Home / Panduan Properti

Senin, 3 Juni 2024 - 10:00 WIB

10 Kota Termiskin di Indonesia. Didominasi Kota yang Berada di Indonesia Timur

Kota Sorong di Papua Barat Daya. Sumber Foto: Dpmptsp.sorongkota.go.id

Kota Sorong di Papua Barat Daya. Sumber Foto: Dpmptsp.sorongkota.go.id

Simak daftar sejumlah kota termiskin di Indonesia yang didominasi kota-kota yang berada di kawasan timur. Apakah tempat tinggal kamu masuk?

Badan Pusat Statistik (BPS) rutin merilis mengenai hasil survei mengenai tingkat kemiskinan dan kekayaan suatu daerah di Indonesia. 

Lembaga pemerintah ini juga membuat riset terkait berbagai data statistik dasar yang digunakan untuk pembangunan nasional. 

Data tersebut digunakan untuk menyajikan fakta misalnya kota terkaya di Indonesia. Sejumlah kota besar dan industri masuk di dalam daftar. 

Saat menentukan tingkat kekayaan atau kemiskinan, PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) menjadi salah satu indikator penting. 

PDRB adalah jumlah nilai tambah bruto yang muncul dari seluruh sektor perekonomian di daerah tersebut. 

Tentunya, kamu awam mengenai hal ini tetapi memang harus tahu apa yang menjadi patokan untuk menentukan sebuah kota atau kabupaten ini tergolong kere.

Selain itu, BPS juga memberikan data berupa persentase jumlah orang miskin atau kaya di sebuah kota atau kabupaten di tanah air. 

Misalnya, apa nama kota termiskin di Sumatera Utara, maka Kota Padang Sidempuan bisa termasuk di dalamnya. 

Padang Sidempuan menjadi salah satu dari empat kota termiskin di provinsi ini lantaran PDRB per kapita hanya sekitar Rp31,9 juta pada 2022.

Sementara Medan yang menjadi ibu kota provinsi juga bisa masuk kalau indikatornya adalah persentase dari jumlah total penduduk. 

Jumlah penduduk miskin di Kota Medan mencapai 187 ribu orang dari total 2,4 juta penduduk menurut data BPS pada 2022. 

Situs Investasiproperti.id akan membahas daftar sejumlah kota di tanah air yang tergolong miskin dengan menghitung persentasenya dari total jumlah penduduk. 

Investasiproperti.id juga mengutip dari sejumlah sumber media online lainnya seperti Kompas.com, CNBCIndonesia.com, CNNIndonesia.com, Republika.co.id, dan masih banyak lagi. 

kota paling miskin di jawa

Kota Sumenep di Pulau Madura, Jawa Timur. Sumber Foto: Sumenep.jatimnetwork.com

Daftar Kota Termiskin di Indonesia 

1. Sorong (Papua Barat Daya)

Jumlah orang miskin di kota ini pada 2021 adalah 27,78%, sementara pada 2022 adalah 27,58%. Persentasenya paling tinggi di Indonesia. 

Total jumlah penduduk Sorong adalah 295 ribu menurut data BPS pada 2022. Kota ini adalah ibu kota Provinsi Papua Barat Daya, hasil pemekaran dari Provinsi Papua Barat pada 2022. 

Sorong juga termasuk salah satu kota terluas di Indonesia dari segi wilayah dengan luas mencapai 1.015 km2. Bandingkan dengan luas Jakarta yang hanya 661 km2.  

2. Nabire (Papua Tengah)

Persentase orang miskin di kota ini mencapai 23,83% pada 2021, sementara pada 2022 mencapai 23,90%. Ada sedikit kenaikan. 

Nabire adalah ibu kota Provinsi Papua Tengah, daerah hasil pemekaran dari Provinsi Papua yang menjadi wilayah induk pada 2022. 

Kota ini dekat dengan Gunung Puncak Jaya, gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 4.883 meter di atas permukaan laut (mdpl). 

3. Ende (Nusa Tenggara Timur)

Jumlah persentase orang miskin di kota tersebut mencapai 24,13% pada tahun 2021, lantas menurun menjadi 23,00% pada 2022. 

Ende merupakan ibu kota Kabupaten Ende, NTT. Kota ini berada di Pulau Flores, salah satu pulau terbesar di gugusan Kepulauan Sunda Kecil. 

Baca Juga :  13 Kelebihan Tinggal di Balikpapan. Kota Industri yang Dekat dengan IKN

Kota ini berjarak kurang lebih 257 km dari Ruteng, salah satu kota terdingin di Indonesia yang berada di Kabupaten Manggarai. 

