Home / Panduan Properti

Minggu, 9 Juni 2024 - 17:00 WIB

10 Kota Tersepi di Indonesia. Wilayah Tergolong Luas, Penduduk Terbilang Sedikit

Kota Subulussalam di Aceh. Sumber Foto: Jurnalaceh.Pikiranrakyat.com/Instagram Subulussalam.id

Kota Subulussalam di Aceh. Sumber Foto: Jurnalaceh.Pikiranrakyat.com/Instagram Subulussalam.id

Cari tahu daftar sejumlah kota tersepi di Indonesia. Wilayah kota tergolong luas, tetapi jumlah penduduknya termasuk sedikit sekali. 

Jika kamu ditanya mengenai kota-kota besar di Indonesia apa saja? Tentu bisa menyebutkan Jakarta, Surabaya, Bandung, atau Medan. 

Kalau menyebutkan kota kecil, mungkin kamu mengingat Solo, Magelang atau Kota Klaten yang berada di Jawa Tengah. 

Kota di Indonesia tentunya beragam. Ada kota tertua yang sudah berusia ribuan tahun. Bayangkan, Kota Palembang sudah ada sejak zaman Kerajaan Sriwijaya. 

Namun, ada juga kota yang terbilang muda seperti Kota Banjarbaru lantaran baru berdiri saat dimulainya era otonomi daerah.

Pemerintah memang melakukan pemekaran wilayah dengan membentuk provinsi baru, kabupaten baru, atau kota yang baru. 

Ada juga sejumlah kota yang memiliki luas wilayah begitu lapang sehingga lebih cocok menjadi kabupaten atau mungkin malah provinsi. 

Hanya saja jumlah penduduknya memang sedikit, bahkan mungkin masih kalah dibandingkan jumlah orang di salah satu kecamatan di Jakarta Selatan. 

Situs Investasiproperti.id akan membahas kota yang tergolong sepi lantaran jumlah penduduk tidak seimbang dengan luas kawasan. 

Investasiproperti.id akan merangkum dari berbagai sumber situs berita online seperti Kumparan.com, Kompas.com, Okezone.com, Sindonews.com, dan masih banyak lagi. 

kota dumai termasuk kota yang jarang penduduk di indonesia

Kota Dumai di Provinsi Riau. Sumber Foto: Smanegeri2dumai.sch.id

Daftar Kota Tersepi di Indonesia 

1. Subulussalam (Aceh)

Kota ini memiliki luas mencapai 1.391 kilometer persegi (km2) dengan jumlah penduduk hanya 93.710 jiwa menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2021. 

Bayangkan, kalau kepadatan penduduk kota ini hanya sekitar 68 orang per km2. Ingat luas wilayah kota ini dua kali Jakarta yang memiliki luas 661 km2. 

Subulussalam merupakan kota hasil pemekaran Kabupaten Aceh Singkil pada Januari 2007. Kota ini berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatra Utara. 

Provinsi Aceh sendiri menerapkan hukum syariat secara menyeluruh sehingga melarang bentuk hiburan, salah satunya tidak ada bioskop.

2. Tidore Kepulauan (Maluku Utara)

Bayangkan kalau luas kota ini mencapai 1.550,37 km dengan jumlah penduduk 114.406 orang menurut data BPS pada 2021. 

Kepadatan penduduk kota ini hanya 88 orang per km2. Tentunya sangat sepi bagi kamu yang tinggal di kawasan padat penduduk di Jakarta. 

Kota Tidore Kepulauan ini berada di Pulau Halmahera, salah satu pulau terbesar yang masuk ke dalam gugusan Kepulauan Maluku.

Maluku Utara merupakan daerah hasil pemekaran wilayah dari Provinsi Maluku pada 1999. Ibu kota provinsi berada di Kota Sofifi. 

3. Palangka Raya (Kalimantan Tengah)

Inilah kota terluas di Indonesia dengan luas mencapai 2.400 km2, meski ada yang mengatakan 2.853 km2. Jumlah penduduknya adalah 302.310 jiwa menurut data BPS pada 2023. 

Kepadatan penduduk ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah ini hanya sekitar 110 orang per km2. Hmm, pastinya penduduk masih jarang ya. 

Kota Palangka Raya sempat diproyeksikan menjadi ibu kota negara pada era pemerintahan Presiden Soekarno, tetapi memang tidak terwujud. 

Kota ini dilewati oleh Sungai Kahayan yang memiliki panjang 600 km dan bermuara di Laut Jawa. Sayangnya, Kahayan tidak termasuk sungai terpanjang di Indonesia

4. Dumai (Riau)

Kota ini mempunyai luas hingga 1.727 km2 dengan jumlah penduduk tercatat mencapai 331.832 orang menurut data BPS pada 2022. 

Tingkat kepadatan penduduk kota ini hanya 190 orang per km2. Jumlah yang sedikit untuk kota yang dikenal dengan industri minyak. 

Baca Juga :  10 Kota Terkecil di Indonesia. Cocok untuk Menghabiskan Masa Pensiun?

