Home / Gaya Hidup

Kamis, 12 Oktober 2023 - 13:00 WIB

20 Gunung Tertinggi di Indonesia. Kamu Pernah Mendaki Gunung yang Mana Saja?

Gunung Kerinci di Sumatra Barat dan Jambi. Sumber Foto: Disbudpar.jambiprov.go.id

Gunung Kerinci di Sumatra Barat dan Jambi. Sumber Foto: Disbudpar.jambiprov.go.id

Simak daftar gunung tertinggi di Indonesia. Negara ini memang mempunyai gunung berapi aktif dalam jumlah yang banyak. 

Jika kamu diminta sebutkan 5 gunung tertinggi di Indonesia dan di mana tempatnya? Apakah kamu menyebutkannya secara tepat. 

Hmm, bisa jadi tidak. Apalagi pengetahuan masyarakat Indonesia mengenai geografi dan waspada bencana masih kurang. 

Padahal, negara ini berada di Ring of Fire alias kawasan cincin api sepanjang 40 ribu km dengan jumlah gunung berapi yang mencapai dua per tiga. 

Hal ini penting mengingat nyaris seluruh wilayah Indonesia memang rawan bencana terkait letusan gunung berapi dan gempa bumi. 

Mungkin hanya Kalimantan yang relatif lebih aman dari bencana di atas sehingga tidak heran kenapa Kalimantan tidak ada gempa

Kompas.com pernah melansir bahwa Indonesia memiliki setidaknya 400 gunung berapi, 100 gunung di antaranya masih aktif. 

Untuk mengukur ketinggian gunung digunakan satuan mdpl. Apa yang dimaksud dengan mdpl? Mdpl adalah meter di atas permukaan laut. 

Istilah tersebut dipakai untuk menjelaskan ketinggian suatu tempat dari permukaan laut. Satuannya dalam meter. 

Situs Investasiproperti.id akan membahas daftar gunung yang paling tinggi di antara yang lain di seluruh nusantara. 

Investasiproperti.id merangkum dari berbagai sumber media online seperti Kompas.com, CNNIndonesia.com, CNBCIndonesia.com, dan masih banyak lagi. 

gunung tertinggi di indonesia

Puncak Jaya di Papua. Sumber Foto: Puncakjayakab.go.id

Daftar Gunung Tertinggi di Indonesia

1. Puncak Jaya (Papua)

Apa gunung tertinggi nomor satu di Indonesia? Pastinya, Gunung Puncak Jaya atau Carstensz Pyramid dengan ketinggian 4.884 mdpl.

Gunung Puncak Jaya menjadi gunung tertinggi yang ada di sebuah pulau. Nama Carstensz didapatkan dari Jan Carstenszoon, orang Belanda yang menemukannya pada 1623. 

2. Puncak Mandala (Papua Pegunungan)

Papua memiliki gunung tertinggi di Indonesia lainnya yaitu Puncak Mandala dengan ketinggian 4.760 mdpl. Sebelumnya, gunung ini bernama Puncak Juliana pada masa penjajahan Belanda.

Mandala merupakan salah satu titik tertinggi di Pegunungan Jayawijaya. Pegunungan ini menjadi hulu Sungai Mamberamo, salah satu sungai terpanjang di Indonesia

3. Puncak Trikora (Papua Pegunungan)

Gunung ini memiliki ketinggian 4.751 mdpl dan masuk ke wilayah provinsi baru hasil dari pemekaran Provinsi Papua pada Juni 2022. 

Puncak Trikora termasuk dalam Pegunungan Jayawijaya. Papua yang menjadi pulau terbesar di Indonesia memiliki banyak gunung tinggi.  

4. Gunung Ngga Pilimsit (Papua)

Ngga Pilimsit berada di Pegunungan Maoke dan memiliki ketinggian 4.717 mdpl. Berada tidak jauh dari Puncak Jaya, gunung paling tinggi di tanah air. 

Dahulu, namanya adalah Gunung Idenburg yang berasal dari nama Gubernur Jenderal Hindia Belanda periode 1909-1916, Alexander Idenburg.

5. Gunung Kerinci (Sumatra Barat dan Jambi)

Apa nama gunung tertinggi di Indonesia yang berada di Pulau Sumatra, tentu saja Gunung Kerinci yang memiliki ketinggian 3.805 mdpl. 

Kerinci yang berada di antara dua provinsi juga menjadi gunung berapi paling tinggi di Indonesia. Gunung ini meletus terakhir kali pada 2022. 

6. Gunung Rinjani (Nusa Tenggara Barat)

Rinjani memiliki ketinggian 3.726 mdpl sekaligus menjadikannya gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia. Gunung ini mempunyai kaldera atau lubang besar.

Baca Juga :  Beam Mobility Dukung Sustainable Lifestyle. Targetkan Melayani Lebih Banyak Konsumen

Kaldera ini berisi danau bernama Segara Anak atau Anak Laut lantaran warnanya biru seperti laut. Salah satu dari gunung yang memiliki danau di Indonesia. 

