Home / Panduan Properti

Sabtu, 14 Oktober 2023 - 12:00 WIB

10 Pulau Terbesar di Indonesia Plus Luas Wilayah dan Jumlah Penduduk

Kota Sorong di Pulau Papua. Sumber Foto: Tribunnews.com

Kota Sorong di Pulau Papua. Sumber Foto: Tribunnews.com

Simak daftar pulau terbesar di Indonesia mulai dari Papua, Jawa, Sumatra, hingga Sumbawa. Ada yang masuk daftar pulau terbesar di dunia. 

Hmm, kira-kira berapa jumlah pulau di indonesia pada 2023? Menurut sejumlah sumber, jumlahnya mencapai 17.508 pulau besar dan kecil. 

Sebanyak 1.552 pulau di antaranya belum memiliki nama, biasanya sih pulau yang tergolong kecil dan tidak berpenghuni. 

Pulau apakah yang terbesar di Indonesia? Mungkin sebagian besar dari kamu akan menjawab Kalimantan, terutama saat melihat peta secara sekilas. 

Apakah hal ini benar? Belum tentu. Agar lebih jelas, kamu perlu membaca ulasan artikel ini hingga usai untuk mengetahui jawabannya. 

Hmm, bisa jadi ada sejumlah pulau yang tidak disangka masuk ke dalam sepuluh besar lantaran memang kurang familiar bagi sebagian besar orang. 

Situs Investasiproperti.id akan membahas daftar sejumlah pulau yang memiliki luas wilayah besar di tanah air, sekaligus mengajak belajar geografi lagi.

Investasiproperti.id merangkum dari berbagai sumber media online seperti Kompas.com, Katadata.co.id, Kumparan.com, Mediaindonesia.com, dan lainnya. 

kota palembang di pulau sumatra

Kota Palembang di Pulau Sumatra. Sumber Foto: Palpos.disway.id/Instagram Charming Palembang

Daftar 10 Pulau Terbesar di Indonesia

1. Pulau Papua 

Apa pulau terbesar pertama di Indonesia? Ternyata, adalah Papua dengan luas mencapai 786.000 km2, meski memang harus berbagi dengan negara tetangga Papua Nugini. 

Jumlah penduduk pulau ini hanya sekitar 8,6 juta jiwa menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2021. Kawasan yang paling sedikit jumlah penduduk di Indonesia.

Papua adalah pulau terbesar kedua di dunia, setelah Greenland (Denmark) yang menjadi pulau terbesar di dunia dengan luas 2.130.800 km2. 

Setelah mengalami pemekaran, pulau ini memiliki enam provinsi yaitu Papua, Papua Barat, Papua Selatan, Papua Tengah, Papua Barat Daya, dan Papua Pegunungan. 

Papua menjadi satu-satunya pulau di Indonesia yang masuk kawasan Oseania, sementara sisanya berada di wilayah Asia. 

By the way, pulau ini juga memiliki sejumlah gunung tertinggi di Indonesia. Bahkan, salah satunya pernah memiliki puncak dengan salju.

2. Pulau Kalimantan 

Kalimantan menjadi pulau terbesar kedua di Indonesia dengan luas wilayah 743.330 km2 dan jumlah penduduk sekitar 16,6 juta jiwa menurut BPS tahun 2021. 

Indonesia harus berbagi wilayah pulau terbesar ketiga di dunia ini dengan dua negara tetangga yaitu Malaysia dan Brunei Darussalam.

Ada lima provinsi di pulau ini yaitu Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara. 

Pada 2022, Kalimantan Selatan berpindah ibu kota provinsi dari Banjarmasin ke Kota Banjarbaru yang berjarak hanya sekitar 30 km. 

Ada sejumlah kota industri pertambangan minyak, gas bumi, dan petrokimia di Kalimantan seperti Balikpapan dan Kota Bontang.  

For your information, Kalimantan mendominasi daftar sungai terpanjang di Indonesia. Wilayah pulau ini memang didominasi sungai dan anak sungai.

3. Pulau Sumatra 

Pulau ini mempunyai luas wilayah mencapai 473.481 km2 dengan jumlah penduduk mencapai 58,6 juta menurut data BPS pada 2021. 

Sumatra termasuk pulau terbesar keenam di dunia memiliki salah satu danau terbesar di dunia yaitu Danau Toba, Provinsi Sumatra Utara. 

Pulau ini memiliki sejumlah provinsi yaitu Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Jambi, Riau, Sumatra Selatan, Bengkulu, dan Lampung. 

Baca Juga :  Intip Lokasi Favorit Sewa Rumah di Bali, Turis Mancanegara dan Lokal Punya Selera yang Berbeda 

Ada tambahan dua provinsi yaitu Kepulauan Riau dan Bangka-Belitung yang merupakan kepulauan dan terpisah dari pulau utama. 

