Colliers Indonesia memaparkan hasil observasi keuntungan dan kerugian menyewakan kantor fully furnished bagi pengelola gedung.
Setelah pandemi Covid-19 usai, perusahaan tidak lagi memberlakukan kebijakan work from home (WFH) bagi para karyawan.
Banyak perusahaan di Jakarta yang mulai aktif mencari ruang kantor bagi karyawan baik di kawasan CBD (central business district) ataupun area non CBD.
Begitu juga dengan sejumlah perusahaan yang melakukan ekspansi di Surabaya, Jawa Timur dan giat mencari gedung perkantoran.
Situs Investasiproperti.id merangkum, mengolah, dan mengutip data dan pernyataan yang didapatkan dari konsultan properti Colliers Indonesia.
Colliers Indonesia mengungkapkan hasil observasi kalau sejumlah perusahaan melirik ruang kantor yang fully furnished atau telah memiliki furnitur.
Hal ini dilakukan untuk menghemat biaya pengeluaran perusahaan dan waktu renovasi sehingga gedung perkantoran dapat langsung ditempati.
Tren ini sudah terlihat setelah pandemi usai. Pastinya, bisa dimaklumi kalau banyak perusahaan memilih cara tersebut.
Keuntungan dan Kerugian Menyewakan Kantor Fully Furnished
Dalam pengamatannya, Colliers Indonesia memaparkannya dalam Unveiling the Importance of Technical Due Diligence, Space Programming, and Test Fits for Office Space Seeker.
Konsultan properti ini mengatakan kalau ada sejumlah ruang kantor yang telah dilengkapi oleh furnitur dan kemudian tidak lagi ditempati oleh penyewa sebelumnya.
Namun, gedung perkantoran ini tidak selalu memenuhi kebutuhan dari penyewa baru. Hal ini tentu merugikan bagi pengelola gedung.
Hasil pengamatan lainnya, penyewa tidak selalu memiliki orang yang mempunyai pengetahuan teknis yang mendalam mengenai ruang perkantoran.
Seharusnya, orang tersebut bisa memiliki akses dan pengetahuan mengenai ruang kerja bisa mempunyai fasilitas dan infrastruktur yang memenuhi kebutuhan operasional perusahaan.
Menurut Colliers Indonesia, karyawan perusahaan yang memiliki pemahaman real estate tentu menguntungkan bagi korporasi.
Mereka bisa memiliki pandangan yang jelas mengenai lingkungan ruang kerja yang memiliki potensi yang bagus.
Tidak jarang ada hal yang membingungkan antara persepsi kebutuhan ruang kantor dan kebutuhan yang sesungguhnya.
Hal ini terjadi karena kurangnya pemahaman dari perusahaan mengenai kebutuhan ruang kantor yang sebenarnya.
Namun, jika ada perwakilan perusahaan yang bisa memahami hal ini tentu jika ada ruang perkantoran yang sudah dilengkapi oleh furnitur tentu menguntungkan.
Pastinya, perusahaan tidak perlu lagi melakukan renovasi dan pengelola bisa mendapatkan penyewa baru dengan cepat.
Manajemen gedung perkantoran tentu diuntungkan jika memiliki ruang kantor yang telah dilengkapi oleh furnitur kalau menemukan calon penyewa yang sudah mengetahui kebutuhan.
Situs Investasiproperti.id selalu menghadirkan konten menarik mengenai gedung perkantoran, perhotelan, kawasan industri, hingga logistik.