4. Kupang (Nusa Tenggara Timur)

Jumlah persentase penduduk yang tergolong miskin di kota ini mencapai 22,98% pada 2021, lantas angkanya menurun menjadi 21,70% pada 2022. 

Kupang berada di Pulau Timor yang berbagi wilayah dengan negara tetangga Timor Leste. Kupang adalah ibu kota provinsi NTT. 

Luas wilayah kota ini adalah 152 km2 dengan jumlah penduduk hanya 443 ribu orang menurut data BPS pada 2022.

5. Kota Tual (Maluku)

Jumlah persentase orang yang termasuk fakir miskin di kota ini kurang lebih 23,26% pada 2021, lantas menurun hingga 20,56% pada 2022. 

Kota Tual menjadi daerah otonom sejak 2007. Sebelumnya, daerah ini sempat menjadi bagian dari Kabupaten Maluku Tenggara. 

Wilayah ini berada di gugusan Kepulauan Kei, salah satu kepulauan di Provinsi Maluku yang berada di tenggara. Posisinya di antara Pulau Papua dan Pulau Timor (Nusa Tenggara Timur).

manokwari menjadi salah satu kota paling miskin di indonesia

Kota Manokwari di Papua Barat. Sumber Foto: Westpapuadairy.com

6. Manokwari (Papua Barat)

Jumlah persentase masyarakat yang termasuk miskin di kota ini mencapai 20,56% pada 2021, sementara jumlahnya menurun menjadi 19,90% pada 2022. 

Sejumlah kota di Papua yang merupakan pulau terbesar di Indonesia memang masuk kategori miskin, dibandingkan kawasan lain di tanah air. 

Manokwari merupakan ibu kota Provinsi Papua Barat, provinsi yang terbentuk pada 1999 lalu. Salah satu dari ibu kota provinsi yang belum berstatus otonom. 

7. Sumenep (Jawa Timur)

Salah satu kota termiskin di Jawa Timur dengan persentase jumlah orang miskin mencapai 20,51% pada 2021, lantas menurun menjadi 18,76% pada 2022. 

Kota Sumenep adalah ibu kota Kabupaten Sumenep dan berada di Pulau Madura. Pulau ini memang diproyeksikan menjadi provinsi baru. 

Jumlah penduduk kota ini hanya sekitar 75 ribu jiwa menurut data BPS pada 2022 dan luas wilayah ini hanya 28 km2, tetapi tidak masuk ke kota terkecil di Indonesia. 

8. Gorontalo (Gorontalo)

Jumlah masyarakat yang termasuk miskin di kota ini mencapai 17,89% pada 2021, lantas menurun sedikit menjadi 17,71% pada 2022. 

Gorontalo adalah ibu kota provinsi bernama sama, hasil pemekaran Provinsi Sulawesi Utara pada 2000. Jumlah penduduk kota ini hanya sekitar 223 ribu jiwa menurut data BPS pada 2022.

Sebenarnya, Gorontalo termasuk kota tertua di Indonesia lantaran sudah berdiri sejak 2 Maret 1100. Namun, tidak mudah melacak jejak sejarah setiap kota.

9. Probolinggo (Jawa Timur)

Salah satu kota termiskin di Pulau Jawa dengan jumlah persentase orang kere mencapai 18,91% pada 2021 dan 17,12% pada 2022. 

Probolinggo merupakan kota dengan jumlah penduduk terbanyak keempat di Jawa Timur. Kota ini berjarak 100 km arah tenggara dari Surabaya yang menjadi ibu kota provinsi. 

By the way, Probolinggo menjadi salah satu kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia sebesar Rp3,29 juta menurut survei biaya hidup BPS pada 2018.

Baca Juga :  5 Kelebihan Investasi Properti di Yogyakarta. Dapat Cuan dari Anak Kos dan Wisatawan

10. Kota Subulussalam (Aceh)

Jumlah persentase orang miskin di kota ini mencapai 17,65% pada 2021, lantas menurun sedikit menjadi 16,94% pada 2022. 

Subulussalam merupakan kota yang memiliki banyak rekor mulai dari luas wilayah, jumlah penduduk, hingga tingkat kepadatan sehingga menjadi kota tersepi di Indonesia.

Sebenarnya, kota ini baru berdiri pada 2 Januari 2007 dan merupakan hasil pemekaran Kabupaten Aceh Singkil, sekaligus menjadi salah satu kota termuda di Indonesia

daftar kota paling melarat di indonesia

Kota Gorontalo di Provinsi Gorontalo. Sumber Foto: Gorontalo.tribunnews.com/Wawan Akuba

Cerita Lain Mengenai Kota Termiskin di Indonesia

Selain kisah kota dengan jumlah persentase penduduk miskin terbanyak di tanah air, ada banyak hal terkait kemiskinan.

