Home / Panduan Properti

Selasa, 21 November 2023 - 15:00 WIB

13 Alasan Tinggal di Bekasi. Infrastruktur Terlengkap di Timur Jakarta

Sumber Foto: Rumah.com

Sumber Foto: Rumah.com

Simak sejumlah keuntungan tinggal di Bekasi dan sekitarnya. Ada banyak alasan untuk menetap dan bekerja di kota penyangga ini. 

Kalau kamu sedang mencari hunian di kawasan penyangga Jakarta, kawasan timur Jakarta bisa menjadi pilihan yang tepat. 

Sejumlah orang memang mencibir Bekasi dan sekitarnya sebagai kawasan yang jauh dengan akses jalan yang kurang bagus.

Bahkan, ada orang yang bertanya Bekasi identik dengan apa, biasanya kemacetan dan semrawutnya lalu lintas kota. 

Tidak heran, ada pernyataan kenapa Bekasi disebut planet lain sehingga muncul sejumlah meme yang menyudutkan kota tersebut. 

Padahal, kawasan ini malah memiliki sejumlah keunggulan dan kelebihan bagi kamu yang mencari tempat tinggal dan tempat bekerja. 

Sebagai salah satu kawasan penyangga Jakarta, Bekasi malah memiliki sejumlah kelebihan yang tidak dimiliki oleh wilayah lainnya. 

Bagi kamu yang belum tahu, saatnya untuk memahami keuntungan memiliki rumah tapak atau hunian vertikal (apartemen) di kota ini. 

Situs Investasiproperti.id akan mengulas sederetan kelebihan dan keunggulan menetap di kota yang punya sejarah panjang sejak zaman Kerajaan Tarumanagara ini.  

Investasiproperti.id mengutip dari berbagai sumber seperti situs berita online, laman pemerintahan, mendatangi langsung, hingga berbincang dengan orang yang tinggal di kota ini. 

suasana kota bekasi

Sumber Foto: Facebook Humas Kota Bekasi

Keuntungan Tinggal di Bekasi, Jawa Barat 

1. Tergolong Kota Besar 

Bekasi merupakan salah satu kota terbesar di Indonesia dalam hal jumlah penduduk. Mungkin banyak yang tidak menyangka.

Jumlah penduduk kota ini mencapai lebih dari 2,4 juta jiwa berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada Juni 2023. 

2. Bagian dari Jabodetabek

Kota ini menjadi bagian dari metropolitan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Saat ini, sudah mencakup sejumlah kabupaten dan kota lain hasil pemekaran.

Selain itu, Bekasi juga menjadi salah satu kota terpadat di Indonesia lantaran penduduk berjumlah 2,4 juta jiwa ini tinggal di kawasan seluas 204 km2 saja. 

Perlu diingat kalau ada yang bertanya apa bedanya Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi? Tentunya berbeda dalam status struktur pemerintahan, walikota memimpin kota sedangkan bupati memimpin kabupaten.

Baca Juga :  10 Kota Terbesar di Dunia. No 1 Lebih Luas dari Provinsi Banten!

3. Berada di Koridor Timur

Koridor Timur Jakarta berkembang pesat dalam beberapa tahun belakangan lantaran pembangunan infrastruktur dan kawasan industri skala besar di Jawa, salah satu pulau terbesar di Indonesia.

Jika dibandingkan daerah lain, Bekasi mempunyai kawasan industri skala besar dalam jumlah banyak. Bahkan, area industri sudah mencapai Karawang. 

4. Berbatasan Langsung dengan Jakarta dan Kabupaten Bogor

Bekasi berbatasan langsung dengan Jakarta sehingga memudahkan orang untuk menuju ke pusat bisnis atau kawasan residensial di wilayah Bogor. 

Apalagi banyak akses menuju ke Jakarta melalui jalan atau akses transportasi umum dan publik. Kebetulan, akses jalan tol juga semakin banyak. 

5. Punya Infrastruktur Terlengkap 

Bekasi memiliki akses jalan tol, rute KRL Commuter Line, LRT Jadobedek, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, hingga rencana MRT fase 3 dengan rute Cikarang-Balaraja. 

Selain itu, masih ada Tol Jakarta-Cikampek, Tol Layang Jakarta-Cikampek, Tol JORR 2, dan kereta api jarak jauh, masih banyak lagi. 

Bagaimana rasanya tinggal di Bekasi tentu berbeda apalagi setelah LRT Jabodebek resmi beroperasi. Masyarakat punya pilihan transportasi kekinian. 

transportasi massal di bekasi

Sumber Foto: Prfmnews.pikiran-rakyat.com

6. Fasilitas Sosial dan Umum yang Lengkap

Sebagai kota besar dan penyangga Jakarta, fasilitas umum dan fasilitas sosial di Bekasi tentunya lengkap untuk menunjang kehidupan. 

Kamu bisa menemukan pasar, pusat perbelanjaan, sekolah, perguruan tinggi, taman, bank, hingga kawasan komersial lainnya. 

7. Memiliki Sejumlah Kota Mandiri

Seperti halnya kawasan penyangga, ada sejumlah kota mandiri yaitu Metland Cibitung, Summarecon Bekasi, Kota Jababeka, Vasaka City, dan lainnya. 

