Home / Panduan Properti

Selasa, 17 Oktober 2023 - 18:00 WIB

10 Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Indonesia. Harus Hidup Frugal atau Cari Penghasilan Tambahan?

Kota Jakarta, DKI Jakarta. Sumber Foto: Suara.com/Lamudi.co.id

Kota Jakarta, DKI Jakarta. Sumber Foto: Suara.com/Lamudi.co.id

Sudah tahu daftar kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia. Biayanya bisa mencapai belasan juta untuk satu keluarga.

Berapa biaya hidup termahal di Indonesia pada 2023? Tentu sulit untuk menjawabnya lantaran memerlukan riset yang mendalam. 

Apalagi memang tidak banyak lembaga yang melakukan riset ini kecuali Badan Pusat Statistik (BPS), lembaga milik pemerintah. 

Pastinya, kamu tidak bisa mengklaim begitu saja biaya hidup di Indonesia per bulan karena bisa tergantung banyak faktor di dalamnya. 

Misalnya, biaya hidup di Indonesia Timur bukan tidak mungkin lebih mahal dari Jakarta lantaran ada beberapa barang yang dikirim dari Pulau Jawa. 

Sama halnya ketika ada yang bertanya apakah biaya hidup di Bandung apakah mahal? Hmm, bisa jadi tidak atau memang mahal. 

Atau apakah Kota Balikpapan kota termahal di Indonesia? Bisa jadi apalagi kota di Provinsi Kalimantan Timur ini memang pernah masuk daftar pada 2012 lalu.

Bahkan, tidak jarang orang salah paham kalau biaya hidup yang tinggi ini identik dengan kota terkaya di Indonesia. Meski ada sejumlah kota masuk ke dalam dua kategori itu.

Situs Investasiproperti.id akan membahas daftar sejumlah kota di Indonesia yang memiliki biaya hidup yang paling tinggi.

Investasiproperti.id merangkum dari berbagai sumber seperti Katadata.co.id, Kumparan.com, Kompas.com, CNNIndonesia.com, dam lainnya. 

Mengenal Survei Biaya Hidup yang Dilakukan oleh Badan Pusat Statistik 

Investasiproperti.id mengutip data mengenai Survei Biaya Hidup (SBH) yang dilakukan oleh BPS setiap beberapa tahun sekali. 

Konten ini mengutip data dari SBH yang dilakukan pada 2018. Sebelumnya, BPS mengadakan riset yang sama pada 2012. 

Lantaran data yang diambil memang berasal dari 2018, maka sudah tentu memang tidak bisa menggambarkan hal yang nyata pada 2023. 

Namun, setidaknya data SBH dari BPS ini memang valid dibandingkan karena riset memang dilakukan pada ratusan ribu rumah tangga di tanah air.

Sebenarnya, BPS memang sudah melakukan SBH pada 2022 lalu, tetapi hasilnya belum dipublikasikan kepada masyarakat. 

Dalam survei ini, ada ratusan rumah tangga yang dipantau terkait nilai pengeluaran konsumsi baik jenis barang maupun jasa selama satu tahun. 

Lantas kenapa biaya hidup di kota besar mahal? Hmm, sebenarnya, tidak juga lantaran ada sejumlah kota yang relatif kecil juga mencatatkan biaya hidup yang tinggi. 

Biaya hidup yang tinggi di sebuah kota tentunya dilatarbelakangi sejumlah faktor. Salah satunya terkait pertumbuhan ekonomi yang tinggi.

Jika pertumbuhan ekonomi semakin tinggi, maka umumnya harga kebutuhan juga akan semakin tinggi. Hal ini yang menyebabkan biaya hidup menjadi mahal. 

kota kendari termasuk kota dengan biaya hidup yang mahal

Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Sumber Foto: Promilenial.com/Instagram Skyscraper.kendari

Daftar Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Indonesia.

1. Jakarta (Jakarta)

Apakah biaya hidup Jakarta mahal? Tentu saja bagi kamu yang memang menjadi warga kota ini. Coba cek berapa harga satu porsi nasi padang?

Menurut SBH 2018 oleh BPS, biaya hidup di Jakarta untuk keluarga dengan empat orang anggota keluarga mencapai Rp16,9 juta per bulan. 