7. Gunung Semeru (Jawa Timur)

Semeru menjadi gunung tertinggi di Jawa dengan ketinggian 3.676 mdpl dan merupakan bagian dari Pegunungan Tengger. 

Nama lain gunung ini adalah Mahameru dan menjadi salah satu destinasi pendakian yang popular. Jarak gunung ini ke Kota Malang hanya sekitar 35,5 km.

8. Gunung Sanggar (Nusa Tenggara Barat)

Sanggar memang kalah terkenal dengan Gunung Rinjani yang berada di kawasan yang sama. Gunung ini memiliki ketinggian 3.492 mdpl. 

Kawasan pegunungan ini menjadi salah satu destinasi wisata alam di Pulau Lombok yang juga terkenal dengan keindahan pantainya.

9. Gunung Latimojong (Sulawesi Selatan)

Latimojong menjadi gunung tertinggi di Sulawesi dengan ketinggian 3.478 mdpl, meski ada yang mengatakan Gunung Rantekombola yang tertinggi. 

Masyarakat setempat menamakan puncak gunung ini dengan nama Rantemario. Jarak Kota Makassar dengan Baraka, kota terdekat dari gunung ini sekitar 255 km. 

10. Gunung Leuser (Aceh)

Leuser juga masuk deretan gunung paling tinggi di tanah air dengan ketinggian 3.466 mdpl. Gunung ini merupakan bagian dari Pegunungan Leuser. 

Pegunungan ini mempunyai tiga puncak yaitu Tanpa Nama, Loser, dan Leuser. Sebenarnya, Leuser malah lebih pendek dari dua puncak lainnya. 

gunung rinjani termasuk gunung paling tinggi di indonesia

Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat. Sumber Foto: Rinjaninationalpark.com

11. Gunung Rantekombola (Sulawesi Selatan)

Rantekombola memiliki ketinggian sekitar 3.455 mdpl dan menjadi gunung tertinggi kedua di Sulawesi. Nama lain gunung ini adalah Bulu Rantekombola. 

Namun, ada yang menganggap gunung ini sebagai gunung tertinggi di Sulawesi dibandingkan Gunung Latimojong. Kedua gunung tersebut berdekatan.

12. Gunung Slamet (Jawa Tengah)

Slamet masuk ke dalam urutan gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.432 mdpl. Kota Purwokerto berada di kaki gunung Slamet.

Kawasan gunung ini tergolong memiliki temperatur paling dingin di Jawa dan rata-rata curah paling tinggi di Indonesia. Gunung berapi ini tergolong aktif.

13. Gunung Sumbing (Jawa Tengah)

Sumbing memiliki ketinggian mencapai 3.371 mdpl dan berlokasi di tiga kabupaten yaitu Temanggung, Wonosobo, dan Magelang. 

Letak Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro seolah menjadikannya gunung kembar seperti Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. 

14. Gunung Arjuno (Jawa Timur)

Arjuno mempunyai ketinggian sekitar 3.339 mdpl. Gunung ini berdekatan dengan Gunung Welirang, Kembar I, dan Kembar II. 

Lokasi gunung ini berada di antara Kota Batu, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Pasuruan. Ada sejumlah kawasan wisata di sekitarnya.

15. Gunung Raung (Jawa Timur)

Raung menjadi gunung tertinggi ketiga di Jawa dengan ketinggian 3.344 mdpl dan berlokasi di tiga kabupaten yaitu Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember. 

Kaldera gunung ini tergolong kering dan terbesar kedua di Indonesia setelah Gunung Tambora di Pulau Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Baca Juga :  Teras Oceanarium by Plataran Hadir di Bintaro Jaya XChange Mall 2. Sajikan Menu Indonesia, Asia, dan Western 

16. Gunung Merbabu (Jawa Tengah)

Merbabu yang memiliki ketinggian 3.145 mdpl ini berada di tiga wilayah yaitu Kabupaten Semarang, Kabupaten Magelang, dan Kabupaten Boyolali. 

Letak Gunung Merbabu dan Gunung Merapi ini seolah gunung kembar seperti juga lokasi Gunung Sumbing dan Gunung Sindoro. 

17. Gunung Sindoro (Jawa Tengah)

Sindoro mempunyai ketinggian sekitar 3.136 mdpl. Lokasi gunung ini berada di Kabupaten Temanggung. Nama lain gunung ini adalah Sundoro atau Sindara. 

Lokasi Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing memang berdekatan, mirip dengan letak Gunung Merbabu dan Gunung Merapi

18. Gunung Agung (Bali)

Ketinggian gunung ini mencapai 3.142 mdpl dan berlokasi di Kabupaten Karangasem. Ada Pura Besakih yang berada di lereng gunung. 

Kawah gunung ini tergolong besar dan dalam tergolong stratovulkan, meski pada satu sisi puncak gunung ini seperti kerucut sempurna.

