Home / Panduan Properti

Sabtu, 25 November 2023 - 09:00 WIB

14 Keuntungan Tinggal di Sidoarjo. Punya Kawasan Industri dengan UMK yang Tinggi

Sumber Foto: Sidoarjokab.go.id

Sumber Foto: Sidoarjokab.go.id

Yuk, simak keuntungan dan kelebihan tinggal di Sidoarjo, Jawa Timur, kabupaten yang merupakan kawasan penyangga Surabaya.

Apa yang identik dengan Sidoarjo? Hmm, mungkin daerah ini sempat terkenal dengan Lumpur Lapindo di Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo. 

Pada 2006, ada semburan lumpur panas yang kemudian menggenangi tiga kecamatan. By the way, Lapindo adalah perusahaan yang melakukan eksplorasi. 

Sebenarnya, Sidoarjo terkenal dengan kota delta lantaran berada di antara dua muara Kali Mas dan Kali Porong yang merupakan cabang dari Sungai Brantas. 

Kabupaten ini menjadi salah satu kawasan penyangga Surabaya yang merupakan ibu kota Provinsi Jawa Timur. Bagi kamu yang tidak tinggal di daerah ini mungkin tidak tahu.

Surabaya mempunyai wilayah penyangga seperti halnya Jakarta. Kebetulan, Surabaya merupakan kota industri dan bisnis. 

Bagi kamu yang berencana pindah kota atau memulai bisnis, saatnya mengintip insight mengenai kelebihan kabupaten ini. 

Situs Investasiproperti.id akan mengulas keunggulan menetap di kabupaten yang terkenal dengan klub sepak bola Deltras FC. 

Investasiproperti.id mengutip dari berbagai sumber seperti situs berita online, laman pemerintahan, mendatangi langsung, hingga berbincang dengan orang yang tinggal di kota ini.

kelebihan menetap di kabupaten sidoarjo

Sumber Foto: Rumah.com/Gojatim.com

Kelebihan Tinggal di Sidoarjo, Jawa Timur

1. Berbatasan Langsung dengan Surabaya 

Kabupaten ini tentunya berbatasan langsung dengan Surabaya dan dekat dengan Kota Mojokerto, salah satu kota terkecil di Indonesia.

Kamu bisa tinggal di Sidoarjo, tetapi bekerja di Surabaya yang juga kota bisnis, ekonomi, pendidikan, dan wisata di Jawa Timur. 

2. Bagian dari Gerbangkertasusila

Kabupaten ini juga menjadi bagian dari Gerbang Kertasusila, metropolitan terbesar kedua setelah Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi).

Gerbangkertasusila adalah Kabupaten Gresik, Kabupaten Bangkalan, Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, dan Kabupaten Lamongan, 

3. Kawasan yang Relatif Besar 

Sebagai kabupaten, tentunya wilayah Sidoarjo memang luas yaitu 714 km2. Tidak terlalu jauh berbeda dengan luas Provinsi DKI Jakarta yang hanya 661 km2. 

Baca Juga :  13 Alasan Tinggal di Banjarbaru. Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan yang Baru

Jumlah penduduk kabupaten ini sekitar 2 juta jiwa menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2021. Wah, lumayan banyak ya.  

4. Relatif Tidak Macet 

Kalau membandingkan luas wilayah dengan jumlah penduduk, tentunya kawasan ini relatif tidak macet dibandingkan dengan Surabaya. 

Kamu bisa mempertimbangkan tinggal dan bekerja di kabupaten yang memiliki kawasan industri dan bisnis seperti ini. 

5. Memiliki Kawasan Industri 

Sidoarjo terkenal karena apa? Salah satunya kabupaten ini memiliki kawasan industri meski memang tidak sebanyak di Kabupaten Gresik. 

Setidaknya, ada Sidoarjo Rangkah Industrial Estate dan Kawasan Industri Halal Sidoarjo yang tidak hanya menjadi area industri tetapi juga kawasan pergudangan. 

profil kabupaten sidoarjo

Sumber Foto: Ayosurabaya.com

6. Potensi Properti Sewa

Kehadiran kawasan industri tentu menjadikan kabupaten ini sebagai tujuan mencari kerja bagi para pendatang terutama yang berasal dari daerah lain di Jawa Timur. 

Ada potensi properti sewa untuk rumah kos, rumah, rumah petak, hingga apartemen yang bisa disesuaikan dengan target market

7. Industri Perikanan di Jawa Timur

Sidoarjo kota penghasil apa? Sudah tentu merupakan daerah penghasil laut seperti ikan, udang, kepiting, dan olahannya seperti petis. 

Daerah ini memiliki logo berupa udang dan bandeng yang menjadi sumber perekonomian masyarakat dan pendapatan daerah. 

8. UMK yang Tinggi

Upah Minimum Kota/Kabupaten (UMK) Sidoarjo tergolong tinggi yaitu Rp4,5 juta per bulan, tidak kalah dengan Jakarta dan sekitarnya. 