Baca Juga :  6 Keunggulan Investasi Properti di Malang. Mirip dengan Yogyakarta dan Bandung

Jumlah ini tentu sudah naik tajam kalau sudah ada hasil SBH 2022. Jakarta sendiri menempati posisi pertama SBH 2012 dengan angka Rp7,5 juta per bulan. 

Nah, akhirnya terjawab juga kota apa yang paling termahal. Pastinya, kamu merasakan biaya hidup yang tinggi di Jakarta setiap tahunnya. 

2. Bekasi (Jawa Barat)

Apakah biaya hidup di Jawa Barat mahal? Hmm, bisa jadi apalagi dua kota di provinsi ini masuk ke dalam daftar. Biaya hidup di Bekasi mencapai Rp16,89 juta per bulan untuk satu keluarga. 

Hal yang tidak mengherankan lantaran Planet Bekasi ini memiliki kawasan industri terbesar di Asia Tenggara. Upah Minimum Kota/Kabupaten di kawasan ini memang tinggi. 

3. Surabaya (Jawa Timur)

Biaya hidup satu keluarga per bulan di ibu kota Provinsi Jawa Timur ini mencapai Rp16,12 juta. Bagaimana menurut kamu arek Suroboyo?

Salah satu kota terpadat di Indonesia dari jumlah penduduk ini juga merupakan kota bisnis dan industri. Tidak heran pendapatan besar, tetapi pengeluaran juga tinggi.

4. Makassar (Sulawesi Selatan)

Ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan juga masuk daftar dengan biaya pengeluaran hidup per bulan untuk satu keluarga mencapai Rp14,64 juta.

By the way, Kota Makassar merupakan kota bisnis, ekonomi, dan industri terbesar di kawasan Indonesia Timur. Mungkin banyak yang belum tahu. 

5. Kendari (Sulawesi Tenggara)

Siapa menyangka kalau biaya hidup untuk satu keluarga per bulan mencapai Rp13,76 juta. Pastinya cukup tinggi untuk sebuah kota kecil. 

Sebenarnya, Kota Kendari yang merupakan ibu kota provinsi memiliki UMK yang tidak terlalu tinggi yaitu Rp2,9 juta pada 2023.

biaya hidup di kota semarang tergolong mahal

Kota Semarang, Jawa Tengah. Sumber Foto: Jateng.Tribunnews.com/Hermawan Handaka

6. Semarang (Jawa Tengah)

Kota berikutnya yang masuk ke dalam daftar adalah Semarang yang mencatatkan pengeluaran yang besar yaitu Rp13,69 juta per bulan. 

UMK di Kota Semarang yang merupakan ibu kota provinsi ini sebenarnya tidak setinggi Jakarta dan kawasan penyangga. UMK Semarang hanya Rp3 juta per bulan pada 2023. 

7. Tangerang (Banten)

Salah satu kawasan penyangga Jakarta ini menjadi salah satu kota dengan pengeluaran hidup yang terbilang tinggi di tanah yaitu Rp13,68 juta per bulan. 

Kawasan Jabodetabek memang memiliki UMK yang tinggi sehingga tidak mengherankan kalau biaya hidup per bulan di Kota Tangerang juga tergolong besar. 

8. Depok (Jawa Barat)

Wah, ternyata kawasan Jakarta dan penyangganya memang mendominasi wilayah dengan biaya hidup yang paling tinggi di tanah air. 

Jika tinggal di Kota Depok, maka kamu sekeluarga harus merogoh Rp13,36 juta per bulan. Setidaknya, masih sedikit lebih murah dari Jakarta. 

9. Bima (Nusa Tenggara Barat)

Kejutan datang kota yang berada di luar Pulau Jawa dan tidak tergolong kota besar, industri, atau bisnis seperti Bima. 

Bayangkan, biaya hidup di kota ini bisa mencapai Rp13,96 juta. Tentunya, mahal untuk menetap di kota yang terbilang kecil tersebut. 

Baca Juga :  5 Kota Termacet di Indonesia. Kamu Memang Bakal Tua di Jalan

10. Serang (Banten)

Posisi terakhir ditempati oleh Serang yang merupakan ibu kota Provinsi Banten dengan biaya hidup yang mencapai Rp13,03 juta per bulan. 

