Home / Panduan Properti

Minggu, 22 Oktober 2023 - 18:00 WIB

10 Kota dengan Jumlah Penduduk Terkecil di Indonesia. Jumlahnya Masih Kalah dengan Kecamatan di Jakarta

Kota Padangpanjang, Sumatra Barat. Sumber Foto: Padangpanjang.go.id

Kota Padangpanjang, Sumatra Barat. Sumber Foto: Padangpanjang.go.id

Inilah daftar sejumlah kota dengan jumlah penduduk terkecil di Indonesia. Mayoritas jumlahnya masih di bawah 100 ribu jiwa. 

Jumlah kota di Indonesia memang cukup banyak sekitar 98 kota yang tersebar di 38 provinsi, termasuk empat provinsi baru. 

Ada kota yang memang terbilang besar dan tergolong kota metropolitan seperti Jakarta, Surabaya, Medan, dan Makassar. 

Setidaknya, ada 18 kota di Indonesia dengan jumlah penduduk di atas 1 juta orang. Mayoritas berada di Pulau Jawa dan Sumatra. 

Lantas ada sekitar 13 kota dengan jumlah penduduk di atas 500 ribu orang, tetapi belum mencapai 1 juta orang. Beberapa di antaranya ibu kota provinsi. 

Selanjutnya, ada puluhan kota dengan jumlah penduduk di atas 100 ribu jiwa, tetapi masih di bawah 500 ribu orang. Penyebaran penduduk memang tidak merata. 

Situs Investasiproperti.id akan membahas daftar sejumlah kota dengan total penduduk yang sedikit. Mayoritas di bawah 100 ribu orang. 

Bayangkan kalau jumlah penduduk Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan pada 2021 adalah 221 ribu jiwa. Kalah jauh ya. 

Investasiproperti.id akan mengutip dari berbagai sumber media online seperti Kompas.com, Republika.co.id, hingga data dari Badan Pusat Statistik (BPS).

jumlah penduduk kota pariaman

Kota Pariaman, Sumatra Barat. Sumber Foto: Pariamankota.go.id

Daftar Kota dengan Jumlah Penduduk Terkecil di Indonesia

1. Kota Sabang (Aceh)

Mau tahu kota apa yang penduduknya sedikit? Wah, ternyata Kota Sabang yang memiliki jumlah penduduk hanya 42.559 menurut data BPS pada 2021. 

Lokasi kota ini berada di Pulau Weh, salah satu titik paling barat Indonesia alias titik nol. Gugusan kepulauan ini berada di utara Pulau Sumatra. 

2. Kota Padang Panjang (Sumatera Barat)

Salah satu kota terkecil di Indonesia lantaran luasnya 23 km2 dengan jumlah penduduk hanya 59.998 jiwa menurut data BPS pada 2021. 

Padang Panjang merupakan kota yang berada di ketinggian 650-850 meter dekat dengan Gunung Marapi, Singgalang, dan Tandikek. 

3. Kota Sawahlunto (Sumatera Barat)

Sawahlunto hanya memiliki penduduk 66.962 jiwa menurut data BPS pada 2021. Kota ini dikenal dengan tambang batu bara, tetapi kini telah ditutup.

Lokasi kota ini dekat dengan Danau Singkarak, salah satu danau terbesar di Indonesia yang juga menjadi destinasi wisata di Sumatra Barat. 

4. Kota Solok (Sumatera Barat)

Satu lagi kota di Provinsi Sumatra Barat masuk daftar. Kota ini hanya mempunyai sejumlah penduduk 76.272 menurut data BPS pada 2021. 

Baca Juga :  10 Kota Terluas di Indonesia Menurut Luas Wilayah. Jakarta Tidak Masuk Daftar!

Jarak kota ini ke ibu kota provinsi, Kota Padang hanya 64 km. Solok memang berada di jalur jalan antarkabupaten dan antarprovinsi. 

5. Kota Tual (Maluku)

Jumlah penduduk kota ini hanya 88.999 jiwa menurut data BPS pada 2021. Kota ini berada di gugusan Kepulauan Kei, Provinsi Maluku. 

Siapa menyangka kalau Tual merupakan salah kota termiskin di indonesia. Jumlahnya mencapai 20,56% dari total jumlah penduduk.

sibolga memiliki jumlah penduduk yang sedikit

Kota Sibolga, Sumatra Utara. Sumber Foto: Hubla.dephub.go.id

6. Kota Sibolga (Sumatera Utara)

Total jumlah penduduk kota ini hanya 90.366 jiwa menurut data BPS pada 2022. Sibolga juga dikenal sebagai salah satu kota dengan luas yang minimalis. 

Sibolga merupakan kota tepi pantai di salah satu pulau terbesar di Indonesia. Kota ini menghadap ke Samudra Hindia. 

7. Kota Subulussalam (Aceh)

Apa kota tersepi di Indonesia? Salah satunya adalah Subulussalam yang memiliki luas 1.107 km2 dengan jumlah penduduk hanya 93.710 menurut data BPS 2021. 

Tingkat kepadatan penduduk kota ini hanya 67 orang per km2. Bandingkan luas wilayah dan jumlah penduduk yang tidak seimbang.

8. Kota Pariaman (Sumatera Barat)

Total jumlah penduduk kota kecil yang menghadap ke Samudra Hindia ini hanya 95.919 jiwa saja menurut data BPS pada 2021. 

