Home / Panduan Properti

Jumat, 3 Mei 2024 - 08:00 WIB

10 Kota Terpadat di Indonesia. Luas Terbatas Tapi Jumlah Penduduk Banyak

Kota Bekasi. Sumber Foto: Radarbekasi.id/Summarecon Bekasi

Kota Bekasi. Sumber Foto: Radarbekasi.id/Summarecon Bekasi

Yuk, cari tahu sejumlah kota terpadat di Indonesia yang memiliki luas wilayah terbatas dengan jumlah penduduk yang sangat banyak. 

Bagi kamu yang tinggal di Jakarta atau kota besar lainnya, pasti merasakan betapa penuh sesaknya kota tempat tinggal. 

Bayangkan kalau penduduk dalam jumlah banyak tinggal dalam kawasan yang sama dan luasnya terbatas. Sepertinya bertemu lu lagi, lu lagi. 

Kalau sebelumnya, sudah ada ulasan mengenai kota terbesar di Indonesia dengan melihat jumlah penduduk.

Saatnya membahas kota terpadat dari sisi jumlah penduduk dan luas wilayah di tanah air. Siapa tahu kota tempat tinggal kamu masuk daftar.

Hal ini tentu berbanding terbalik dengan kota terluas di Indonesia, kawasan yang lapang dengan jumlah penduduk yang biasanya sedikit. 

Situs Investasiproperti.id akan membahas daftar kota yang memiliki jumlah penduduk banyak, tetapi dengan luas terbatas. 

Investasiproperti.id mengutip dari berbagai sumber media online seperti CNNIndonesia.com, Detik.com, Liputan6.com, dan masih banyak lagi. 

kota terpadat di indonesia

Kota Cimahi. Sumber Foto: Humas Pemkot Cimahi/Suara.com

Daftar Kota Terpadat di Indonesia dari Luas Wilayah dan Jumlah Penduduk

1. Jakarta Pusat (Jakarta)

Kota administrasi ini memiliki luas 47,90 kilometer persegi (km2) dengan jumlah penduduk sekitar 889.448 jiwa, sehingga memiliki kepadatan 18.569 per kilometer persegi (per km2). 

Dalam daftar sepuluh besar, semua kota administrasi di Jakarta masuk ke dalamnya, tentunya hal yang tidak mengherankan. 

Apalagi Jakarta memang menjadi provinsi terpadat di Indonesia dengan rasio 15.978 orang per km2 menurut data laman berita online Katadata.co.id. 

2. Jakarta Barat (Jakarta)

Kota administrasi ini tentunya masuk ke dalam daftar 10 kota terbesar di Indonesia dari sudut penduduk terbanyak. 

Jakarta Barat mempunyai luas wilayah 126,15 km2 dengan jumlah penduduk 2.093.013 jiwa dengan kepadatan penduduk 16.591 per km2. 

Kalau Jakarta Pusat dan Jakarta Barat masuk daftar tentu wajar lantaran kedua wilayah ini memiliki kecamatan dan kelurahan terpadat di Indonesia, satu rumah bisa ditempati 3-4 keluarga.

3. Jakarta Selatan (Jakarta)

Posisi ketiga ditempati oleh Jaksel alias Jakarta Selatan yang juga termasuk 20 kota terbesar di Indonesia dalam jumlah penduduk. 

Jakarta Selatan memiliki luas 145,73 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 2.001.353 sehingga memiliki kepadatan 13.733 orang per km2. 

Salah satu kelurahan di kota administrasi ini yaitu Manggarai Selatan dikenal padat penduduk dan rawan tawuran warga. 

Baca Juga :  12 Kelebihan Tinggal di Serang. Ibu Kota Provinsi Banten yang Seolah Terlupakan

4. Bandung (Jawa Barat)

Ibu kota Provinsi Jawa Barat ini memiliki luas hanya 167,30 km2 dengan jumlah penduduk mencapai 2.288.570 jiwa, sehingga kepadatan penduduk adalah 13.679 orang per km2. 

Kota Bandung juga memiliki kawasan penyangga seperti Kota Cimahi, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Bandung Barat sehingga populasinya banyak. 

Tidak ketinggalan, Jawa Barat merupakan salah satu provinsi dengan populasi terbanyak di Indonesia. Penduduknya mencapai 48,2 juta jiwa menurut data BPS (Badan Pusat Statistik) pada 2020.

5. Cimahi (Jawa Barat)

Kota ini memiliki luas hanya 40,36 km2, tetapi dengan penduduk yang mencapai 546.879 jiwa sehingga kepadatan penduduk yaitu 13.549 orang per km2. 

Cimahi sempat menjadi bagian dari Kabupaten Bandung, tetapi kemudian dipisahkan sejak 1976, lantas menjadi kota otonom pada 2001. 

Sejak 1990, pertumbuhan kota ini memang pesat apalagi lokasinya memang berbatasan langsung dengan Bandung. 

kota paling padat di indonesia

Kota Yogyakarta. Sumber Foto: Indonesia-tourism.com

6. Yogyakarta (Daerah Istimewa Yogyakarta)

Yogyakarta hanya memiliki luas sekitar 32,50 km2, sementara penduduknya mencapai 433.539 jiwa sehingga kepadatan mencapai 13.340 orang per km2. 

Selain laju pertumbuhan penduduk, Kota Yogyakarta juga menjadi kota tujuan pendidikan alias kota pelajar karena banyaknya perguruan tinggi negeri dan swasta. 

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta juga tergolong daerah tingkat satu yang tidak terlalu luas wilayahnya di Pulau Jawa. 

7. Jakarta Timur (Jakarta)

Salah satu kota administrasi di Jakarta yang masuk daftar dalam kota terpadat di Indonesia dengan kepadatan 12.737 orang per km2. 

