Sudah hadir dengan memasarkan produk impor sejak 1995, Hafele siap perluas pasar Indonesia dengan membuka cabang baru.
Hafele merayakan hari jadinya yang ke-100 pada 2023. Perusahaan asal Jerman ini memang sudah berdiri sejak lama.
Perusahaan ini merupakan produsen terkemuka di dunia untuk perlengkapan furnitur, arsitektural, peralatan rumah, dapur, dan sanitasi.
Saat ini, korporasi tersebut telah melebarkan sayap usahanya hingga ke-150 negara di dunia, salah satunya Indonesia.
Hafele mulai beroperasi di Indonesia sejak 1995 dan sekarang berpusat di Taman Tekno BSD, Tangerang Selatan, Banten.
Seiring perjalanan waktu, Hafele Indonesia sudah memiliki sejumlah cabang di beberapa wilayah di tanah air.
Cabang tersebut berada di Bali, Jepara (Jawa Tengah), Samarinda (Kalimantan Timur), Pekanbaru (Riau), Batam (Kepulauan Riau), dan Tangerang Selatan (Banten).
Setelah melewati 100 tahun, Hafele berharap bisa terus bersaing setelah melewati berbagai macam kendala.
“Kami melewati dua perang dunia, berbagai krisis ekonomi, tidak banyak perusahaan seperti ini,” ujar Managing Director Hafele Indonesia, David Lorenzo saat konferensi pers di Jakarta pada Rabu (28/8/2023).
Hafele Siap Perluas Pasar Indonesia dengan Menambah Cabang dan Point of Sales
Lorenzo menambahkan kalau Hafele juga berhasil melewati pandemi Covid-19, meski ada kendala tetapi sebenarnya menjadi kesempatan.
Setelah sempat mengalami penurunan penjualan, perusahaan mengalami pertumbuhan pada tahun 2021 dan 2022.
Perusahaan berencana untuk memperbanyak jalur distribusi dengan menambah cabang dan point of sales di sejumlah tempat.
Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sumatra Utara, dan beberapa tempat lainnya menjadi sejumlah tempat yang dilirik karena dinilai memiliki prospek.
Hafele Indonesia juga berencana memperluas jaringan distribusi, pemasaran, dan penjualan termasuk ke toko-toko bangunan.
Meski begitu, perusahaan memang tidak berencana membuat pabrik di Indonesia lantaran memang menjual barang impor.
“Indonesia ini luas dari Aceh sampai Papua,” kata Lorenzo lagi seraya mengilustrasikan pemasaran produk di tanah air.
Hal ini tidak bisa terjadi di negara lain terutama di Eropa yang rata-rata negaranya memiliki luas lebih terbatas.
Semua ini menjadi cara adaptasi perusahaan untuk menguasai pasar Indonesia dengan menambah jaringan penjualan produk.
Meski belum ada data mengenai market share Hafele dibandingkan kompetitor, tetapi Lorenzo meyakinkan produknya tetap menjadi pemimpin pasar untuk target kelas menengah atas.
Situs Investasi Properti selalu menyajikan konten menarik mengenai rekomendasi produk terkini untuk perlengkapan rumah hingga perabot rumah tangga.