Dumai berjarak kurang lebih 201 km dari ibu kota Provinsi Riau, Pekanbaru. Lokasi Dumai berada di tepi pantai yang menghadap ke Selat Malaka. 

Kota ini merupakan daerah hasil pemekaran wilayah Kabupaten Bengkalis pada 1999. Dumai juga dilewati sejumlah sungai. 

5. Sorong (Papua Barat Daya)

Kota ini mempunyai luas hingga 1.105 km2 dengan jumlah penduduk hanya sekitar 295.809 jiwa menurut data BPS pada 2022. 

Sorong yang berada di pulau terbesar di Indonesia ini ternyata hanya memiliki kepadatan penduduk sekitar 268 orang per km2. Sorong menjadi kota terbesar kedua di Papua setelah Jayapura. 

Kota ini dikenal dengan pertambangan minyak sejak 1935 saat masih dijajah Belanda. Sayangnya, Sorong termasuk kota termiskin di Indonesia.

Sorong masuk ke dalam Provinsi Papua Barat Daya, hasil pemekaran wilayah Papua Barat pada Desember 2022. Salah satu provinsi terbaru di Indonesia. 

kota sawahlunto kota tersepi di sumatera

Kota Sawahlunto di Sumatra Barat. Sumber Foto: Rri.co.id/Instagram Sawahluntotourism

6. Sawahlunto (Sumatra Barat)

Kota ini memiliki luas hanya sekitar 273,45 km2 dengan jumlah penduduk yang sedikit, hanya 66.962 jiwa menurut data BPS pada 2021. 

Tingkat kepadatan Sawahlunto yang pernah menjadi kota tambang batu bara pada masa Hindia Belanda ini hanya 240 orang per km2. 

Sawahlunto memiliki jarak yang dekat dengan ibu kota Provinsi Sumatra Barat Padang yaitu 95 km saja dan juga dekat dengan Danau Singkarak.

By the way, Danau Singkarak merupakan salah satu danau terbesar di Indonesia dan menjadi salah satu destinasi wisata di kawasan ini. 

7. Sabang (Aceh)

Kota ini mempunyai luas hanya 122 km2 saja, tetapi jumlah penduduknya juga sedikit yaitu 42.559 menurut data BPS pada tahun 2021. 

Tingkat kepadatan penduduk di kota yang berada di Pulau Weh ini hanya 350 orang per km2. Tentu kota dan pulau ini memang tidak padat. 

Pulau Weh dan Kota Sabang ini menjadi titik Indonesia paling barat. Sabang menjadi semacam titik nol untuk wilayah barat tanah air. 

Pada masa penjajahan Hindia Belanda, Sabang menjadi tempat pemberhentian kapal-kapal yang melintasi Selat Malaka dan Selat Sunda. 

8. Pagar Alam (Sumatra Selatan)

Kota ini mempunyai luas wilayah mencapai 633 km2 dengan jumlah penduduk yang tercatat adalah 147.950 orang menurut data BPS pada 2022. 

Kepadatan penduduk Kota Pagar Alam hanya 230 jiwa per km2. Kota yang baru terbentuk pada 2001 ini sebelumnya merupakan bagian dari Kabupaten Lahat. 

Pagar Alam berjarak sekitar 298 kilometer dari ibu kota Provinsi Sumatra Selatan, Kota Palembang. Jarak cukup jauh lantaran kota ini lebih dekat dengan Provinsi Bengkulu. 

Lokasi kota ini berada di kaki Gunung Dempo, salah satu gunung tertinggi di Indonesia yang memiliki ketinggian 3.142 meter di atas permukaan laut (mdpl). 

9. Jayapura (Riau)

Kota ini mempunyai luas wilayah lebih dari 935 km2 dengan jumlah penduduk tercatat mencapai 362.998 jiwa menurut data BPS pada 2021. 

Tingkat kepadatan penduduk Jayapura yang juga ibu kota Provinsi Papua tersebut hanya 388 orang per km2. Hmm, pastinya masih tergolong sepi. 

Jayapura berdiri pada era penjajahan Hindia Belanda pada 1910. Dahulu, kota ini bernama Hollandia, lantas berubah ketika Indonesia merdeka. 

Baca Juga :  7 Keunggulan Investasi Properti di Surabaya. Gerbangkertosusila Menjanjikan Cuan

Kota ini berada di Teluk Jayapura dan berbatasan langsung dengan negara tetangga Papua Nugini. Indonesia memang berbagi pulau dengan negara ini. 

10. Tanjung Pinang (Kepulauan Riau)

Kota ini memiliki luas wilayah hingga 144 km dengan jumlah penduduk tercatat sebanyak 227.069 jiwa menurut data BPS pada 2021. 

Tingkat kepadatan penduduk ibu kota Provinsi Kepulauan Riau ini hanya 1.600 orang per km2. Mungkin sudah mulai padat ya.

Kepulauan Riau merupakan daerah hasil pemekaran wilayah Provinsi Riau pada 2002. Satu provinsi hasil pemekaran lainnya adalah Provinsi Bangka Belitung. 