Jika ada kota paling kere, lantas apa kabupaten termiskin di Indonesia? Ternyata, Kabupaten Intan Jaya yang berada di Papua Tengah. 

Persentase jumlah orang miskin di kabupaten yang masuk ke dalam provinsi baru hasil pemekaran itu pada 2022 mencapai 42,03%!

Sementara kalau kamu ingin tahu apa kabupaten termiskin di Jawa Barat, maka Kabupaten Indramayu menempati posisi pertama dengan persentase 12,77%. 

Mungkin kamu ingin tahu provinsi apa yang paling termiskin di Indonesia? Maka jawabannya adalah Provinsi Papua. 

Menurut data BPS, tingkat kemiskinan di provinsi ini mencapai 26,80% dari jumlah total penduduk. Persentasenya lebih tinggi dari provinsi lain. 

Lantas benarkah Jawa Tengah provinsi termiskin di Indonesia, setidaknya provinsi ini memang hanya menjadi provinsi paling kere kedua di Jawa. 

Jumlah penduduk miskin di provinsi yang beribu kota di Kota Semarang ini mencapai 3,8 juta jiwa atau setara dengan 10,98%. 

Kalau provinsi termiskin di Pulau Jawa pada 2023 adalah Daerah Istimewa Yogyakarta. Provinsi yang memiliki sejumlah keistimewaan termasuk kepemilikan tanah oleh Sultan

Jumlah penduduk miskin di provinsi ini mencapai 448.470 jiwa atau persentasenya kurang lebih setara 11,04%. Secara persentase, provinsi ini dianggap paling miskin. 

Mengenal Provinsi Termiskin di Indonesia

BPS pernah melansir 10 provinsi termiskin di Indonesia pada 2023 berikut persentase orang miskin  yaitu Papua (26,80%), Papua Barat (21,43%), dan Nusa Tenggara Timur (20,23%).

Lantas diikuti oleh Maluku (16,23%), Gorontalo (15,51%), Aceh (14,75%), Bengkulu (14,34%), dan Nusa Tenggara Barat (13,82%).

Hmm, bagaimana dengan provinsi terkaya di Indonesia. Kalau indikatornya adalah pendapatan APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) maka Jakarta menjadi pemenangnya. 

Provinsi dengan lima kota dan satu kabupaten ini memiliki APBD 2022 yang mencapai Rp77,45 triliun. Wow, jumlah yang luar biasa besar ya. 

Sebelumnya, ada ulasan mengenai kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia. Kamu perlu merogoh kantong lebih dalam untuk tinggal di kota ini.

Ulasan ini tentunya diharapkan bisa memberikan panduan dan insight kepada kamu yang berencana pindah ke sebuah kota, termasuk untuk bekerja dan memulai bisnis. 

Hal ini tentu menjadi pertimbangan apakah kota ini sudah berkembang atau memang perlu waktu untuk menjadi lebih besar.

Situs Investasiproperti.id selalu menyajikan konten mengenai rekomendasi atau panduan mengenai sebuah kota untuk end user dan investor.

Share :

Baca Juga

jembatan di batam

Panduan Properti

13 Alasan Tinggal di Batam. Dekat dengan Malaysia dan Singapura
suasana kota tua di cirebon

Panduan Properti

13 Keuntungan Tinggal di Cirebon. Lokasi Strategis di Pantai Utara Jawa
potret pelabuhan merak

Panduan Properti

Mengenal Pelabuhan Merak. Info Lengkap Soal Harga Tiket Penumpang dan Kendaraan
suhu di kota bima yang selalu panas

Panduan Properti

10 Kota Terpanas di Indonesia. Apakah Kamu Tinggal di Sini?
suasana kota mataram lombok

Panduan Properti

15 Alasan Tinggal di Lombok. Pulau Seribu Masjid yang Penuh Pesona
pondok indah jakarta selatan

Panduan Properti

3 Alasan Kenapa Rumah di Pondok Indah Mahal? Cuma Pejabat dan Konglomerat yang Sanggup Beli 
biaya hidup di kota jakarta

Panduan Properti

10 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Indonesia. Harus Hidup Frugal atau Cari Penghasilan Tambahan?
rumah mewah di menteng

Panduan Properti

4 Alasan Kenapa Rumah di Menteng Mahal? Sobat Misqueen Silakan Menangis