Konsultan properti Cushman & Wakefield membahas secara mendalam mengenai pasar ritel di kawasan penyangga Jakarta.
Laporan MarketBeat Cushman & Wakefield telah diluncurkan dengan menghadirkan analisa aktivitas ekonomi dan real estat komersial setiap kuartal.
Hasil laporan yang lengkap ini mencakup tren pasokan, permintaan, dan harga di tingkat pasar dan subpasar di Indonesia.
Situs Investasiproperti.id membahasnya lebih mendalam dengan merangkum dari keterangan tertulis yang diterima dari Cushman & Wakefield.
Konsultan properti ini mengungkapkan mengenai kondisi terkini pasar ritel di Debotabek (Depok, Bogor, Tangerang, dan Bekasi) pada 2024.
Selama paruh pertama tahun 2024, kawasan Debotabek mengalami penambahan dua pusat perbelanjaan baru, yaitu Living World Kota Wisata di Bogor dan AEON Mall Deltamas di Bekasi.
Pembukaan kedua pusat perbelanjaan tersebut telah menambahkan 166.000 m2 ruang ritel di kawasan penyangga Jakarta ke pasar.
Secara YoY (year on year), pasokan kumulatif meningkat sebesar 8,8%, dengan total pasokan mencapai 2.976.900 m2.
Kawasan Debotabek diperkirakan akan mengalami penambahan delapan pengembangan pusat perbelanjaan pada akhir tahun ini dan awal tahun 2025:
Mal tersebut adalah Living World Grand Wisata, Hampton Square, Eastvara Mall, Markt Lane Sentul, dan Mall at Little Tokyo Jababeka.
Selain itu, ada Pakuwon Mall Bekasi, Summarecon Mall Bekasi Fase 2, termasuk Jakarta Premium Outlet.
Cushman & Wakefield Ungkap Pasar Ritel di Kawasan Penyangga Jakarta, Sejumlah Brand Mulai Berekspansi
Jika semua pusat perbelanjaan yang akan datang ini sesuai jadwal pengembangan, pasokan ruang ritel kumulatif di wilayah Debotabek diperkirakan akan meningkat sebesar 10,2% menjelang akhir tahun 2025.
Tingkat hunian pasar ritel Debotabek mencapai 73,5% pada paruh pertama tahun 2024, menandai penurunan 3,3% dibanding periode yang sama tahun lalu.
Kecenderungan ini kemungkinan akan berlanjut karena kedatangan pasokan baru yang diantisipasi dalam beberapa kuartal mendatang.
Selama semester ulasan, dua musim liburan besar, yakni Idul Fitri dan liburan sekolah meningkatkan kunjungan ke pusat perbelanjaan dan memberikan manfaat besar bagi sektor hiburan.
Apalagi sejumlah brand ternama telah membuka gerai baru. Ekspansi bisnis ini bisa terlihat di beberapa pusat perbelanjaan.
AEON Store terus mengembangkan usahanya dengan membuka outlet ketujuhnya di Living World Kota Wisata.
KKV telah membuka toko-toko baru di AEON Deltamas, Living World Kota Wisata, dan The Park Sawangan, sementara Sports Direct juga hadir di Supermal Karawaci.
Selain itu, merek Miniso telah meluncurkan salah satu outlet terbesarnya di Greater Jakarta di Mall @ Alam Sutera.
Di sektor hiburan, toko resmi pertama Gashapon Bandai telah dibuka di Mall @ Alam Sutera. Oppo juga memperluas konsep experience store di Supermal Karawaci dan Margo City.
Selain itu, brand fashion UNIQLO telah membuka toko kedua di wilayah di Hive Harapan Indah di Bekasi.
Pasar ritel Debotabek terus mengalami pertumbuhan moderat dalam harga sewa dasar dan service charge,
Ada peningkatan masing-masing sebesar 2,4% pada harga sewa dasar dan peningkatan service charge sebesar 2,9%.
Kenaikan service charge ruang ritel di kawasan penyangga Jakarta diperkirakan akan terus berlanjut pada semester kedua 2024.
Situs Investasiproperti.id selalu menyajikan konten yang menarik mengenai insight yang dijelaskan oleh perusahaan konsultan properti.