Jarak Pariaman ke Bandara Minangkabau hanya 25 km saja. Infrastruktur ini merupakan salah satu bandara terbesar di Indonesia.

9. Kota Sungaipenuh (Jambi)

Bayangkan jumlah penduduk kota ini cuma 97.190 jiwa menurut data BPS pada 2020. Kota ini baru terbentuk pada 2008, hasil dari pemekaran Kabupaten Kerinci. 

Sungaipenuh merupakan salah satu kota termuda di Indonesia. Kota ini berbatasan langsung dengan provinsi tetangga, Sumatra Barat. 

10. Kota Tomohon (Sulawesi Utara)

Total jumlah penduduk kota ini hanya 100.587 jiwa menurut data BPS pada 2021. Kota ini baru terbentuk pada 2003, pemekaran wilayah Kabupaten Minahasa. 

Tomohon terkenal lantaran pasar tradisional yang menjajakan daging babi, tikus hutan, monyet, anjing, kelelawar, dan hewan lainnya. Kamu pernah coba?

jumlah penduduk di kota tomohon sulawesi utara

Kota Tomohon, Sulawesi Utara. Sumber Foto: Tribunnews.com

Kisah Lain Mengenai Kota dengan Jumlah Penduduk Terkecil di Indonesia

Tentunya, banyak cerita lain mengenai jumlah penduduk suatu kawasan di tanah air seperti wilayah apa yang paling sedikit penduduknya?

Baca Juga :  15 Keunggulan Tinggal di Solo. Tidak Hanya Cocok untuk Pensiunan

Kalau sebelumnya, Kalimantan Utara menjadi wilayah dengan jumlah penduduk terbatas, maka lain cerita ketika ada pemekaran wilayah Papua. 

Saat ini, Provinsi Papua Selatan menjadi kawasan dengan jumlah penduduk paling sedikit di Indonesia yaitu 516.075 jiwa. 

Lantas manakah yang paling sedikit penduduknya di Indonesia atau pulau manakah yang paling sedikit penduduknya di Indonesia?

Papua yang merupakan pulau terbesar di Indonesia justru menjadi wilayah dengan penduduk paling sedikit. Jumlahnya hanya 4,3 juta jiwa menurut data BPS pada 2020. 

Jika kamu mengurutkan 5 atau 10 kota terbesar di Indonesia, tentunya harus berfokus pada jumlah penduduk dan bukan luas wilayah. 

Urutan kota terbesar di Indonesia tentunya tidak jauh dari lima kota di Provinsi Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan, Makassar, hingga Palembang. 

Begitu juga kalau kamu menyebutkan 10 kota metropolitan di Indonesia maka kota-kotanya pun sama lantaran sejumlah kota besar memiliki kawasan penyangga. 

Jakarta memiliki Jabodetabek, Surabaya mempunyai Gerbangkertasusila, Bandung memiliki Bandung Raya, dan lainnya. 

Sebagai informasi tambahan, kota dengan jumlah penduduk terbanyak di Indonesia adalah Jakarta Timur. Jumlahnya mencapai 3 juta orang menurut data BPS pada 2020. 

Sementara kota terpadat di Indonesia 2023 adalah Jakarta Pusat lantaran wilayahnya hanya 47,90 km2 sementara penduduknya mencapai 1,1 juta pada Juni 2023. 

Mencari Tahu Kota Terkecil di Dunia

Di luar negeri pun ada kota terkecil di dunia. Laman The Teal Mango melansir kalau Hum menjadi kota paling kecil dalam jumlah penduduk. 

Kota yang berada di Kroasia ini hanya ditempati oleh 30 orang saja. Kalau di Indonesia, jumlah ini sama dengan satu RT saja ya. 

Namun, jangan salah lho kalau rekor ini masuk ke dalam Guinness World Record. By the way, Kroasia adalah salah satu negara di Eropa. 

Setelah membaca ulasan ini, apakah kamu tertarik untuk menetap di kota dengan jumlah penduduk yang terbilang sangat sedikit. 

Mungkin bagi kamu yang sudah bosan tinggal di kota termacet di Indonesia ingin mencari suasana baru di kota yang tidak padat penduduk. 

Situs Investasiproperti.id selalu menghadirkan konten menarik mengenai keistimewaan atau keunikan sebuah kota bagi end user dan investor. 

Share :

Baca Juga

apa itu pakualaman ground

Panduan Properti

Mengenal Pakualaman Ground di Yogyakarta, Hak Tanah yang Diakui oleh UU Keistimewaan
kota paling dingin di indonesia

Panduan Properti

10 Kota Terdingin di Indonesia. Semua Kota Berada di Kawasan Dataran Tinggi
tinggal di purwokerto

Panduan Properti

12 Alasan Tinggal di Purwokerto. Kota Pilihan Para Pensiunan
suasana kota tua di cirebon

Panduan Properti

13 Keuntungan Tinggal di Cirebon. Lokasi Strategis di Pantai Utara Jawa
kota paling macet di indonesia

Panduan Properti

5 Kota Termacet di Indonesia. Kamu Memang Bakal Tua di Jalan
suasana kota medan

Panduan Properti

13 Keunggulan Tinggal di Medan. Kota Bisnis dan Metropolitan di Sumatra
kelebihan menetap di klaten

Panduan Properti

12 Alasan Tinggal di Klaten. Kota Kecil yang Memiliki Pemandangan Bagus
tangerang selatan banten

Panduan Properti

14 Kelebihan Tinggal di Tangerang Selatan. Banyak Pilihan Kota Mandiri