Home / Panduan Properti

Selasa, 4 Juni 2024 - 12:00 WIB

5 Kota Termacet di Indonesia. Kamu Memang Bakal Tua di Jalan

Kota Surabaya di Jawa Timur. Sumber Foto: Suarasurabaya.net

Kota Surabaya di Jawa Timur. Sumber Foto: Suarasurabaya.net

Inilah daftar sejumlah kota termacet di Indonesia. Orang bisa terjebak kemacetan hingga berjam-jam kalau tinggal di kota tersebut. 

Apakah Bandung kota termacet di Indonesia pada 2023? Hmm, sayangnya belum ada data yang menunjukkan hal tersebut. 

Meski masyarakat Bandung pasti merasakannya terutama saat akhir pekan, kebetulan kota ini memang menjadi destinasi wisata.

Jika bicara kota termacet di Indonesia pada 2023, kamu harus menunggu beberapa bulan lagi agar data yang ada diolah pada 2024. 

Bagi kamu yang tinggal di Jakarta, pasti yakin kalau kemacetan di kota ini memang parah banget. Indikatornya dari tukang jualan yang dijumpai. 

Canda yang sebenarnya nyata adanya. Jika kamu bertemu penjual bakpao, maka tingkat macet sudah lumayan bikin senewen. 

Namun, kalau kamu bertemu penjual nasi goreng, maka hal itu tandanya kemacetan di ruas jalan memang sudah demikian parah. 

Sementara bagi yang tinggal di Bandung dan Surabaya, kamu juga pasti merasakan betapa tingkat kemacetan juga sudah luar biasa. 

Situs Investasiproperti.id akan membahas daftar sejumlah kota di tanah air dengan tingkat kemacetan yang memang sudah parah. 

Investasiproperti.id merangkum dari berbagai sumber media online seperti Katadata.co.id, Kompas.com, Okezone.com, Tempo.co, dan lainnya. 

Perhitungan Tingkat Kemacetan di sebuah Kota 

INRIX merilis sejumlah kota termacet di dunia dalam laporannya yang bertajuk Global Traffic Scorecard 2022. Sejumlah kota di Indonesia masuk di dalamnya. 

Perusahaan swasta ini memberikan analisis data lalu lintas. INRIX berkantor pusat di Kirkland, negara bagian Washington, Amerika Serikat. 

Korporasi ini melakukan riset terhadap lebih dari 1.000 kota di 50 negara di dunia sehingga bisa memberikan gambaran kemacetan di berbagai kota. 

Riset ini memakai data penyelidikan GPS (global positioning system) anonim untuk memberikan identifikasi rute dan tujuan yang paling sering dikunjungi di seluruh dunia. 

Hal ini ditujukan untuk memberikan gambaran atau ilustrasi perjalanan seseorang yang lebih akurat dalam sebuah kawasan atau kota. 

Tidak hanya itu, INRIX pun melakukan kalkulasi kehilangan waktu atau durasi yang terbuang dengan memberikan analisis data kecepatan maksimal. 

Hasilnya untuk Indonesia memang di luar dugaan. Bahkan, banyak orang yang tidak percaya kalau Surabaya menjadi kota termacet di Indonesia pada 2022.  

kota termacet di indonesia

Kota Jakarta, DKI Jakarta. Sumber Foto: Jawapos.com/Miftahul Hayat

Daftar Kota Termacet di Indonesia Pada 2022

1. Surabaya (Jawa Timur)

Mereka yang tinggal di Kota Surabaya mempunyai total rata-rata durasi waktu yang terbuang saat kemacetan mencapai 35 jam. 

Baca Juga :  7 Keunggulan Investasi Properti di Surabaya. Gerbangkertosusila Menjanjikan Cuan

Surabaya merupakan ibu kota Provinsi Jawa Timur, kota bisnis dan industri sekaligus salah satu kota terbesar di Indonesia untuk jumlah penduduk. 

2. Jakarta (Jakarta)

Kemacetan sudah menjadi makanan sehari-hari bagi warga kota, tidak heran kalau hal ini membuat orang kehilangan waktunya selama 28 jam di jalan. 

Jakarta masih menjadi provinsi dengan lima kota terpadat di Indonesia. Luas wilayah memang terbatas, tetapi penduduk sangat banyak. 

3. Denpasar (Bali)

Mereka yang tinggal di Denpasar juga tercatat harus kehilangan waktu selama 22 jam lantaran mengalami kemacetan di kota tersebut. 

Meski bukan kota tujuan wisata di Pulau Dewata, tetapi kemacetan memang terbilang parah di ibu kota Provinsi Bali tersebut. 

4. Malang (Jawa Timur)

Bayangkan, kalau masyarakat di Kota Malang harus kehilangan rata-rata waktu hingga mencapai 18 jam lantaran terjebak kemacetan yang parah. 

Malang memang dikenal sebagai kota kecil yang juga kota pendidikan dan tujuan wisata terutama bagi mereka yang tinggal di Surabaya dan sekitarnya. 

5. Bogor (Jawa Barat)

Bagi yang pernah ke Bogor atau tinggal di kota hujan ini, tentu paham kalau angkutan kota alias angkot memang merajai kota sehingga menimbulkan kemacetan. 