Sumatra memiliki beberapa kota yang tergolong besar seperti Kota Medan (Sumatra Utara) yang juga kota terbesar ketiga di Indonesia dalam jumlah penduduk.

4. Pulau Sulawesi 

Apa nama 5 pulau terbesar di Indonesia? Salah satunya pasti Sulawesi dengan luas 180.681 km2 dan jumlah penduduk 19,9 juta jiwa menurut BPS pada 2021. 

Pulau yang dikenal dengan nama Celebes ini juga masuk ke dalam daftar pulau terbesar nomor sebelas di dunia. 

Bentuk pulau ini memang unik karena mempunyai empat semenanjung dan dipisahkan oleh tiga teluk yang sangat besar. 

Lantaran hal ini juga, provinsi di pulau ini memang dihubungkan dengan laut ketimbang perjalanan melalui darat. 

Pulau ini mempunyai beberapa provinsi seperti Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, dan Gorontalo. 

Sekadar informasi, Palu yang merupakan ibu kota Sulawesi Tengah merupakan kota terpanas di Indonesia lantaran memiliki temperatur tahunan rata-rata yang tinggi.

5. Pulau Jawa 

Pastinya, Jawa masuk ke dalam daftar 5 pulau terbesar di Indonesia dengan luas 128.297 km2 dengan jumlah penduduk mencapai 151,6 juta jiwa menurut data BPS pada 2021. 

Jawa yang juga pulau terbesar ke-13 di dunia ini memang dihuni lebih separuh dari penduduk Indonesia. Penyebaran penduduk memang tidak merata. 

Tidak heran, kalau sejumlah kota terpadat di Indonesia alias kota yang wilayahnya luas tapi penduduknya sedikit memang berada di pulau ini.

Pulau ini memiliki sejumlah provinsi yaitu Jakarta, Jawa Barat, Banten, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. 

Pertumbuhan di Jawa memang tidak sebanding dibandingkan wilayah ini, ada sejumlah kawasan metropolitan seperti Jakarta, Kota Surabaya, dan Bandung. 

Jakarta dan Surabaya memiliki kawasan penyangga yang punya daerah industri, fasilitas lengkap, dan penduduk yang padat. 

daftar sepuluh pulau paling besar di indonesia

Kota Kupang di Pulau Timor. Sumber Foto: Liputan6.com/Instagram Adesuryananda

6. Pulau Timor 

Kalau ditanya daftar 6 pulau terbesar di Indonesia, maka Timor masuk di dalamnya dengan luas 30.777 km2 dengan jumlah penduduk sekitar 3 juta jiwa saja. 

Lantaran tidak terlalu luas, Timor hanya berada di posisi ke-44 untuk kategori pulau terbesar di dunia. Pastinya, kamu tidak menyangka ya. 

Indonesia juga harus berbagai wilayah dengan negara tetangga yaitu Republik Demokratik Timor-Leste. Negara ini pernah menjadi bagian Indonesia. 

Pulau ini hanya memiliki satu provinsi yaitu Nusa Tenggara Timur (NTT). Sebagian wilayah NTT berada di pulau-pulau lainnya. 

Timor merupakan bagian dari gugusan Kepulauan Sunda Kecil yang memiliki sejumlah pulau-pulau berukuran sedang mulai dari Bali, Lombok, hingga Sumbawa. 

7. Pulau Halmahera

Kalau ditanya 7 pulau terbesar di Indonesia, Halmahera masih di dalamnya dengan luas 17.780 km2 dengan jumlah penduduk hanya 449 ribu jiwa menurut data BPS pada 2010. 

Ada yang mengklaim kalau Halmahera berada di posisi 50, tetapi ada juga yang menyatakan peringkat 51 pulau terbesar di dunia. 

Pulau ini hanya mempunyai satu provinsi yaitu Maluku Utara dengan ibu kota Sofifi. Provinsi merupakan hasil pemekaran wilayah. 

Baca Juga :  10 Kelebihan Tinggal di Yogyakarta. Bukan Lagi Sekadar Kota Pendidikan

Salah satu kotanya yaitu Kota Tidore Kepulauan termasuk dalam beberapa kategori unik yaitu salah satu kota terluas di tanah air dan kota tersepi di Indonesia.

Halmahera merupakan bagian dari gugusan Kepulauan Maluku yang memiliki banyak pulau-pulau kecil. Ada yang berada dekat Pulau Timor dan Pulau Papua. 

Bentuk pulau ini juga unik, seperti huruf K. Pulau ini indah lantaran memiliki pantai berpasir, hutan yang masih belum terjamah, dan pegunungan. 