19. Gunung Dempo (Sumatra Selatan)

Dempo memiliki ketinggian 3.142 mdpl. Lokasi gunung ini dekat Pagar Alam, salah satu kota terluas di Indonesia secara wilayah. 

Dalam puncak gunung ini ditemukan tujuh kawah dan terdapat danau seluas 400 m2. Dempo masih tergolong gunung api yang aktif. 

20. Gunung Cereme (Jawa Barat)

Cereme, Ciremai, atau Ciremay memiliki ketinggian 3.078 mdpl. Gunung ini berada tidak jauh dari Kota Cirebon, salah satu kota di Pantai Utara Jawa. 

Ternyata, Gunung ini mengalami penggundulan hutan yang cukup parah, meski sebenarnya hal ini terjadi pada banyak gunung di Jawa. 

gunung semeru menjadi gunung tertinggi di jawa

Gunung Semeru di Jawa Timur. Sumber Foto: Ugm.ac.id

Cerita Lain Mengenai Gunung Tertinggi di Indonesia 

Kalau mengulas 10 atau 20 gunung tertinggi di Indonesia, mayoritas gunung memang berada di Pulau Sumatra, Jawa, Nusa Tenggara, dan Papua. 

Kebetulan, semua pulau tersebut masuk ke dalam rangkain Ring of Fire alias Cincin Api Pasifik yang membentang jauh dari Indonesia hingga Amerika Selatan. 

Kalau Puncak Jaya di Papua menjadi gunung tertinggi di Indonesia, maka gunung tertinggi di dunia adalah Gunung Everest. 

Everest yang berada di perbatasan dua negara yaitu Nepal dan Tibet memiliki ketinggian mencapai 8.848 mdpl. 

Lantas ada juga yang disebut sebagai 7 puncak tertinggi di dunia yaitu tujuh gunung paling tinggi di planet ini. Gunung ini berada di tujuh benua berbeda. 

Gunung tersebut adalah Gunung Everest (Asia) dengan tinggi 8.848 mdpl, Gunung Aconcagua (Amerika Selatan) setinggi 6.961 mdpl. 

Lantas Gunung Denali (Amerika Utara) dengan ketinggian mencapai 6.194 mdpl, Gunung Kilimanjaro (Afrika) setinggi 5.895 mdpl. 

Disusul Gunung Elbrus (Eropa) yang memiliki tinggi 5.642 mdpl, Gunung Vinson (Antartika) dengan tinggi 4.892 mdpl, dan Puncak Jaya (Australia) dengan tinggi 4.884 mdpl. 

Nah, inilah ulasan mengenai gunung tertinggi di Indonesia. Mungkin kamu pernah mendaki salah satu gunung tersebut. 

Sebelumnya, Investasiproperti.id pernah membahas danau terbesar di Indonesia. Banyak danau terbentuk karena letusan gunung berapi atau pergeseran lempeng tektonik. 

Ulasan mengenai hal ini tentu bisa menjadi masukan bagi kamu saat tinggal di sebuah kawasan dekat gunung berapi, apalagi Indonesia memang rawan bencana dalam berbagai bentuk.

Situs Investasiproperti.id selalu menyajikan konten menarik dan unik mengenai daerah, kota, provinsi, atau pulau di Indonesia. 

Share :

Baca Juga

teras by plataran di bintaro xchange mall 2

Gaya Hidup

Teras Oceanarium by Plataran Hadir di Bintaro Jaya XChange Mall 2. Sajikan Menu Indonesia, Asia, dan Western 
gelar wicara coda 2023

Gaya Hidup

Gelar Wicara CODA 2023 tentang Desain Grafis dan Arsitektur. Membedah Cerita dan Menemukan Identitas
belanja hemat secara online di ikea

Gaya Hidup

Belanja Hemat Akhir Tahun di IKEA Secara Online. Konsumen Bisa Beli Produk Melalui Situs dan Aplikasi
sepeda listrik beam mobility jadi gaya hidup

Gaya Hidup

Beam Mobility Tawarkan Gaya Hidup Baru yang Berkelanjutan. Masyarakat Bisa Menikmati Berbagi Kendaraan Listrik
Bank Danamon Berikan Solusi Keuangan di IIMS 2024

Gaya Hidup

Bank Danamon Berikan Solusi Keuangan di IIMS 2024. Nasabah Bebas dari Galau Finansial
ikea year end sale 2023 untuk 1500 produk

Gaya Hidup

Beli Produk IKEA Year End Sale 2023 Secara Online. Bisa Melalui Situs Resmi, Aplikasi, dan Marketplace
pick up point IKEA di Suvarna Sutera

Gaya Hidup

IKEA Buka Pick Up Point di Suvarna Sutera. Yuk, Jadi Member IKEA Family
desainer produk ikea

Gaya Hidup

Mengenal Karin Mobring dan Gillis Lundgren. Desainer Produk IKEA yang Memberikan Pengaruh pada Produk NYTILLVERKAD