Home / Panduan Properti

Jumat, 20 Oktober 2023 - 18:00 WIB

10 Kota Terkaya di Indonesia. Didominasi Kota Bisnis dan Industri

Kota Palembang, Sumatra Selatan. Sumber Foto: Palembang.go.id

Kota Palembang, Sumatra Selatan. Sumber Foto: Palembang.go.id

Mau tahu daftar kota terkaya di Indonesia. Semua kota ini memang merupakan kota bisnis, ekonomi, dan industri di tanah air. 

Jika kamu mendapatkan pertanyaan kota apa paling kaya di Indonesia? Mungkin sebagian besar orang akan menjawab kota besar seperti Jakarta dan Surabaya. 

Jawaban yang tidak salah lantaran kedua kota ini tidak hanya terbesar dalam jumlah penduduk, tetapi juga menjadi pusat bisnis dan ekonomi. 

Apalagi, kedua kota tersebut memiliki kawasan penyangga dengan industri penunjang plus infrastruktur yang bagus. 

Bagi orang awam tentu sulit untuk menentukan definisi sebuah kota termasuk kaya raya atau tidak, berbeda dengan menentukan orang kaya. 

Situs Investasiproperti.id akan membahas daftar sederetan kota di tanah air yang tergolong kaya raya. Mungkin salah satunya kota tempat tinggal kamu. 

By the way, beberapa kota yang masuk daftar ini ternyata juga tergolong ke dalam kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia.

Investasiproperti.id merangkum dari berbagai sumber media online seperti Kumparan.com, Kompas.com, CNNIndonesia.com, dan masih banyak lagi. 

Mengenal Apa Itu PDRB 

Sebelum membahas kota terkaya di Indonesia pada 2022 atau 2023, sebaiknya kamu mulai mengenal PDRB (Produk Domestik Regional Bruto).

Badan Pusat Statistik (BPS) merupakan lembaga pemerintah yang rutin melakukan berbagai riset termasuk mengenai PDRB. 

PDRB menjadi salah satu metrik atau indikator yang menentukan tingkat kemakmuran suatu wilayah dalam bidang ekonomi.  

BPS menyatakan PDRB adalah sebuah indikator ekonomi yang mengukur nilai tambah bruto dari seluruh sektor perekonomian di suatu wilayah, baik kabupaten maupun kota di Indonesia.

Dalam menghitung PDRB, ada tiga pendekatan yang bisa dipakai yaitu pendekatan produksi, pendekatan pengeluaran, dan pendekatan pendapatan.

Bagi kamu yang awam tentu sulit untuk memahami PDRB dalam waktu singkat. Tidak semua orang bisa memahami istilah ekonomi. 

Namun, kamu bisa memiliki pemahaman kalau suatu kota tergolong kaya lantaran memiliki PDRB per kapita (per orang) yang tinggi. 

Investasiproperti.id akan mengutip data PDRB tahun 2020 sejumlah kota di Indonesia berdasarkan hasil dari riset BPS. 

kota terkaya di indonesia

Kota Kediri, Jawa Timur. Sumber Foto: Dhahanews.com/Instagram Kedirihitz

Daftar 10 Kota Terkaya di Indonesia

1. Kediri (Jawa Timur)

Apa kota yang paling kaya di Indonesia? Wah, ternyata Kota Kediri menjadi juaranya dengan PDRB per kapita sebesar Rp457,98 juta. 

Kota yang terbilang kecil ini memiliki industri manufaktur, perdagangan, dan jasa. Industri tekstil, garmen, dan rokok menjadi kontributor utama. 

Baca Juga :  Mengenal Pelabuhan Merak. Info Lengkap Soal Harga Tiket Penumpang dan Kendaraan

2. Bontang (Kalimantan Timur)

Salah satu kota terkaya di Kalimantan dengan PDRB per kapita yaitu Rp312,14 juta. Kota Bontang berjarak sekitar 120 km dari ibu kota provinsi yaitu Samarinda. 

Bontang merupakan kota industri dengan sektor utama seperti migas, gas bumi, petrokimia, dan energi utama di Indonesia. 

3. Jakarta (Jakarta)

Salah satu kota terpadat di Indonesia ini mempunyai PDRB per kapita mencapai Rp260,44 juta. Jakarta adalah kota bisnis dan keuangan. 

Kota ini juga dikenal sebagai kota perdagangan, jasa keuangan, hingga pariwisata dengan infrastruktur yang bisa dikatakan paling lengkap di negara ini. 

4. Cilegon (Banten)

Salah satu kota industri di Banten yang memiliki PDRB per kapita sekitar Rp233,02 juta. Cilegon hanya berjarak 17 km dari ibu kota provinsi yaitu Kota Serang

Kota ini memiliki industri dan manufaktur yang berkembang pesat terutama baja dan petrokimia. Ada sejumlah kawasan industri di Cilegon. 

5. Surabaya (Jawa Timur)

Salah satu kota terbesar di Indonesia dalam hal jumlah penduduk ini mempunyai PDRB per kapita mencapai Rp190,89 juta. 

Kota Surabaya merupakan ibu kota provinsi Jawa Timur sekaligus kota perdagangan, industri, dan jasa terbesar setelah Jakarta. 

kota paling kaya di indonesia

Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Sumber Foto: Balikpapan.prokal.co

6. Balikpapan (Kalimantan Timur)

Wah, ternyata Kota Balikpapan masuk ke dalam urutan kota terkaya di Indonesia dengan PDRB per kapita sekitar Rp155,97 juta. 

