ARCH ID - Web Banner - InvestProperti (1) (1)

Home / Gaya Hidup

Jumat, 13 September 2024 - 07:45 WIB

Kenapa di Jepang Tidak Boleh Boncengan Sepeda? Terkesan Ribet ya

Sumber Foto: Tokyobybike.com

Sumber Foto: Tokyobybike.com

Mau tahu alasan kenapa di Jepang tidak boleh boncengan sepeda, bisa jadi panduan ketika kamu tinggal atau traveling ke negara ini. 

Jepang menjadi salah satu negara di dunia yang penduduknya memiliki kebiasaan naik sepeda untuk pergi ke mana-mana. 

Salah satu negara lain yang memiliki masyarakat hobi naik sepeda adalah Belanda. Jumlah sepeda lebih banyak dibandingkan jumlah orang di negara ini. 

Bisa dikatakan, sepeda merupakan salah satu moda transportasi favorit masyarakat Jepang setiap harinya. 

Tidak heran kalau parkir sepeda di dekat stasiun kereta listrik di Jepang terbilang besar dan bisa menampung ribuan unit. 

Sebagai negara maju, peraturan di Jepang tentunya memang ketat, bahkan untuk naik sepeda berboncengan. Kamu pasti kaget. 

Pengendara sepeda di negeri ini memang dituntut mematuhi semua aturan lalu lintas demi keselamatan sendiri dan orang lain. 

Mungkin ada yang bertanya di Jepang sepeda pada umumnya melaju di mana? Mereka mengendarai di lajur sebelah kiri. 

Situs Investasiproperti.id akan membahas sejumlah alasan aturan tidak boleh membonceng sepeda di negara ini.

Investasiproperti.id mengutip dari berbagai sumber media online seperti Okezone.com, Tribunnews.com, Kompas.com, hingga Liputan6.com.

Baca Juga :  Kenapa Orang Korea Tinggal di Apartemen? Apa Ada Hubungannya dengan Perang Saudara

Alasan Kenapa di Jepang Tidak Boleh Boncengan Sepeda

Apakah di Jepang boleh boncengan sepeda? Hmm, ternyata tidak boleh ya lantaran hal ini dianggap kategori berbahaya dan melanggar lalu lintas. 

Kalau ada yang melanggar, maka ia bisa membayar denda hingga 20 ribu yen (Rp2 juta), tetapi memang ada beberapa pengecualian. 

  1. Pengendara sepeda telah berusia 16 tahun atau lebih bisa membawa bayi di bawah umur 6 tahun yang diletakkan pada kursi bayi atau pada punggung pengendara yang diikat kuat dengan tali. 
  2. Seorang pengendara sudah berumur 16 tahun atau lebih dapat membawa dua bayi dengan sepeda yang sudah didesain khusus untuk membawa dua bayi. Bayi bisa diletakkan di kursi depan dan belakang. Sepeda juga harus bertanda BAA (bicycle association Japan approved).
  3. Pengendara telah berusia 16 tahun atau lebih bisa membawa bayi di atas sepeda yang telah didesain khusus untuk membonceng dua bayi. Bayi lainnya dapat diikat kuat dengan tali pada punggung pengendara sepeda.
  4. Dua orang pengendara bisa naik sepeda tandem. Sepeda dua orang ini mempunyai sepasang pedal yang sudah diatur untuk penumpang di belakang.  
Baca Juga :  Kenapa Hotel Tidak Ada Guling? Benarkah Karena Tidak Higienis

Singkatnya, negara ini melarang pengendara yang tidak kompeten membonceng orang lantaran dianggap berbahaya. Penumpang tidak memiliki kuasa untuk mengendalikan sepeda. 

Sebenarnya, ada sejumlah aturan lain terkait pengendara sepeda di Jepang seperti taat lampu lalu lintas, dilarang berkendara sejajar, mengendarai di kanan jalan, punya lampu, dan tidak boleh naik sepeda saat mabuk. 

Nah, itulah alasan kenapa di Jepang tidak boleh boncengan sepeda. Hal ini bisa menjadi pengetahuan saat kamu traveling atau menetap di negara ini. 

Hal Unik Lainnya di Jepang

Investasiproperti.id akan membahas sejumlah hal unik lainnya terkait kebiasaan di Negeri Sakura ini seperti kenapa di Jepang tidak boleh boncengan motor.

Banyak hal unik di negara ini seperti kenapa di Jepang banyak rumah kosong. Jumlahnya mencapai jutaan rumah di seluruh negeri. Kamu tertarik pindah ke negara ini?

Atau kenapa di Jepang jarang ada motor padahal negara ini adalah salah satu produsen motor terbesar di dunia dengan merek seperti Honda, Yamaha, atau Kawasaki.

Situs Investasiproperti.id selalu menghadirkan konten menarik mengenai kebiasaan yang unik atau menarik dari masyarakat sebuah negara. 

Share :

Baca Juga

ikea berusia 80 tahun

Gaya Hidup

Perjalanan 80 Tahun IKEA Menjadi Inspirasi dan Solusi Orang di Seluruh Dunia
Solusi Bank Danamon untuk Pencinta Otomotif di IIMS 2024

Gaya Hidup

Edukasi dan Solusi Bank Danamon untuk Pencinta Otomotif di IIMS 2024. Konsumen Bisa Salurkan Hobi Tapi Keuangan Tetap Stabil
alasan madura belum menjadi provinsi

Gaya Hidup

Kenapa Madura Tidak Jadi Provinsi? Apakah Lantaran Terganjal Syarat Pembentukan
kenapa rumah di amerika terbuat dari kayu

Gaya Hidup

5 Alasan Kenapa Rumah di Amerika Terbuat dari Kayu. Orang AS Terbiasa Pindah Rumah Sejak Kecil
Bank Danamon Bidik Peningkatan Bisnis Konsumer

Gaya Hidup

Bank Danamon Bidik Peningkatan Bisnis Konsumer. Berpartisipasi dalam IIMS 2024 dan Mendukung Pertumbuhan Industri Otomotif di Indonesia
hafele merayakan hari jadi ke100

Gaya Hidup

Hafele Rayakan Hari Jadi ke-100. Hadir di Indonesia Sejak 1995 dengan Memasarkan Produk Terbaik Jerman
donasi penjualan aftonsparv

Gaya Hidup

IKEA Donasikan Penjualan AFTONSPARV untuk Perbaikan Sanitasi Anak di Perdesaan
kenapa kucing tidak mau makan

Gaya Hidup

10 Alasan Kenapa Kucing Tidak Mau Makan. Cek Kesehatan Anabul Secara Rutin