Kalau dibandingkan dengan Kota Tangerang Selatan, tentu skala kota mandiri di Bekasi memang masih kalah besar. 

8. Masyarakat yang Beragam

Bekasi termasuk suku apa? Sebenarnya, banyak penduduk kota ini berasal dari suku Betawi sebanyak 28%, lantas ada suku Jawa 31% dan Sunda 20%. 

Lantas ada suku Batak 4%, Minangkabau 3%, keturunan Tionghoa 0,8%, dan sisanya sekitar 10% berasal dari suku-suku lainnya di tanah air. 

Sebenarnya, sifat orang Bekasi sama dengan mereka yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, apalagi penduduk kota ini bekerja di Jakarta.

Baca Juga :  Mengenal Apa Itu Flipper Properti. Bisa Meraup Cuan dalam Waktu Cepat 

9. Punya Banyak Kawasan Industri 

Bagi yang menginginkan rumah dekat dengan tempat bekerja, maka Bekasi menjadi pilihan yang tepat lantaran dekat kawasan industri mulai dari Cikarang, Cibitung, Cikampek, hingga Karawang.

Selain itu, bagi yang berencana investasi properti di Bekasi, target market-nya adalah para pekerja lokal dan asing. 

10. Potensi Properti Sewa

Sebagai kawasan industri dan bisnis, kamu bisa memiliki rumah kos, rumah petak, rumah, atau apartemen yang disewakan untuk pekerja. 

Selain itu, kamu bisa mempunyai bisnis lain terkait para karyawan seperti rumah makan, laundry, cafe, dan masih banyak lagi. 

kelebihan tinggal di bekasi

Sumber: Bekasikota.go.id

11. UMK yang Tinggi

Apakah biaya hidup di Bekasi mahal? Tentu saja, lantaran Bekasi termasuk kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia berdasarkan Survei Biaya Hidup (SBH) 2018 oleh BPS.  

Namun, jangan khawatir lantaran UMK (Upah Minimum Kota/Kabupaten) Kota Bekasi adalah Rp5,1 juta per bulan, tentunya tergolong tinggi dibandingkan daerah lainnya. 

12. Banyak Pilihan Hunian dari Rumah Hingga Apartemen

Lantaran banyak kawasan industri, ada sejumlah kota mandiri di kawasan Bekasi dengan pilihan rumah mulai dari rumah sederhana hingga rumah mewah.  

Tidak ketinggalan, kamu mempunyai pilihan hunian vertikal atau apartemen. Ada sejumlah apartemen yang terintegrasi dengan kawasan superblok. 

13. Banyak Pilihan Rumah Subsidi

Bagi kamu yang belum bisa membeli rumah komersial, tidak perlu khawatir ada pilihan berupa rumah subsidi yang tersedia di kawasan ini. 

Kamu bisa mencari hunian yang dekat dengan stasiun KRL Commuter Line kalau bekerja di Jakarta atau rumah subsidi dekat kawasan industri. 

Nah, itulah sejumlah keunggulan tinggal di Bekasi dan sekitarnya. Tidak usah ragu untuk tinggal di Planet Bekasi yang memiliki infrastruktur terlengkap. 

Sebelumnya, ada juga ulasan mengenai tinggal di Depok, kota di Jawa Barat yang memiliki banyak pilihan tempat tinggal mulai dari rumah hingga apartemen. 

Tidak ketinggalan, Investasiproperti.id sempat membahas keunggulan tinggal di Sidoarjo, kota industri yang menjadi penyangga Surabaya. 

Situs Investasiproperti.id selalu menghadirkan konten menarik mengenai rekomendasi dan panduan tinggal di sebuah kota di Indonesia. 

Share :

Baca Juga

pelabuhan bakauheni di lampung

Panduan Properti

Mengenal Pelabuhan Bakauheni. Info Lengkap Soal Harga Tiket Penumpang dan Kendaraan
anchor tenant gedung perkantoran

Panduan Properti

Mengenal Anchor Tenant di Mall dan Kantor. Apa Keuntungan Bagi Pengelola dan Penyewa?
tinggal di semarang

Panduan Properti

13 Kelebihan Tinggal di Semarang. Pilihan Kuliner dan Destinasi Wisata Banyak
patimban menjadi pelabuhan terbesar di indonesia

Panduan Properti

Mengenal Pelabuhan Patimban, Pelabuhan Terbesar di Indonesia
kelebihan kota malang

Panduan Properti

6 Keunggulan Investasi Properti di Malang. Mirip dengan Yogyakarta dan Bandung
kelebihan menetap di kota pontianak

Panduan Properti

13 Alasan Tinggal di Pontianak. Kota Multikultural yang Berada di Garis Khatulistiwa
kota palembang tergolong kota kaya

Panduan Properti

10 Kota Terkaya di Indonesia. Didominasi Kota Bisnis dan Industri
kota terbesar di indonesia menurut luas area

Panduan Properti

10 Kota Terluas di Indonesia Menurut Luas Wilayah. Jakarta Tidak Masuk Daftar!