Home / Panduan Properti

Jumat, 13 Oktober 2023 - 18:00 WIB

10 Kota Terbesar di Indonesia Menurut Jumlah Penduduk. Mayoritas Berada di Pulau Jawa

Kota Bekasi di Jawa Barat. Sumber Foto: Summareconbekasi.com

Kota Bekasi di Jawa Barat. Sumber Foto: Summareconbekasi.com

Yuk, cari tahu daftar kota terbesar di Indonesia menurut jumlah penduduk. Mayoritas kota memang berlokasi di Pulau Jawa. 

Kalau ada pertanyaan berapa kota besar Indonesia? Tentunya, banyak ya. Setidaknya, ada hampir 20 kota dengan jumlah penduduk mencapai 1 juta jiwa. 

Mayoritas kota-kota besar ini memang berada di Pulau Jawa. Hal yang tidak mengherankan kalau penyebaran penduduk memang tidak merata. 

Meski bukan pulau terbesar di Indonesia, tetapi populasi penduduk di Jawa memang lebih dari 50%. Bisa dibayangkan betapa padatnya pulau ini. 

Lantas kota apa yang paling besar di Indonesia? Mungkin sebagian besar akan menjawab Jakarta, meski sebenarnya termasuk provinsi. 

Jakarta terbagi dalam lima kota yaitu Jakarta Pusat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Barat, dan Jakarta Utara, serta satu kabupaten yaitu Kepulauan Seribu. 

Saat menyimak pembahasan di bawah ini, kamu tidak lagi bingung lagi atau bertanya. Apalagi Jakarta Timur dan lainnya memang dikategorikan kota. 

Situs Investasiproperti.id akan membahas daftar sejumlah kota dengan jumlah populasi terbesar di tanah air. 

Investasiproperti.id merangkum dari berbagai sumber seperti Kompas.com, Okezone.com, Liputan6.com, Kumparan.com, dan lainnya. 

kota terbesar di indonesia menurut jumlah penduduk

Kota Jakarta. Sumber Foto: Grandmercure.com

Daftar Kota Terbesar di Indonesia Berdasarkan Populasi Penduduk

1. Kota Jakarta Timur (Jakarta)

Apa kota terbesar nomor 1 di Indonesia? Wah, ternyata nomor satu adalah kota administrasi Jakarta Timur yang memiliki jumlah penduduk 3 juta jiwa menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2020. 

Jakarta Timur ke dalam Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta, nanti akan berubah menjadi Daerah Khusus Jakarta setelah ibu kota pindah. 

2. Kota Surabaya (Jawa Timur)

Apa kota terbesar kedua di Indonesia? Ternyata Kota Surabaya yang mempunyai jumlah penduduk mencapai 2,8 juta jiwa menurut data BPS pada 2020. 

Surabaya merupakan kota terbesar di Jawa Timur, sekaligus ibu kota provinsi. Kota ini juga memiliki kawasan penyangga seperti Jakarta. 

3. Kota Bekasi (Jawa Barat)

Salah satu kota terbesar di Jawa dalam jumlah penduduk yang mencapai 2,5 juta jiwa menurut data BPS pada 2020. Jumlah ini belum menghitung Kabupaten Bekasi. 

Kota di Provinsi Jawa Barat ini memang dikenal dengan kawasan industri terbesar di Asia Tenggara. Tidak heran, Kota Bekasi menjadi pilihan tempat tinggal dan investasi.   

Baca Juga :  22 Mall Terkecil di Indonesia. Mayoritas Berada di Kota Kecil

4. Kota Bandung (Jawa Barat)

Menurut data BPS pada 2020, Kota Bandung yang juga ibu kota Provinsi Jawa Barat ini masuk daftar dengan jumlah penduduk 2,444 juta jiwa.

Tidak usah heran, Jawa Barat merupakan provinsi dengan populasi terbanyak di Indonesia dengan jumlah 49,4 juta jiwa pada 2022. 

5. Kota Medan (Sumatra Utara)

Salah kota besar di Indonesia juga masuk ke dalam daftar dengan jumlah penduduk tercatat hingga 2,435 juta jiwa menurut data BPS pada 2020.

Medan dikenal sebagai kota bisnis dan industri di Pulau Sumatra. Jangan lupakan juga destinasi wisata utama yaitu Danau Toba, danau terbesar di Indonesia. 

kota terbesar di sumatera

Kota Medan di Sumatra Utara. Sumber Foto: Karosatuklik.com

6. Kota Jakarta Barat (Jakarta)

Jakarta Barat yang memiliki jumlah penduduk 2,434 juta jiwa menurut menurut data BPS pada 2020 berhasil ke dalam daftar. 

Jumlah penduduk di setiap kota administrasi di Jakarta memang banyak, apalagi banyak pemukiman padat penduduk.

7. Kota Jakarta Selatan (Jakarta)

Posisi selanjutnya ditempati oleh Jakarta Selatan dengan jumlah penduduk mencapai 2,2 juta jiwa menurut data BPS pada 2020. 

Jakarta Selatan memiliki kawasan perumahan elit Pondok Indah yang menjadi tempat tinggal konglomerat, pejabat, hingga pesohor. 

