Home / Gaya Hidup

Senin, 18 September 2023 - 12:00 WIB

Kenapa di Jepang Jarang Ada Motor? Padahal Negara Ini Produsen Motor Kelas Dunia

Sumber Foto: Mainichi.jp

Sumber Foto: Mainichi.jp

Bingung kenapa di Jepang jarang ada motor padahal negara ini produsen motor kelas dunia seperti Yamaha, Honda, dan Suzuki. Simak ulasannya. 

Motor apa yang berasal dari Jepang? Buat pemakai roda dua pastinya mengenal Honda, Yamaha, Suzuki, hingga Kawasaki. 

Apalagi Indonesia merupakan negara nomor dua di dunia untuk jumlah motor yang wira wiri di jalanan, setidaknya ada 128 juta unit motor berdasarkan data polisi. 

Jumlah motor ini nyaris separuh dari penduduk Indonesia yang mencapai 273,8 juta (menurut data Bank Dunia pada 2021). 

Lantas bagaimana dengan Negara Sakura yang menjadi produsen kendaraan roda dua, apakah di Jepang ada sepeda motor?

Situs Investasiproperti.id akan membahas alasan kenapa masyarakat Jepang jarang memakai kendaraan roda dua untuk beraktivitas dengan mengutip laman Kompas.com. 

Statista melansir jumlah motor di Jepang hanya 10,29 juta unit pada Maret 2021, sementara jumlah penduduk tercatat 125,7 juta orang. 

Hanya sekitar 8% masyarakat Negeri Matahari Terbit ini yang memakai kendaraan roda dua. Persentase yang sedikit untuk negara produsen motor. 

motor bukan pilihan transportasi orang jepang

Sumber Foto: Arkansasonline.com

Alasan Kenapa di Jepang Jarang Ada Motor?

Kenapa orang Jepang jarang menggunakan motor? Ada sejumlah alasan yang melatarbelakangi hal tersebut. Apa saja ya. 

Kompas.com mengutip pernyataan Ni Made Savitri, Dosen Program Studi Sastra Jepang Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya Malang.

Selain itu, media online tersebut juga melansir pernyataan dari Yuliana Adenan, seorang content creator asal Indonesia yang menetap di Jepang. 

  1. Motor berbahaya saat musim dinding. Sebagai negara empat musim, orang Jepang merasa berbahaya saat berkendara memakai motor pada musim dingin lantaran licin.
  2. Hanya Digunakan oleh Kurir atau Mereka yang Hobi Bermotor. Motor hanya dipakai untuk pengiriman paket atau surat, hobi naik motor, dan bukan untuk kegiatan sehari-hari. 
  3. Identik dengan Aksi Kriminal. Aksi kriminal pada era 1970-an dan 1980-an membuat motor identik dengan kegiatan kejahatan dan Yakuza, mafia Jepang. 
  4. Transportasi Umum Lebih Banyak. Fasilitas transportasi umum dan massal seperti kereta memudahkan orang untuk pergi beraktivitas. 
  5. Jarang Ada Parkir Motor. Fasilitas untuk parkir motor jarang, kalah kalau dibandingkan dengan parkir sepeda yang justru lebih banyak. 
  6. Kampanye “Sannaiundo”. Kampanye ini ditujukan agar pelajar SMA agar tidak menggunakan motor kecuali memiliki izin mengemudi. 
  7. Harga Motor Mahal. Meski harga motor di Jepang tidak jauh berbeda dengan di Indonesia, tetapi ongkos menggunakan kendaraan umum jauh lebih murah. 
  8. SIM Mahal. Biaya membuat surat izin mengemudi (SIM) di Jepang bisa mencapai 100 ribu Yen (Rp11 jutaan). Angka yang luar biasa mahal. 
  9. Biaya Perawatan Mahal. Kalau memiliki motor, orang Jepang harus membayar pajak, biaya pemeriksaan, biaya parkir, asuransi, dan lainnya yang bisa mencapai 81 ribu Yen (Rp9,3 juta). 
Baca Juga :  Kenapa di Korea Tidak Ada Cicak? Yuk, Cari Tahu Buat Kamu yang Kepo

Nah, itulah kenapa orang Jepang jarang memakai kendaraan roda dua untuk aktivitas sehari-hari lantaran sejumlah alasan di atas. 

kenapa di jepang jarang ada motor

Sumber Foto: Thecoolist.com

Tidak Hanya di Jepang, Orang Amerika dan Eropa Jarang Menggunakan Motor

Sejumlah hal ini membuat masyarakat negara ini tidak menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan menggunakan kendaraan umum atau sepeda. 

Baca Juga :  BTN Jakarta Wedding Festival Digelar. Wujudkan Pernikahan Impian Sekaligus Memiliki Hunian Idaman

By the way, terkait kereta angin, ada aturan yang membatasi sehingga kamu perlu tahu alasan kenapa di Jepang tidak boleh boncengan sepeda

Selain itu, ada hal menarik lainnya mengenai peraturan lalu lintas di negara ini seperti kenapa di Jepang tidak ada polisi tidur, tetapi ada jalur bernyanyi.

Biaya naik kereta listrik lebih murah dibandingkan biaya taxi di Jepang yang mahal dan viral gara-gara content creator asal Indonesia. 

Apalagi, banyak aturan soal kepemilikan kendaraan pribadi, sehingga kamu bakal bertanya kenapa di Jepang jarang ada mobil.

Nah, itulah alasan kenapa di Jepang jarang ada motor ya. Dalam artikel lainnya, Investasiproperti.id akan membahas kenapa di Jepang sepi. 

Mungkin banyak yang bertanya juga kenapa orang Amerika jarang naik motor, padahal negara ini produsen motor gede Harley Davidson. 

Atau kenapa di Eropa jarang ada motor, hanya Italia yang menjadi negara Eropa dengan jumlah pengendara motor  cukup banyak. 

Situs Investasiproperti.id selalu menghadirkan konten menarik mengenai sebuah negara mulai dari hal unik, arsitektur, dan lainnya. 

Share :

Baca Juga

ikea buka pick up point ke-19 di indonesia

Gaya Hidup

IKEA Buka Gerai Pick Up Point di Yogyakarta. 200 Pelanggan Pertama Dapat Voucher
Danamon Optimal Jadi Solusi Kebutuhan Calon Pengantin

Gaya Hidup

Danamon Optimal Jadi Solusi Kebutuhan Calon Pengantin. Bank Danamon Tawarkan Kemudahan #Danamonikah
kucing buang air sembarangan di rumah

Gaya Hidup

15 Cara Agar Kucing Tidak Berak Sembarangan. Babu Harus Sabar Hadapi Majikan
tren pernikahan kekinian

Gaya Hidup

Mau Tahu Tren Pernikahan Kekinian? Yuk, Datang ke BTN Jakarta Wedding Festival 2023
Promo Menarik Bundling dengan Dana Optimal dari Bank Danamon di IIMS 2024

Gaya Hidup

Bank Danamon Tawarkan KPM Prima di IIMS 2024. Ada Promo Menarik Bundling dengan Dana Optimal
talkshow di coda 2023

Gaya Hidup

Ragam Talkshow CODA 2023. Mengupas Tuntas Dunia Desain dan Arsitektur Indonesia dari Berbagai Perspektif
gunung tertinggi di sumatera

Gaya Hidup

20 Gunung Tertinggi di Indonesia. Kamu Pernah Mendaki Gunung yang Mana Saja?
batik terbaru ikea indonesia

Gaya Hidup

IKEA Indonesia Rilis Seragam Batik Terbaru untuk Co Worker. Hasil Kompetisi Desain Mahasiswa