Tanjung Pinang berada di Pulau Bintan, salah satu pulau terbesar di kawasan ini selain Batam. Kota Batam menjadi salah satu kota industri dan bisnis. 

kota sabang memiliki jumlah penduduk yang sedikit

Kota Sabang di Aceh. Sumber Foto: Sabangkota.go.id

Cerita Lain Soal Kota Tersepi di Indonesia 

Kalau ada kota dengan kepadatan penduduk yang jarang hingga masuk kategori sepi, maka ada kota terpadat di Indonesia

Jakarta Pusat menjadi kota dengan kepadatan penduduk paling tinggi di tanah air dengan rasio 18.569 orang per km2. Padat banget ya. 

Kota ini hanya memiliki luas 47 km2 dengan jumlah penduduk 889.448 jiwa menurut data BPS pada 2021. Luas wilayah kecil, tetapi penduduk banyak. 

Sementara itu, kota apa yang paling terbesar di Indonesia? Ternyata, Jakarta Timur menjadi pemenangnya dalam jumlah penduduk. 

Jakarta Timur menjadi kota terbesar di Indonesia dalam hal jumlah penduduk mengalahkan sederetan kota lain, bahkan Surabaya, Medan, atau Bandung.

Menurut data BPS pada 2020, Jakarta Timur memiliki jumlah penduduk mencapai 3 juta orang! Bayangkan jumlah penduduk sebanyak ini. 

Lantas bagaimana dengan kota terkaya di Indonesia? Laman Kumparan.com melansir Kota Kediri menempati posisi satu untuk kategori ini. 

Kota di Jawa Timur ini mempunyai PDRB (produk domestik regional bruto) per kapita (per orang) mencapai Rp457,98 juta pada 2020. 

Sebagai catatan, PDRB adalah nilai keseluruhan semua barang dan jasa yang diproduksi dalam suatu wilayah dalam suatu jangka waktu tertentu (biasanya satu tahun). 

PDRB atas dasar harga konstan menunjukkan nilai tambah barang dan jasa tersebut yang dihitung memakai harga yang berlaku dalam satu tahun tertentu sebagai tahun dasar.

Hmm, penjelasan soal PDRB ini mungkin masih sulit dimengerti bagi orang awam. Namun, PDRB memang menjadi acuan untuk mengklaim sebuah kota terkaya atau tidak.

Kota Paling Sepi di Dunia

Kalau ada kota paling sepi di Indonesia, mungkin kota tersepi di dunia. Hmm, seperti apa kondisinya. Apakah lebih sepi. 

Kota Buford dan Monowi (Amerika Serikat) serta Tomioka (Jepang) pernah memiliki satu orang penduduk saja. Wah, kok bisa ya?

Namun, kedua kota di AS ini memang berukuran kecil sekali. Kategori dan definisi kota di setiap negara tentunya berbeda-beda. 

Sementara Tomioka hanya memiliki satu orang penduduk lantaran ada bencana yang menimpa PLTN (pembangkit listrik tenaga nuklir) Fukushima akibat gempa dan tsunami pada 2011 silam. 

Seluruh penduduk kota memang pindah ke kawasan berjarak 20 km untuk menghindari kemungkinan bocornya limbah nuklir. 

Nah, itulah daftar kota tersepi di Indonesia. Mungkin kamu tertarik untuk pindah dan menetap di sini untuk mencari ketenangan dari hiruk pikuk kota besar. 

Panduan mengenai kota-kota ini tentunya diharapkan bisa memberikan insight bagi kamu yang ingin mengetahui kelebihan dan kekurangan sebuah kota. 

Situs Investasiproperti.id selalu menghadirkan konten yang menarik dan menghibur mengenai keunikan kota-kota di Indonesia. 

Share :

Baca Juga

Panduan Properti

13 Alasan Tinggal di Kediri. Kota Industri yang Dekat dengan Destinasi Wisata
kota metro termasuk kota dengan biaya hidup murah di indonesia

Panduan Properti

9 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia. Siapa yang Beruntung Tinggal di Sini?
kelebihan tinggal di kota surabaya

Panduan Properti

18 Kelebihan Tinggal di Surabaya. Metropolitan Terbesar Kedua di Indonesia
masjid menara kudus

Panduan Properti

15 Keuntungan Tinggal di Kudus. Punya Fasilitas Bulutangkis Kelas Dunia
apartemen dekat kampus di jakarta

Panduan Properti

Investasi Apartemen Dekat Kampus di Jakarta. Pastinya Menjanjikan Cuan
tinggal di palangka raya

Panduan Properti

14 Kelebihan Tinggal di Palangka Raya. Ibu Kota Provinsi Terluas di Indonesia
kelebihan tinggal di magelang

Panduan Properti

12 Kelebihan Tinggal di Magelang. Kota Kecil di Jawa Tengah yang Strategis 
keuntungan investasi properti di bekasi

Panduan Properti

7 Keunggulan Investasi Properti di Bekasi. Jumlah Pekerja Asing yang Banyak