidak mungkin menjadi tempat kucing untuk buang air besar sembarangan.

Wow, banyak juga ya cara agar kucing tidak berak sembarangan, babu memang tidak boleh kalah melawan majikan yang malas buang air di litter box

Dalam artikel lainnya, Investasiproperti.id akan membahas bagaimana cara agar kucing tidak pipis sembarangan, pembahasan yang masih mirip ya.

Lantas bagaimana dengan arti kucing berak di kasur menurut Islam, hal ini juga bisa dijelaskan dalam konten lain agar kamu mendapatkan pemahaman yang lengkap. 

Meski ada juga yang menafsirkan kalau hal ini membawa musibah bagi pemilik rumah, tetapi jangan sampai kamu percaya begitu saja ya. 

Sebelumnya, Investasiproperti.id pernah membahas kenapa rumah sering didatangi kucing, pastinya ada penyebab anabul sering menyambangi hunian kamu.

Tidak ketinggalan ada konten menarik lainnya mengenai anabul yaitu kenapa kucing tidak mau makan. Panduan bagi pemilik hewan peliharaan.

Situs Investasiproperti.id selalu menghadirkan konten yang menarik mengenai gaya hidup seperti memelihara hewan di rumah. 

Share :

Baca Juga

ikea dan hari laut sedunia

Gaya Hidup

Rayakan Hari Laut Dunia, IKEA Ajak Masyarakat Berpartisipasi dalam Melestarikan Laut
Gerai Cheese & Dough Cabang Ketiga di Indonesia

Gaya Hidup

Hadir di LOTTE Mart Green Pramuka City, Gerai Cheese & Dough Buka Cabang ke-3 di Indonesia
pengunjung btn jakarta wedding festival 2023

Gaya Hidup

BTN Jakarta Wedding Festival 2023 Jadi One Stop Solution Pernikahan. Calon Pasangan Tidak Perlu Bingung Lagi
batik terbaru ikea indonesia

Gaya Hidup

IKEA Indonesia Rilis Seragam Batik Terbaru untuk Co Worker. Hasil Kompetisi Desain Mahasiswa
aftonsparv berstandar global

Gaya Hidup

IKEA Rancang AFTONSPARV dengan Standar Global. Beberapa Koleksi Diproduksi di Indonesia
kenapa orang korea tinggal di apartemen

Gaya Hidup

Kenapa Orang Korea Tinggal di Apartemen? Apa Ada Hubungannya dengan Perang Saudara
pulau kalimantan jarang terjadi gempa bumi

Gaya Hidup

Kenapa Kalimantan Tidak Ada Gempa? Mitos atau Fakta Aman dari Bencana
masyarakat jepang jarang menggunakan motor

Gaya Hidup

Kenapa di Jepang Jarang Ada Motor? Padahal Negara Ini Produsen Motor Kelas Dunia