8. Kota Depok (Jawa Barat)

Salah satu kota terpadat di Indonesia berikutnya dengan jumlah penduduk mencapai 2 juta jiwa menurut data BPS pada 2020.

Sebagai kota penyangga Jakarta, Kota Depok menjadi tempat tinggal yang nyaman apalagi dengan sejumlah kemudahan akses transportasi. 

9. Kota Tangerang (Banten)

Salah satu dari 10 kota metropolitan di Indonesia yang memiliki jumlah penduduk mencapai 1,8 juta jiwa menurut data BPS pada 2020. 

Kawasan Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kabupaten Tangerang memiliki banyak kota mandiri yang cocok menjadi tempat tinggal. 

10. Kota Jakarta Utara (Jakarta)

Terakhir, ada Jakarta Utara yang juga masuk daftar dengan jumlah penduduk mencapai 1,7 juta jiwa menurut data BPS pada 2020. 

Jakarta Utara memiliki sejumlah kawasan elit seperti Kelapa Gading dan Pantai Indah Kapuk yang menjadi lokasi favorit orang super kaya. Meski begitu, kawasan ini tergolong kota terpanas di Indonesia.

surabaya salah satu kota dengan jumlah penduduk terbanyak

Kota Surabaya di Jawa Timur. Sumber Foto: Surabaya.go.id

Kisah Lain Mengenai Kota Terbesar di Indonesia 

Jika membicarakan 5, 10, 20, hingga 30 kota terbesar di Indonesia maka mayoritas memang berisi kota-kota di Pulau Jawa. 

Baca Juga :  6 Keunggulan Investasi Properti di Malang. Mirip dengan Yogyakarta dan Bandung

Kategori 10 besar dan 20 besar memang berisi kota dengan jumlah penduduk setidaknya 1 juta jiwa, meski ada juga yang belum mencapai jumlah tersebut. 

Namun, kalau bicara 30 besar maka jumlah penduduk kota-kota tersebut memang hanya ratusan ribu. Penyebaran penduduk memang tidak merata. 

Bahkan, ada sejumlah ibu kota provinsi di Kalimantan, Nusa Tenggara, dan lainnya dengan penduduk hanya ratusan ribu jiwa. 

Kalau ada kota terbesar di Indonesia dalam jumlah penduduk, bagaimana dengan kota terbesar di dunia. Siapa yang menempati posisi pertama. 

Ibu kota Jepang, Kota Tokyo menjadi kota terbesar di dunia dalam segi populasi penduduk yang mencapai 39 juta jiwa. Kota yang sangat padat. 

Lantas bagaimana dengan kota terbesar di Indonesia secara garis wilayah, tentunya adalah Palangka Raya, ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah seluas 2.853 km2. 

Kamu bisa membandingkan dengan luas Provinsi Jakarta yang hanya mempunyai luas sekitar 661 km2. Perbedaannya jauh sekali ya. 

Ulasan mengenai Kota Palangka Raya dibahas secara mendalam dalam artikel 10 kota terbesar di Indonesia menurut luas wilayah. 

Jika ada kota terluas di Indonesia menurut luas wilayah, maka tentunya ada kota terluas di dunia ada di mana?

New York, Amerika Serikat menjadi kota terluas di dunia dari segi wilayah dengan luas mencapai 12 ribu km2. Pastinya lebih luas dari Provinsi Banten yang seluas 9.662 km2. 

Nah, itulah ulasan mengenai kota terbesar di Indonesia menurut jumlah penduduknya. Kamu tinggal di kota yang mana nih? 

Ulasan singkat ini semoga bisa menambah pengetahuan kamu dalam mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan menetap di sebuah kota di Indonesia.

Sebelumnya, ada ulasan mengenai kota dengan jumlah penduduk paling sedikit di Indonesia. Mungkin kamu tertarik tinggal di kota ini.

Situs Investasiproperti.id selalu menghadirkan konten menarik mengenai suatu daerah, provinsi, kota, kabupaten, dan lainnya. 

Share :

Baca Juga

jembatan ampera di palembang

Panduan Properti

11 Kelebihan Tinggal di Palembang. Kota Tertua yang Menjadi Venesia dari Timur
masjid di kota bontang

Panduan Properti

12 Keuntungan Tinggal di Bontang. Kota Terkaya Nomor 2 di Indonesia
kota tertua di indonesia

Panduan Properti

20 Kota Tertua di Indonesia. Ada yang Sudah Berdiri Sejak Zaman Kerajaan Sriwijaya dan Kadiri
infrastruktur di cikarang

Panduan Properti

12 Keunggulan Tinggal di Cikarang. Kota Industri dengan UMK yang Tinggi 
mengenal flipper properti

Panduan Properti

Mengenal Apa Itu Flipper Properti. Bisa Meraup Cuan dalam Waktu Cepat 
anchor tenant gedung perkantoran

Panduan Properti

Mengenal Anchor Tenant di Mall dan Kantor. Apa Keuntungan Bagi Pengelola dan Penyewa?
jual beli properti

Panduan Properti

Mengenal Apa Itu Fixer-Upper. Peluang Punya Rumah di Pusat Kota
kelebihan menetap di kota pontianak

Panduan Properti

13 Alasan Tinggal di Pontianak. Kota Multikultural yang Berada di Garis Khatulistiwa