8. Pulau Seram 

Jika ditanya pulau besar di Indonesia, ada berapa? Hmm, ternyata banyak ya. Salah satunya adalah Seram yang berada di Provinsi Maluku. 

Seram menjadi pulau terbesar di provinsi ini sekaligus pulau terbesar nomor 52 di dunia. Mungkin banyak yang tidak menyangka ya. 

Luas pulau ini mencapai 17.100 km2, tetapi sayangnya tidak ada catatan mengenai jumlah penduduk pulau ini secara resmi. 

Pulau yang berada di gugusan Kepulauan Maluku ini dikenal sebagai tempat gua terdalam di Indonesia dan salah satu sungai bawah tanah terbesar. 

Seram juga dikenal sebagai rumah bagi sejumlah spesies burung, beberapa hewan endemik yang hanya bisa ditemukan di kawasan ini. 

9. Pulau Sumbawa 

Jika menghitung urutan pulau terbesar di Indonesia, Sumbawa masuk ke dalamnya dengan luas mencapai 15.414 km2 dan jumlah penduduk 1,5 juta jiwa menurut data BPS pada 2021.

Sumbawa masuk ke dalam Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Provinsi ini beribu kota di Mataram, Pulau Lombok

Pulau yang masuk daftar pulau terbesar nomor 58 di dunia ini juga terkenal dengan Gunung Tambora, meski begitu Tambora tidak masuk ke dalam gunung tertinggi di Indonesia. 

Sumbawa masuk ke dalam gugusan Kepulauan Sunda Kecil yang punya banyak pulau kecil dari Bali, Lombok, Flores, hingga Timor.

Masyarakat Indonesia lebih mengenal pulau ini lantaran sejumlah produk lokal seperti madu, susu kuda liar, hingga kayu cendana.

10. Pulau Flores 

Peringkat sepuluh pulau terbesar di Indonesia adalah Flores yang memiliki luas 13.540 km2 dengan jumlah penduduk 1,9 juta menurut data BPS pada 2022. 

Flores juga berada di gugusan Kepulauan Sunda Kecil yang terdiri dari Bali, Lombok, Sumbawa, Sumba, hingga Timor.

Pulau ini termasuk ke dalam provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Kamu pasti kaget kalau sejumlah pulau di provinsi ini masuk daftar pulau terbesar di Indonesia. 

Nama pulau ini berarti “bunga” dalam bahasa Portugal dan Spanyol. Asal namanya dari Cabo de Flores yang merujuk pada satu daerah di pulau ini. 

Sebenarnya, nama asli pulau ini adalah Nipa lantaran banyak ular. Penamaan pulau dari orang asing memang tidak lazim untuk pulau di Indonesia. 

Meski dikenal gersang dan panang, tetapi salah satu kota di Pulau Flores yaitu Ruteng malah masuk ke dalam daftar kota terdingin di Indonesia.

Nah, inilah ulasan mengenai pulau terbesar di Indonesia menurut luas wilayah. Semoga menambah pengetahuan dan wawasan. 

Ulasan singkat ini bisa memberikan gambaran bagi kamu mengenai tempat tinggal yang menyenangkan di Indonesia. Setiap pulau pastinya memiliki keuntungan dan kekurangan.

Situs Investasiproperti.id selalu menghadirkan konten yang menarik mengenai kota, provinsi, atau kawasan di Indonesia yang menarik. 

Share :

Baca Juga

tinggal di kendari

Panduan Properti

11 Keunggulan Tinggal di Kendari. Ibu Kota Provinsi dengan Pemandangan Pantai yang Indah
potensi properti sewa di bali

Panduan Properti

Intip Lokasi Favorit Sewa Rumah di Bali, Turis Mancanegara dan Lokal Punya Selera yang Berbeda 
tinggal di palangka raya

Panduan Properti

14 Kelebihan Tinggal di Palangka Raya. Ibu Kota Provinsi Terluas di Indonesia
properti sewa di bogor

Panduan Properti

7 Keunggulan Investasi Properti di Bogor. Punya Potensi Terpendam
investasi properti di kota yogyakarta

Panduan Properti

5 Kelebihan Investasi Properti di Yogyakarta. Dapat Cuan dari Anak Kos dan Wisatawan
suhu di kota bima yang selalu panas

Panduan Properti

10 Kota Terpanas di Indonesia. Apakah Kamu Tinggal di Sini?
jual beli properti

Panduan Properti

Mengenal Apa Itu Fixer-Upper. Peluang Punya Rumah di Pusat Kota
lippo plaza manado

Panduan Properti

22 Mall Terkecil di Indonesia. Mayoritas Berada di Kota Kecil