Bagi kamu yang ingin mencari suasana baru yaitu tempat bekerja dan tempat tinggal selain Jakarta, kenapa tidak melirik kabupaten ini. 

9. Pilihan Properti yang Beragam

Kalau tinggal di Kabupaten Sidoarjo, kamu tidak hanya memiliki pilihan rumah tapak seperti rumah subsidi, rumah type 36, atau rumah mewah. 

Namun, kamu mempunyai opsi lain untuk tinggal di hunian vertikal. Jangan salah kalau banyak pilihan apartemen di kawasan ini. 

10. Fasilitas Sosial dan Umum yang Lengkap 

Sebagai kawasan yang dekat Surabaya, tentunya fasilitas umum dan fasilitas sosial tersedia lengkap untuk menunjang kehidupan masyarakat. 

Baca Juga :  14 Kelebihan Tinggal di Tangerang Selatan. Banyak Pilihan Kota Mandiri

Ada pasar, sekolah, universitas, pusat perbelanjaan, rumah sakit, rumah ibadah, taman, bank, hingga kawasan komersial lainnya. 

sidoarjo jawa timur

Sumber Foto: Sidoarjokab.go.id

11. Infrastruktur yang Bagus

Sebagai wilayah penyangga dan kawasan industri, Sidoarjo mempunyai jalan nasional yang baik dan akses jalan tol. 

Ruas jalan tol ini menghubungkan kabupaten ini dengan kawasan lain di Gerbangkertasusila atau wilayah lain baik di Jawa Timur hingga ke Jawa Tengah.

12. Memiliki Bandara Internasional 

Infrastruktur lainnya yang berada di kabupaten ini adalah Bandara Internasional Juanda, salah bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia.

Sejumlah maskapai penerbangan nasional membuka rute penerbangan domestik hingga mancanegara. Bandara ini dibangun pada era 1960-an. 

13. Punya Banyak Destinasi Wisata

Wisata di kabupaten ini tidak hanya Tur Lumpur Lapindo, tetapi pilihannya banyak mulai dari wisata alam, budaya, religi, hingga kuliner. 

Kamu bisa mendatangi Pantai Kepentingan, Pulau Sarinah, Museum Mpu Tantular, Candi Pari, Wisata Produksi Tas Tanggulangin, dan masih banyak lagi. 

14. Kuliner yang Beragam

Budaya Sidoarjo apa saja? Tentu saja budaya Jawa terutama Jawa Timuran sehingga kulinernya tidak jauh berbeda dengan yang ada di Surabaya. 

Ada lontong kupang, petis udang, sate kerang, kue lumpur bakar, ote-ote porong, bandeng asap, rawon, kerupuk udang, dan lainnya. 

Nah, itulah sejumlah kelebihan dan keunggulan tinggal di Sidoarjo, kabupaten yang berbatasan langsung dengan Surabaya. 

Bagi kamu yang berencana pindah ke Jawa Timur, kawasan ini bisa menjadi pilihan untuk mencari pekerjaan dan tempat tinggal. 

Sebelumnya, Investasiproperti.id pernah membahas keunggulan tinggal di Gresik, kabupaten di Jawa Timur yang dikenal dengan kawasan industri. 

Ada juga pembahasan mengenai kawasan penyangga lainnya di Jakarta. Banyak alasan untuk tinggal di Depok, Jawa Barat. 

Situs Investasiproperti.id selalu menyajikan konten yang menarik mengenai rekomendasi dan panduan tinggal di sebuah kota di Indonesia.

Share :

Baca Juga

keuntungan investasi properti di bekasi

Panduan Properti

7 Keunggulan Investasi Properti di Bekasi. Jumlah Pekerja Asing yang Banyak
tinggal di banjarmasin

Panduan Properti

16 Keunggulan Tinggal di Banjarmasin. Mantan Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan
rumah mewah di menteng

Panduan Properti

4 Alasan Kenapa Rumah di Menteng Mahal? Sobat Misqueen Silakan Menangis

Panduan Properti

13 Alasan Tinggal di Kediri. Kota Industri yang Dekat dengan Destinasi Wisata
kota tertua di indonesia

Panduan Properti

20 Kota Tertua di Indonesia. Ada yang Sudah Berdiri Sejak Zaman Kerajaan Sriwijaya dan Kadiri
bisnis properti di pulau bali

Panduan Properti

Mengintip Bisnis Properti di Bali. Mulai Booming Pasca Pandemi
tinggal di banjarbaru

Panduan Properti

13 Alasan Tinggal di Banjarbaru. Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan yang Baru
kelebihan tinggal di samarinda

Panduan Properti

15 Kelebihan Tinggal di Samarinda. Ibu Kota Provinsi yang Dekat dengan Sejumlah Kota Bisnis di Kalimantan