Salah satu kota industri di Kalimantan yang memiliki pemasukan dari sektor minyak dan gas. Sejumlah kota kaya di tanah air memang punya pendapatan dari sektor ini. 

7. Tarakan (Kalimantan Utara)

Kota yang paling kaya di mana saja ya, ternyata Kalimantan memasukkan banyak kota. Salah satunya Tarakan dengan PDRB per kapita Rp136 juta. 

Sebelumnya, Tarakan masuk ke dalam Provinsi Kalimantan Timur sebelum ada pemekaran wilayah pada 2012. Kota ini punya industri minyak dan gas. 

8. Dumai (Riau)

Satu lagi kota yang memiliki industri minyak masuk ke dalam daftar yaitu Dumai yang memiliki PDRB per kapita mencapai Rp115,61 juta. 

Salah satu kota terluas di Indonesia dari segi wilayah ini memiliki ladang minyak. Sejumlah perusahaan minyak nasional dan internasional beroperasi di kota ini. 

9. Makassar (Sulawesi Selatan)

Ibu kota provinsi ini juga masuk ke dalam daftar kota paling tajir di tanah air dengan PDRB per kapita mencapai sekitar Rp115,39 juta. 

Baca Juga :  13 Kelebihan Tinggal di Semarang. Pilihan Kuliner dan Destinasi Wisata Banyak

Kota Makassar merupakan pusat perdagangan, industri, dan pertanian di Pulau Sulawesi. Salah satu kota terbesar di kawasan timur Indonesia. 

10. Palembang (Sumatra Selatan)

Salah satu kota tertua di Indonesia yang juga masuk ke daftar dengan PDRB per kapita yang mencapai kurang lebih Rp107,12 juta. 

Ibu kota provinsi ini juga menjadi salah satu kota terbesar di Sumatra dalam jumlah penduduk. Kota Palembang juga merupakan kota perdagangan, industri, dan jasa. 

kota tarakan termasuk kota kaya di indonesia

Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Sumber Foto: Liputan6.com/Instagram Tarakan Tourism

Kisah Lain Mengenai Kota Terkaya di Indonesia 

Kalau mencari tahu 10 atau 20 kota terkaya di Indonesia, pastinya didominasi oleh kota yang memiliki industri skala besar, perdagangan, dan jasa. 

Jika Kediri menjadi kota paling tajir, mungkin kamu tahu provinsi apa yang paling terkaya di Indonesia? Hmm, kira-kira apa ya. 

Hmm, ternyata provinsi terkaya di Indonesia adalah Jakarta yang memiliki APBD (anggaran pendapatan dan belanja daerah) mencapai Rp83,7 triliun pada 2023. 

Sementara kota terkaya di dunia adalah New York, Amerika Serikat dengan total kekayaan para penduduknya yang mencapai 2,9 triliun US dollar (Rp45 ribu triliun).

New World Wealth 2021 menempatkan kota bisnis ini pada peringkat satu dunia. Kekayaan meliputi semua aset seperti properti, uang tunai, dan lainnya. 

By the way, Indonesia negara terkaya di urutan berapa ya kalau ada daftarnya. Ternyata, Indonesia berada di posisi 102. 

Menurut data Global Finance, Indonesia memiliki GDP PPP per kapita sebesar 15.855 US dollar (Rp248 juta) pada Mei 2023.

GDP PPP merupakan gross domestic product at purchasing power parity. Indikator ini digunakan untuk menyatakan kekayaan sebuah negara. 

Meski memang tidak mudah untuk dimengerti oleh pembaca awam, tetapi GDP PPP menjadi salah satu indikator untuk mengukur kekayaan negara.

Nah, inilah konten yang mengulas kota terkaya di Indonesia. Kamu yang tinggal di salah satu kota di atas sudah merasa kaya belum?

Konten ini diharapkan bisa menjadi panduan dan insight bagi kamu yang ingin tinggal di sebuah kota atau memutuskan pindah ke kota lain.

Sebelumnya, ada juga artikel mengenai kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia. Pastinya kamu mencari lokasi tempat tinggal seperti ini ya.

Situs Investasiproperti.id selalu menghadirkan artikel menarik mengenai keunikan sebuah kota, provinsi, atau daerah di Indonesia. 

Share :

Baca Juga

kelebihan menetap di klaten

Panduan Properti

12 Alasan Tinggal di Klaten. Kota Kecil yang Memiliki Pemandangan Bagus
mengenal flipper properti

Panduan Properti

Mengenal Apa Itu Flipper Properti. Bisa Meraup Cuan dalam Waktu Cepat 
kelebihan tinggal di bali

Panduan Properti

10 Kelebihan Tinggal di Bali. Bisa Kerja dalam Suasana Liburan
wisata di kota yogyakarta

Panduan Properti

10 Kelebihan Tinggal di Yogyakarta. Bukan Lagi Sekadar Kota Pendidikan
administrasi pergudangan

Panduan Properti

Mengenal Pergudangan Modern. Potensi Besar Terkait Jumlah Penduduk Indonesia
tinggal di purwokerto

Panduan Properti

12 Alasan Tinggal di Purwokerto. Kota Pilihan Para Pensiunan
tinggal di semarang

Panduan Properti

13 Kelebihan Tinggal di Semarang. Pilihan Kuliner dan Destinasi Wisata Banyak
tinggal di palangka raya

Panduan Properti

14 Kelebihan Tinggal di Palangka Raya. Ibu Kota Provinsi Terluas di Indonesia