Sebagai kota yang dekat dengan Jakarta dan memiliki kawasan industri, warga Kota Serang harus merogoh pengeluaran yang banyak. 

kota dengan biaya hidup termahal di indonesia

Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Sumber Foto: Tribunnews.com

Cerita Lain Terkait Kota dengan Biaya Hidup Termahal di Indonesia

Jika ada kota dengan biaya hidup yang tinggi di tanah air, tentu ada kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia

Saat kamu berselancar melalui mesin pencari, banyak hasil pencarian mengenai biaya hidup termurah di kota apa atau kota termurah di Indonesia.

Banyak laman yang mengatakan Yogyakarta menjadi tempat dengan biaya hidup yang terjangkau antara Rp1 juta hingga Rp1,5 juta. 

Namun, sayangnya data tersebut memang tidak sama antar setiap situs. Maklum, mungkin berdasarkan pemantauan saja.  

Kalau merujuk dari data SBH 2018, maka kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia adalah Banyuwangi (Jawa Timur) dengan pengeluaran per keluarga per bulan Rp3,03 juta. 

Sementara itu, bagaimana dengan kota terkaya di Indonesia. Situs Kumparan.com pernah melansir Kota Kediri menempati posisi satu untuk kategori ini. 

Kota di Jawa Timur ini memiliki PDRB (produk domestik regional bruto) per kapita (per orang) mencapai Rp457,98 juta pada 2020 lalu. 

Bagi orang awam tentu tidak mudah untuk memahami PDRB, tetapi hal ini menjadi acuan untuk menghitung kota masuk kategori kaya atau tidak. 

Negara dengan Biaya Hidup Termurah di Dunia

Bagaimana halnya dengan negara atau kota dengan biaya hidup termurah atau malah sebaliknya termahal. Yuk, cari tahu. 

Negara apa yang biaya hidupnya murah? Melansir dari laman Wealthygorilla.com, negara tersebut adalah Indonesia! Pasti kamu tidak percaya. 

Laman tersebut menyatakan kalau biaya hidup di Indonesia hanya 340 US dollar (Rp5,3 juta) per bulan. Hmm, bagaimana menurut kamu?

Sementara untuk 10 kota dengan biaya hidup termahal di dunia secara berurutan adalah Singapura, Shanghai (China), Hongkong (China) London (Inggris), New York (Amerika Serikat), 

Selanjutnya kota yang masuk daftar, ada Monako, Dubai (Uni Emirat Arab), Taipei (Taiwan), Sao Paulo (Brasil), hingga Miami (Amerika Serikat). 

Nah, itulah ulasan singkat mengenai kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia. Kalau kamu tinggal di sini, bagaimana mengatur keuangannya?

Apakah harus hidup hemat, irit, dan pelit? Atau kamu berencana menambah penghasilan dengan memiliki bisnis sampingan?

Pembahasan ini memang ditujukan sebagai insight, panduan, dan rekomendasi bagi kamu yang ingin menetap atau pindah ke sebuah kota.

Sebelumnya, Investasiproperti.id sempat membahas kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia, tentunya bisa menjadi pertimbangan untuk tempat tinggal.

Jangan lewatkan ulasan mengenai daftar kota termiskin di Indonesia, kenapa ada sejumlah kota yang masuk ke dalam kategori seperti ini.

Situs Investasiproperti.id selalu menghadirkan konten menarik mengenai keunikan sebuah kota, kabupaten, atau provinsi di Indonesia. 

Share :

Baca Juga

masjid menara kudus

Panduan Properti

15 Keuntungan Tinggal di Kudus. Punya Fasilitas Bulutangkis Kelas Dunia
kota metro termasuk kota dengan biaya hidup murah di indonesia

Panduan Properti

9 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia. Siapa yang Beruntung Tinggal di Sini?
jembatan di batam

Panduan Properti

13 Alasan Tinggal di Batam. Dekat dengan Malaysia dan Singapura
tinggal di semarang

Panduan Properti

13 Kelebihan Tinggal di Semarang. Pilihan Kuliner dan Destinasi Wisata Banyak
investasi properti di semarang

Panduan Properti

5 Keuntungan Investasi Properti di Semarang. Punya Potensi Besar pada Masa Mendatang
mall terbesar di surabaya

Panduan Properti

10 Mall Terbesar di Indonesia. Masih Jadi Destinasi Hiburan di Perkotaan
kota termiskin di indonesia

Panduan Properti

10 Kota Termiskin di Indonesia. Didominasi Kota yang Berada di Indonesia Timur
infrastruktur di kota depok

Panduan Properti

12 Alasan Tinggal di Depok. Punya Banyak Pilihan Akses Transportasi