Home / Berita

Minggu, 7 Januari 2024 - 12:00 WIB

Kementerian PUPR Bangun RITTA di Kota Prabumulih. Hunian Dihadirkan Bersama Mitra CSR untuk Tukang Becak, Pemulung, dan Penyandang Disabilitas

Sumber Foto: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Sumber Foto: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Kementerian PUPR bangun RITTA di Kota Prabumulih dengan menggandeng mitra BUMN yang diperuntukkan bagi MBR. 

Para tukang becak motor, pemulung dan penyandang disabilitas di Kota Prabumulih, Provinsi Sumatera Selatan kini bisa memiliki rumah. 

Hunian tapak itu berupa Rumah Inti Tumbuh Tahan Gempa (RITTA) dan sehat yang diberikan secara gratis dari pemerintah. 

Hal itu dapat diwujudkan berkat kerjasama dan kolaborasi yang baik antara pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dan Pemerintah Kota Prabumulih.

Tidak ketinggalan, program ini melibatkan sejumlah mitra kerja di sektor perumahan seperti Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia yang bergerak di bidang pembiayaan sekunder perumahan, perbankan, serta perusahaan cat di Sumatera Selatan. 

“Kementerian PUPR akan terus mendorong kolaborasi dengan berbagai mitra kerja untuk membantu masyarakat guna mewujudkan impian mereka memiliki rumah layak huni,” ujar Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima oleh Investasiproperti.id.

Baca Juga :  La-Z-Boy dan The Garfield Movie Gelar Kontes Kucing Paling Malas di Dunia. Konsumen Dapatkan Hadiah Kursi Malas

“Salah satunya adalah melalui program pembangunan RITTA di Kota Prabumulih, Sumatera Selatan yang diperuntukkan bagi masyarakat sektor informal,” lanjutnya.

Hunian RITTA Dihadirkan Bersama Mitra CSR untuk Tukang Becak

Sumber Foto: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Kementerian PUPR Bangun RITTA di Kota Prabumulih Bekerja Sama dengan BUMN dan Perusahaan Swasta

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan (BP2P) Sumatera V Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Johnny Rakhman didampingi Kepala Satuan Kerja Penyediaan Perumahan Provinsi Sumatera Selatan, Yustin Patria Primordia memberikan penjelasan. 

Dalam pembangunan Program RITTA, pihaknya berkolaborasi dengan BUMN seperti PT. Sarana Multigriya Finansial (SMF), perbankan PT. Bank Syariah Indonesia (BSI) dan PT. Bank Tabungan Negara (BTN) Persero.

Sederetan BUMN dari berbagai bisnis tersebut mengalokasikan dana corporate social responsibility (CSR) di sektor perumahan.

Baca Juga :  Layanan Redhill Indonesia Semakin Kuat dalam Sejumlah Kategori Berkat Kolaborasi dengan Sejumlah Partner Baru

Selain itu, Kementerian PUPR juga menggandeng mitra kerja di sektor perumahan seperti perusahaan cat PT. Mowilex Indonesia di Sumatera Selatan. 

Sebagai informasi, Direktorat Rumah Umum dan Komersial (RUK) Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR yang menginisiasi program RITTA.

Dalam pelaksanaan di lapangan, Balai P2P Sumatera V sejak awal tahun melanjutkan dengan berkolaborasi dengan skema CSR dengan sejumlah perbankan. 

Pembangunan RITTA dilaksanakan di atas lahan seluas dua hektar dan nantinya sebanyak 100 unit rumah akan terbangun berkat kolaborasi CSR BUMN dan perbankan. 

Balai P2P Sumatera V Ditjen Perumahan dan Dinas Perkim Kota Prabumulih. Program RITTA di Kota Prabumulih juga dijadikan sebagai pilot project kolaborasi pemerintah dan pihak swasta dan rencananya akan dilaksanakan di provinsi lain di Indonesia. 

Situs Investasiproperti.id selalu menghadirkan konten menarik mengenai program perumahan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Share :

Baca Juga

Cara Entertainment District PIK 2 Menggaet Tenant

Berita

Mengungkap Cara Entertainment District PIK 2 Menggaet Tenant. Sebanyak 70 Persen Area Sudah Laku Terjual
Bank Danamon investasikan dana di Qoala

Berita

Bank Danamon Berinvestasi pada Qoala Melalui Garuda Fund. Berkolaborasi dengan MUFG untuk Mendukung Fintech di Indonesia
pergudangan modern di kawasan penyangga jakarta

Berita

Pasokan Gudang Modern di Jabodetabek Terus Bertambah. JLL Pantau Investor Asing Sudah Masuk 
Penyaluran Kredit Berdampak Baik Bagi Bank Sampoerna

Berita

Bank Sampoerna Dukung UMKM. Perbankan Ajak Masyarakat Terutama Generasi Muda untuk Ikut Berpartisipasi
sinar mas land dan bank ina menjalin kerja sama

Berita

Sinar Mas Land dan Bank INA Jalin Kerja Sama. Berikan Kemudahan Bagi Konsumen yang Ingin Mendapatkan KPR dan KPA
tren penyewa gedung kantor setelah pandemi

Berita

Colliers Ungkap Tren Penyewa Gedung Kantor Usai Pandemi. Fully Furnished dan Semi Furnished
Socia Garden Siap Rilis Tahap II

Berita

Socia Garden Siap Rilis Tahap II. Developer Tawarkan Hunian dengan Harga Terjangkau untuk Pekerja di Kawasan Karawang
Tema Placemaking Tolerance pada ARCH ID 2024

Berita

ARCH ID 2024 Resmi Dibuka. Konsep Placemaking : Tolerance Diwujudkan dalam Tata Letak yang Memberikan Ruang Interaksi