Kebetulan luas Jakarta Timur hanya 187,73 km2, sementara jumlah penduduknya memang banyak yang mencapai 2.391.166 orang. 

Banyaknya jumlah pendatang dari daerah lain terutama provinsi lain di Jawa ke Jakarta menjadikan setiap tempat di kota ini penuh sesak. 

8. Surakarta (Jawa Tengah)

Kota ini hanya memiliki luas 44,03 km2, sementara penduduknya sudah mencapai 506.397 jiwa sehingga kepadatan mencapai 11.501 orang per km2. 

Jumlah penduduk kota ini memang relatif tidak banyak, tetapi luas wilayah yang memang kecil menjadikan kota ini padat. 

Meski begitu, kota yang lebih dikenal dengan nama Kota Solo ini masih diakui sebagai salah satu kota yang nyaman untuk tempat tinggal. 

9. Jakarta Utara (Jakarta)

Seluruh kota administrasi di Jakarta masuk daftar kota terpadat di tanah air, kecuali tentunya Kabupaten Kepulauan Seribu. 

Baca Juga :  6 Cara Menjadi Agen Properti yang Baik. Pastikan Punya Izin dan Tergabung dalam Asosiasi

Kota ini memiliki luas 142,30 km2, tetapi jumlah penduduknya sudah mencapai 1.445.623 jiwa sehingga kepadatan tercatat mencapai 10.159 orang per km2. 

Jika ada 30 kota terbesar di indonesia dalam jumlah penduduk, tentunya Jakarta Utara memang masuk daftar. 

10. Bekasi (Jawa Barat)

Posisi terakhir ditempati oleh Bekasi, kota industri dan bisnis yang juga menjadi kawasan penyangga Jakarta. Kota ini memiliki banyak kawasan industri.

Kota ini memiliki luas mencapai 210,49 km2 dengan jumlah penduduk mencapai 1.993.478 jiwa sehingga kepadatan mencapai 9.471 orang per km2. 

Menurut sejumlah data, penduduk Kota Bekasi sudah tergolong banyak sehingga bisa masuk ke dalam kota terbesar ke-3 di Indonesia.

kota dengan jumlah kepadatan penduduk terbesar di indonesia

Kota Solo. Sumber Foto: Adjar.grid.id/Unsplash

Pertanyaan Seputar Kota Terpadat di Indonesia dan Dunia

Apa kota terbesar nomor 1 di Indonesia? Tentu saja Jakarta tentunya kalau menggabungkan semua penduduk di kota administrasi. 

BPS melansir kalau jumlah penduduk Jakarta sudah mencapai 10,6 juta jiwa pada 2021, meski data lain yang menyatakan lebih banyak.

Tidak ada kota lain yang memiliki kepadatan seperti ini di tanah air, bahkan Kota Surabaya tidak masuk daftar di atas ya, lantas apakah Jakarta termasuk kota terpadat di dunia?

Tentu saja, Jakarta berada di nomor delapan kota dengan jumlah penduduk terpadat di planet ini. Wah, ternyata masuk level dunia ya.

Lantas apa nama kota terpadat di dunia? Sudah tentu masih ditempati oleh Tokyo, ibu kota Jepang yang memiliki penduduk 37,2 juta jiwa pada 2022. 

Nah, itulah ulasan singkat mengenai daftar sejumlah kota terpadat di Indonesia, mungkin kamu tinggal di salah satu kota ini. 

Pembahasan terkait kota memang ditujukan agar memberikan panduan, rekomendasi, atau insight bagi kamu yang berencana pindah tempat tinggal.

Kalau ada kota dengan tingkat kepadatan penduduk yang sangat tinggi, tentu ada sebaliknya, kota yang tergolong sepi di Indonesia. Tentunya berbanding terbalik.

Wilayah luas, tetapi penduduk terbilang sedikit. Sejumlah kota tersebut memiliki luas wilayah, bahkan lebih luas dari Jakarta.

Tidak ketinggalan, ada ulasan mengenai kota dengan jumlah penduduk terkecil di Indonesia. Bahkan, jumlah penduduk lebih kecil dari salah satu kecamatan di Jakarta.

Hal ini tentu tidak mengherankan apalagi mengingat penyebaran penduduk Indonesia memang tidak merata lantaran terkonsentrasi di Pulau Jawa yang merupakan pulau terbesar.

Situs Investasi Properti selalu menyajikan konten menarik mengenai gaya hidup, panduan kawasan, desain interior, hingga arsitektur. 

Share :

Baca Juga

jembatan di batam

Panduan Properti

13 Alasan Tinggal di Batam. Dekat dengan Malaysia dan Singapura
soho collins boulevard

Panduan Properti

Mengenal Apa Itu SOHO. Investor Properti Harus Tahu Potensinya
suhu di kota bima yang selalu panas

Panduan Properti

10 Kota Terpanas di Indonesia. Apakah Kamu Tinggal di Sini?
administrasi pergudangan

Panduan Properti

Mengenal Pergudangan Modern. Potensi Besar Terkait Jumlah Penduduk Indonesia
investasi properti di kota yogyakarta

Panduan Properti

5 Kelebihan Investasi Properti di Yogyakarta. Dapat Cuan dari Anak Kos dan Wisatawan
daftar bandara terbesar di indonesia

Panduan Properti

11 Bandara Terbesar di Indonesia. Kamu Pernah Mendarat di Mana Saja?
infrastruktur di cikarang

Panduan Properti

12 Keunggulan Tinggal di Cikarang. Kota Industri dengan UMK yang Tinggi 
kelebihan tinggal di kota surabaya

Panduan Properti

18 Kelebihan Tinggal di Surabaya. Metropolitan Terbesar Kedua di Indonesia