Home / Panduan Properti

Senin, 27 November 2023 - 12:00 WIB

15 Alasan Tinggal di Bogor. Kota Hujan yang Cocok untuk Tempat Tinggal

Sumber: Setneg.go.id

Sumber: Setneg.go.id

Yuk, cari tahu keunggulan dan kelebihan tinggal di Bogor, kota di Jawa Barat yang masih memiliki hawa yang sejuk. 

Bagi kamu yang bekerja di Jakarta dan ingin mencari hunian di kawasan penyangga tentunya ada sejumlah pilihan dengan keunggulan masing-masing. 

Tangerang Selatan memiliki pilihan banyak kota mandiri, begitu juga Kota Tangerang dan Kabupaten Tangerang yang punya opsi serupa.  

Bekasi mempunyai fasilitas infrastruktur transportasi terlengkap. Depok terbilang dekat dan punya sejumlah akses transportasi yang baik. 

Lantas bagaimana dengan Bogor? Kalau dibandingkan dengan kawasan penyangga lainnya, kota ini relatif lebih jauh dari Jakarta. 

Namun, Kota Bogor termasuk Kabupaten Bogor memiliki sejumlah keunggulan yang tidak dimiliki oleh kota penyangga lain. 

Situs Investasiproperti.id akan mengulas keunggulan menetap di kota yang berjarak 59 km dari Jakarta melalui ruas Tol Jagorawi.  

Investasiproperti.id merangkum dari berbagai sumber seperti laman berita online, situs pemerintahan, mendatangi langsung, hingga berbicara dengan orang yang tinggal di kota ini.

potret kebun raya bogor

Sumber: Kebunraya.id

Keunggulan dan Kelebihan Tinggal di Bogor

1. Bagian dari Jabodetabek

Kota ini tentu menjadi bagian dari Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) plus Puncak dan Cianjur. Kawasan metropolitan terbesar di Indonesia. 

Sebenarnya, area metropolitan ini juga mencakup Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, hingga Kabupaten Bekasi. 

2. Kota Tertua di Indonesia

Bayangkan kalau Bogor sudah berdiri sejak 3 Juni 1482 sekaligus menjadi salah satu kota tertua di Indonesia. Usianya lebih dari 500 tahun. 

Kota ini pernah menjadi pusat Kerajaan Tarumanagara saat diperintah Raja Purnawarman pada awal abad ke-5. Salah satu kerajaan tertua di nusantara. 

3. Kota yang Tergolong Besar

Luas wilayah ini mencapai 111 km2 dengan jumlah penduduk mencapai 1,1 juta jiwa pada 2023 menurut data Badan Pusat Statistik (BPS).

Dari jumlah penduduk dan luas wilayah, kota ini memang terbilang padat penduduk. Kepadatannya mencapai 10 ribu orang per km2. 

4. Kota Pendidikan 

Bogor sering diklaim sebagai kota pendidikan meski jumlah perguruan tinggi negeri dan swasta masih kalah kalau dibandingkan dengan Malang, Yogyakarta, atau Bandung. 

Ada Institut Pertanian Bogor, Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian Bogor, Sekolah Tinggi Sandi Negara, dan Universitas Muhammadiyah Bogor.

Baca Juga :  18 Kelebihan Tinggal di Surabaya. Metropolitan Terbesar Kedua di Indonesia

5. Daerah Tujuan Wisata

Salah satu kekurangan Kota Bogor adalah macet sehingga tidak heran masuk ke dalam daftar kota termacet di Indonesia. Hmm, terlalu banyak angkot ya. 

Kota ini memang dikenal sebagai destinasi wisata terutama bagi mereka yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya lantaran memang dekat. 

Ada Istana Bogor, Kebun Raya Bogor, Museum Zoologi, Gunung Pancar, Air Terjun Bidadari, Prasasti Batutulis, Situ Gede, dan masih banyak lagi. 

tinggal di bogor jawa barat

Sumber Foto: Kotabogor.go.id

6. Potensi Properti Sewa

Sebagai kota pendidikan, investasi properti di Bogor tentu menjanjikan lantaran banyak mahasiswa dan mahasiswi pendatang dari luar daerah. 

Kamu bisa memiliki rumah kos, rumah petak, atau rumah untuk disewakan kepada mahasiswa dan mahasiswi yang mencari hunian sewa sementara. 

7. Punya Istana Presiden dan Kebun Raya

Istana Bogor sudah berdiri sejak 1744. Sejumlah gubernur jenderal Hindia Belanda menjadikannya sebagai tempat tinggal. 

Kebun Raya Bogor berdiri sejak 1817 dan memiliki luas 87 hektare. Saat ini, kebun raya tertua di Asia Tenggara ini juga menjadi tempat penelitian. 

8. Relatif Lebih Sejuk dari Jakarta

Suka duka tinggal di Bogor tentu bisa merasakan hujan nyaris setiap hari sehingga tidak heran kenapa Bogor disebut kota hujan

Lantaran curah hujan yang tinggi maka tidak heran kalau hawa kota ini memang relatif lebih sejuk kalau dibandingkan dengan Jakarta. 

