Home / Gaya Hidup

Jumat, 15 September 2023 - 18:00 WIB

Kenapa di Eropa Tidak Ada Gedung Tinggi? Beda Banget dengan Asia dan Amerika 

Sumber Foto: Pexels.com

Sumber Foto: Pexels.com

Bagi yang pernah traveling ke Prancis atau negara lain di benua biru, mungkin bertanya kenapa di Eropa tidak ada gedung tinggi. 

Negara manakah yang memiliki gedung pencakar langit terbanyak di dunia? Tentu saja China yang memiliki 5.000 gedung dengan ketinggian 150 meter. 

Namun, gedung tertinggi di dunia berada di mana? Maka jawabannya Dubai, Uni Emirat Arab. Salah satu lokasi puluhan gedung bertingkat berada.

Sementara, gedung tertinggi di dunia namanya apa, sudah pasti Burj Khalifa di Dubai, Uni Emirat Arab dengan ketinggian 828 meter!

Lantas apakah Indonesia punya gedung tinggi? Tentu saja, berdasarkan data Katadata.co.id, ada 129 gedung pencakar langit di Indonesia dengan ketinggian minimal 150 meter. 

Autograph Tower di kawasan bisnis Sudirman, Jakarta menjadi gedung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 382,9 meter. 

Lantas bagaimana gedung pencakar langit di Eropa. Benua ini malah terbilang tertinggal dari Asia dan Timur Tengah soal gedung bertingkat. 

Jumlah bangunan setinggi 150 meter di Eropa hanya sekitar 400-an pada 2021. Biasanya, hanya ada di London (Inggris), Frankfurt (Jerman), Istanbul (Turki), Paris (Prancis), dan Moscow (Rusia). 

Baca Juga :  IKEA Sediakan SPKLU di Toko Kota Baru Parahyangan. Komitmen Kurangi Jejak Karbon

Menurut data Council on Tall Buildings and Urban Habitat, jumlah pencakar langit di Asia mencapai 5.000, kebanyakan berada di China dan Uni Emirat Arab. 

Sementara, di Amerika Serikat, negara yang bisa dikatakan pelopor gedung pencakar langit sejak abad ke-19, memiliki 1.000 gedung di atas 150 meter. 

Laman Investasiproperti.id akan membahas hal tersebut dengan merangkum berbagai sumber media online luar negeri seperti Novatr.com, theb1m.com, dan lainnya. 

kenapa di eropa tidak ada gedung tinggi

Sumber Foto: Pexels.com

Alasan Kenapa di Eropa Tidak Ada Gedung Tinggi

China dan Uni Emirat Arab menjadi dua negara yang berlomba-lomba memamerkan gedung pencakar langit yang paling tinggi, unik, dan lainnya. 

Namun, berbeda halnya negara-negara Eropa yang menahan diri tidak mengizinkan adanya pembangunan gedung pencakar langit. Inilah sejumlah alasannya. 

  1. Menghargai Budaya. Banyak kota di Eropa masih memiliki identitas budaya dan arsitektur yang keren. Tengok saja Paris (Prancis), Roma (Italia), atau Praha (Ceko).
  2. Peraturan yang Ketat dan Harga Properti yang Mahal. Pemerintah sejumlah kota memang membatasi pembangunan gedung pencakar langit. 
  3. Brusselization. Pada era 1960-an dan 1970-an, sejumlah gedung di Brussel, Belgia dirobohkan karena urbanisasi dan modernisasi. Banyak orang Eropa tidak mau hal itu terjadi lagi. 
  4. Material Tidak Berkelanjutan. Banyak gedung lama dibangun dengan menggunakan material lokal yang lebih berkelanjutan dibandingkan menara pencakar langit. 
  5. Restorasi dan Konservasi Bangunan Pasca Perang Dunia II. Banyak bangunan yang hancur setelah perang serta memerlukan perbaikan dan perawatan. 
Baca Juga :  IKEA Pertahankan Bentuk Ikonik NYTILLVERKAD Volume Kedua. Produk Ini Tampil Kekinian dengan Material yang Modern

Nah, itulah alasan kenapa di Eropa tidak ada gedung tinggi, mungkin lebih tepatnya tidak terlalu banyak menara pencakar langit. Semoga kamu tidak bingung saat traveling ke benua biru ini ya. 

Mungkin hal unik lainnya di Eropa yang perlu kamu ketahui adalah kenapa di Eropa jarang ada motor. Siapa tahu menyadarinya saat traveling.

Sebelumnya, Investasiproperti.id pernah membahas mengenai kenapa banyak rumah kosong di Jepang. Siapa tahu kamu tertarik pindah. 

Situs Investasiproperti.id selalu menghadirkan konten menarik mengenai suatu daerah, kota, negara, kawasan, atau lainnya. 

Share :

Baca Juga

hafele merayakan hari jadi ke100

Gaya Hidup

Hafele Rayakan Hari Jadi ke-100. Hadir di Indonesia Sejak 1995 dengan Memasarkan Produk Terbaik Jerman
btn jakarta wedding festival

Gaya Hidup

BTN Jakarta Wedding Festival Digelar. Wujudkan Pernikahan Impian Sekaligus Memiliki Hunian Idaman
ikea dan hari laut sedunia

Gaya Hidup

Rayakan Hari Laut Dunia, IKEA Ajak Masyarakat Berpartisipasi dalam Melestarikan Laut
kenapa di eropa jarang ada motor

Gaya Hidup

Kenapa di Eropa Jarang Ada Motor? Padahal Jerman Menjadi Negara Penemu Kendaraan Ini
layanan beam mobility ikut kurangi emisi karbon

Gaya Hidup

Berapa Total Perjalanan Beam Mobility di Indonesia? Pasti Tidak Percaya Kalau Jumlahnya Sama dengan 2 Kali Perjalanan ke Bulan
beam mobility siap ekspansi ke sejumlah universitas

Gaya Hidup

Beam Mobility Siap Ekspansi ke Sejumlah Universitas. Sudah Memiliki Layanan di Depok, Bogor, dan Malang
danau terdalam di indonesia

Gaya Hidup

10 Danau Terbesar di Indonesia. Peringkat 1 Juga Menjadi Danau Terbesar di Asia Tenggara
program i sea gelombang 2

Gaya Hidup

Instellar dan IKEA Social Entrepreneurship Buka Program Akselerator I-SEA Gelombang 2