Masyarakat Bogor harus kehilangan waktu di jalanan lantaran macet, meski waktunya tidak separah kota lain lantaran hanya 7 jam saja. 

malang termasuk kota yang macet di indonesia

Kota Malang di Jawa Timur. Sumber Foto: Suryamalang.Tribunnews.com

Cerita Lain Soal Kota Termacet di Indonesia 

Kalau Surabaya menjadi kota dengan tingkat kemacetan nomor wahid di tanah air, lantas bagaimana dengan Jakarta yang sudah identik dengan hal ini. 

Apakah Jakarta kota termacet di dunia? Pastinya, kota yang bakal kehilangan gelar ibu kota tersebut masih tergolong macet. 

Lantas siapa yang memegang rekor kota termacet di dunia? TomTom Traffic Index 2022 menobatkan ibu kota Inggris, London. 

Baca Juga :  13 Alasan Tinggal di Bekasi. Infrastruktur Terlengkap di Timur Jakarta

London menjadi kota dengan tingkat kemacetan parah lantaran jarak 10 km hanya bisa ditempuh dalam waktu 36 menit saja, hanya selisih 14 menit dengan Jakarta. 

TomTom Traffic Index 2022 memiliki indikator berbeda dengan INRIX dalam menentukan tingkat kemacetan sebuah kota di dunia. 

Perusahaan asal Belanda tersebut memakai variabel jarak dan durasi tempuh, biaya perjalanan alias bensin, dan emisi karbondioksida yang dihasilkan. 

TomTom melakukan riset tingkat kemacetan dengan mengambil sampel dari 389 kota dari 56 negara yang berada di enam benua. 

Indonesia Termasuk Negara Termacet di Asia Tenggara

Lantaran sejumlah kota di tanah air identik dengan kemacetan, lantas Indonesia negara termacet ke berapa ya. 

Wah, ternyata Indonesia hanya berada di posisi kedua, sementara posisi negara termacet di Asia Tenggara adalah Filipina. 

Perusahaan pengolah data base asal Serbia, Numbeo pernah merilis data kota termacet bertajuk “Indeks Kemacetan Lalu Lintas” di Asia Tenggara pada 2021. 

Ibu kota Filipina, Manila memperoleh gelar kota paling macet di Asia Tenggara dengan skor 258,72. Jakarta di posisi kedua dengan skor 254,63. 

Cara menghitung indeks ini adalah memperhitungkan waktu yang dihabiskan selama di jalan, tingkat ketidakpuasan perjalanan, tingkat karbondioksida yang dihasilkan, hingga ketidakefisienan yang terjadi selama kemacetan. 

Aplikasi Waze menyatakan pengendara di Manila memerlukan waktu 5 menit untuk jarak tempuh 1 km, sementara di pengendara di Jakarta hanya butuh 3,83 menit untuk jarak yang sama. 

Setelah membaca konten kota termacet di Indonesia, bagi kamu yang tinggal di lima kota tersebut apakah berencana untuk pindah?

Bagi kamu yang tidak tinggal di kota-kota ini tentu bisa memperhitungkan semua hal agar tidak mengalami masa tua di jalan ya. 

Sejumlah kota tersepi di Indonesia bisa menjadi pilihan kalau kamu tidak mau terjebak dalam kemacetan parah setiap harinya. Apalagi, penduduk di kota ini memang jarang.

Selain itu, sejumlah kota paling sepi di tanah air ini juga masuk ke dalam kota terluas di Indonesia karena punya wilayah yang luas dan lebih mirip kabupaten.

Situs Investasiproperti.id selalu menghadirkan konten yang menarik mengenai sebuah kota di Indonesia sehingga menjadi panduan dan rekomendasi bagi end user dan investor. 

Share :

Baca Juga

patimban menjadi pelabuhan terbesar di indonesia

Panduan Properti

Mengenal Pelabuhan Patimban, Pelabuhan Terbesar di Indonesia
masjid di kota bontang

Panduan Properti

12 Keuntungan Tinggal di Bontang. Kota Terkaya Nomor 2 di Indonesia
mall terbesar di surabaya

Panduan Properti

10 Mall Terbesar di Indonesia. Masih Jadi Destinasi Hiburan di Perkotaan
daftar kota dengan luas wilayah terkecil di indonesia

Panduan Properti

10 Kota Terkecil di Indonesia. Cocok untuk Menghabiskan Masa Pensiun?
kota termiskin di indonesia

Panduan Properti

10 Kota Termiskin di Indonesia. Didominasi Kota yang Berada di Indonesia Timur
kota metro termasuk kota dengan biaya hidup murah di indonesia

Panduan Properti

9 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia. Siapa yang Beruntung Tinggal di Sini?
apa itu sultan ground

Panduan Properti

Mengenal Sultan Ground di Yogyakarta, Hak Kepemilikan Tanah di Daerah Istimewa
infrastruktur di cikarang

Panduan Properti

12 Keunggulan Tinggal di Cikarang. Kota Industri dengan UMK yang Tinggi