9. Lingkungan Nyaman

Bogor memang relatif lebih nyaman dan lebih sejuk kalau dibandingkan dengan kawasan lain yang termasuk penyangga Jakarta. 

By the way, kota ini juga dekat Cisarua yang masuk ke Kabupaten Bogor dan tergolong salah satu kota terdingin di Indonesia

10. UMK yang Tinggi

Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK) Bogor mencapai Rp4,5 juta per bulan pada 2023. Tentunya, jumlah yang cukup besar ya. 

Sayangnya, kalau kamu tinggal di Bogor maka pilihan tempat bekerja memang terbatas lantaran bukan kawasan industri dan bisnis. 

fasilitas umum dan sosial di bogor

Sumber Foto: Goodnewsfromindonesia.id

11. Infrastruktur yang Bagus

Bogor terhubung dengan kawasan lainnya di Jabodetabek melalui jalur kereta listrik, jalan nasional, dan ruas jalan tol. 

Baca Juga :  10 Kota Terkaya di Indonesia. Didominasi Kota Bisnis dan Industri

Ada jalur KRL Commuter Line, Tol Jagorawi, serta rencana LRT Jabodebek. Saat ini, kereta ringan ini baru mencapai kawasan Cibubur, Jawa Barat. 

12. Fasilitas Sosial dan Umum yang Relatif Lengkap 

Sebagai kawasan penyangga Jakarta, fasilitas umum dan fasilitas sosial di kota ini tentunya lengkap untuk menunjang kehidupan warga. 

Ada sekolah, perguruan tinggi, taman, rumah ibadah, pasar, pusat perbelanjaan, rumah sakit, bank, hingga kawasan komersial. 

13. Pilihan Hunian yang Bervariasi

Kamu tidak perlu khawatir kalau ingin menetap di kota ini lantaran pilihan hunian memang banyak mulai dari rumah sederhana hingga rumah mewah. 

Saat ini, rencana pembangunan apartemen di Bogor memang belum terwujud meski sudah ada perusahaan pengembang yang telah memasarkan. 

14. Masyarakat yang Beragam

Orang dari suku Sunda memang mendominasi penduduk kota ini sebanyak 76%, lantas diikuti oleh pendatang dari suku Jawa sebesar 10%. 

Sisanya merupakan orang keturunan Tionghoa, Betawi, Batak, Minangkabau, Cirebon, Banten, dan lainnya.

15. Pilihan Kuliner yang Beragam

Tidak usah khawatir mengenai makanan dan minuman tradisional, banyak pilihan kalau menetap di kota ini. 

Ada soto bogor, cungkring, doclang, gepuk karuhun, asinan bogor, roti unyil, toge goreng, laksa bogor, lapis talas, dan masih banyak lagi. 

Nah, itulah sejumlah keunggulan dan kelebihan tinggal di Bogor, cocok bagi end user yang ingin tinggal di kawasan yang lebih sejuk dari Jakarta. 

Dalam artikel lainnya, ada pembahasan pengalaman tinggal di Sentul City, Kabupaten Bogor atau suka duka tinggal di Sentul kerja di Jakarta.

Pastinya, ada hal yang sedikit berbeda antara tinggal di Kabupaten Bogor dengan menetap di Kota Bogor lantaran dua wilayah ini memang berbeda. 

Sebelumnya, Investasiproperti.id pernah membahas keunggulan tinggal di Gresik, salah satu kabupaten di Jawa Timur yang dikenal memiliki banyak kawasan industri. 

Ada juga ulasan mengenai kawasan penyangga lainnya di Jakarta. Banyak alasan untuk tinggal di Depok, kota pendidikan di Jawa Barat. 

Situs Investasiproperti.id selalu menghadirkan konten yang inspiratif mengenai rekomendasi dan panduan tinggal di sebuah kota di Indonesia.

Share :

Baca Juga

kota terbesar di indonesia menurut luas area

Panduan Properti

10 Kota Terluas di Indonesia Menurut Luas Wilayah. Jakarta Tidak Masuk Daftar!
surabaya kota bisnis dan industri

Panduan Properti

7 Keunggulan Investasi Properti di Surabaya. Gerbangkertosusila Menjanjikan Cuan
kota padang panjang punya jumlah penduduk yang sedikit

Panduan Properti

10 Kota dengan Jumlah Penduduk Terkecil di Indonesia. Jumlahnya Masih Kalah dengan Kecamatan di Jakarta
rumah mewah di menteng

Panduan Properti

4 Alasan Kenapa Rumah di Menteng Mahal? Sobat Misqueen Silakan Menangis
kota metro termasuk kota dengan biaya hidup murah di indonesia

Panduan Properti

9 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia. Siapa yang Beruntung Tinggal di Sini?
jumlah penduduk terpadat di indonesia

Panduan Properti

10 Kota Terpadat di Indonesia. Luas Terbatas Tapi Jumlah Penduduk Banyak
kota tersepi di indonesia

Panduan Properti

10 Kota Tersepi di Indonesia. Wilayah Tergolong Luas, Penduduk Terbilang Sedikit
daftar jembatan terpanjang di indonesia

Panduan Properti

12 Jembatan Terpanjang di Indonesia. Kamu Pernah Lewat yang Mana?