Home / Panduan Properti

Rabu, 18 Oktober 2023 - 12:00 WIB

9 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia. Siapa yang Beruntung Tinggal di Sini?

Kota Metro di Lampung. Sumber Foto: Lampungnesia.com/Instagram Kotametroinfo

Kota Metro di Lampung. Sumber Foto: Lampungnesia.com/Instagram Kotametroinfo

Yuk, intip kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia. Kamu mungkin tertarik untuk menetap di sejumlah kota tersebut. 

Sejumlah orang mengatakan biaya hidup di Malang tergolong murah lantaran tergolong kota kecil sekaligus kota pendidikan.

Sementara biaya hidup di Bandung tergolong mahal, meski tergolong kota pendidikan. Namun, Kota Bandung memang kota besar dan destinasi wisata. 

Kalau membicarakan hal ini tentu tidak bisa menyamakan standar semua orang. Orang yang terbiasa makan di fast food bisa jadi tidak melirik makan di warteg. 

Jika ingin mencari tahu biaya hidup di Indonesia tentu lebih rumit lagi karena tidak mungkin menyamakan biaya hidup di kota besar dengan kota kecil. 

Bahkan, bukan tidak mungkin biaya hidup di Surabaya kalah kalau dibandingkan dengan biaya hidup di Kota Bekasi, Jawa Barat. 

Lantas bagaimana kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia untuk mahasiswa? Jawabannya tentu tidak mudah. 

Bandung, Yogyakarta, dan Malang adalah kota pendidikan, tetapi ketiganya juga kota tujuan wisata sehingga sulit mengukurnya. 

Situs Investasiproperti.id akan mengulas mengenai sejumlah kota di Indonesia yang memiliki biaya hidup sehari-hari yang tergolong murah. 

Investasiproperti.id merangkum dari berbagai sumber seperti Katadata.co.id, Kompas.com, Okezone.com, iNews.id, dan masih banyak lagi. 

Mencari Tahu Survei Biaya Hidup yang Diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik 

Laman Investasiproperti.id juga mengutip data mengenai Survei Biaya Hidup (SBH) yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) setiap beberapa tahun sekali. 

Artikel ini mengutip data dari SBH yang diselenggarakan pada 2018. Sebelumnya, BPS melangsungkan riset serupa pada 2012 lalu.

Hmm, karena data yang dikutip memang berasal dari 2018, tentunya tidak bisa memberikan ilustrasi yang nyata pada 2023. 

Namun, setidaknya data SBH dari BPS ini memang valid dikomparasikan dengan data lain lantaran riset memang diselenggarakan dengan mengambil responden ratusan ribu rumah tangga di Indonesia.

Dalam survei ini, ada ratusan rumah tangga yang dipantau terkait nilai pengeluaran konsumsi baik jenis barang maupun jasa selama satu tahun. 

Sesungguhnya, BPS telah menyelenggarakan SBH pada 2022, tetapi hasilnya belum dipublikasikan secara luas kepada masyarakat. 

kota dengan biaya hidup termurah di indonesia

Kota Banyuwangi di Jawa Timur. Sumber Foto: Tribunnews.com

Daftar Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia

1. Banyuwangi (Jawa Timur) 

Apakah biaya hidup di Banyuwangi mahal? Sebaliknya, kota ini malah tergolong paling murah  dengan biaya hidup per bulan untuk keluarga dengan empat orang anggota hanya Rp3,03 juta. 

Baca Juga :  13 Alasan Tinggal di Batam. Dekat dengan Malaysia dan Singapura

Bagi kamu yang memiliki pengetahuan umum agak payah, Banyuwangi merupakan kota tepi pantai yang menghadap Selat Bali sekaligus menjadi akses penyeberangan ke Bali. 

2. Kudus (Jawa Tengah)

Di mana biaya hidup termurah di Indonesia, salah satunya ada di Kota Kudus dengan pengeluaran per keluarga per bulan yaitu Rp3,08 juta. 

Kudus merupakan kota industri. Sejumlah perusahaan seperti Djarum dan Polytron memiliki pabrik di kota yang berada di Pantai Utara Jawa.

3. Singaraja (Bali) 

Siapa menyangka kalau biaya hidup di Bali tidak selamanya mahal, tengok saja pengeluaran per keluarga per bulan yang hanya Rp3,11 juta. 

Jika di Singaraja memang murah, tetapi tidak demikian halnya jika kamu menetap di kawasan wisata di Bali seperti Kuta, Ubud, atau Nusa Dua. 

4. Metro (Lampung) 

Kota lain dengan biaya hidup yang tergolong sangat terjangkau adalah Metro. Kamu hanya perlu mengeluarkan Rp3,12 juta per bulan. 

Metro merupakan kota kecil yang berjarak kurang lebih 52 km dari ibu kota Provinsi Lampung, Bandar Lampung. Metro adalah kota terbesar kedua di Lampung. 

5. Probolinggo (Jawa Timur) 

Kota apa yang termurah di Jawa Timur selain Banyuwangi, ternyata Probolinggo dengan pengeluaran hanya Rp3,29 juta per bulan untuk satu keluarga. 

Probolinggo berjarak sekitar 100 km dari ibu kota Provinsi Jawa Timur, Kota Surabaya. Probolinggo adalah kota terbesar keempat di Jawa Timur dari jumlah penduduk. 

biaya hidup di kota tegal

Kota Tegal di Jawa Tengah. Sumber Foto: Jateng.disway.id/Wisatarakyat.com

6. Tegal (Jawa Tengah) 

Kalau ada pertanyaan biaya hidup termurah di kota apa? Salah satunya adalah Tegal dengan biaya hanya Rp3,3 juta per bulan untuk satu keluarga. 

Tegal tentu dikenal warung makanan yang tersebar di seluruh Indonesia terutama Jakarta. Meski tidak luas, tetapi Tegal tidak termasuk kota terkecil di Indonesia

7. Cilacap (Jawa Tengah) 

Salah satu kota di Pantai Selatan Jawa masuk ke dalam daftar. Biaya hidup di kota ini untuk satu keluarga hanya Rp3,39 juta. 

Jangan salah lho, Cilacap merupakan kota industri lantaran ada industri pengolahan minyak, pabrik semen, dan industri lainnya. 

8. Madiun (Jawa Timur) 

Kota lainnya di Jawa Timur yang masuk daftar adalah Madiun dengan biaya hidup per bulan untuk satu keluarga yaitu Rp3,4 juta. 

Lokasi kota ini terbilang tidak strategis, meski begitu Madiun merupakan kota terbesar keempat di Jawa Timur dalam hal jumlah penduduk. 

Baca Juga :  7 Keunggulan Investasi Properti di Bogor. Punya Potensi Terpendam

9. Jember (Jawa Timur)

Kota lainnya di Jawa Timur kembali masuk daftar. Biaya hidup di Jember untuk satu keluarga per bulan hanya Rp3,48 juta. 

Lokasi Jember dekat dengan Banyuwangi. Jarak kedua kota ini hanya sekitar 103 km. Jember juga menjadi kota pendidikan dengan banyaknya universitas swasta. 

biaya hidup di kota singaraja tergolong murah

Kota Singaraja di Bali. Sumber Foto: Balipost.com

Kisah Lain Terkait Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia

Kalau ada kota dengan pengeluaran hidup termurah per bulan di tanah air, tentunya ada hal yang sebaliknya alias kota termahal. 

Menurut data yang sama yaitu SBH 2018 dari BPS, inilah 10 kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia secara berurutan yaitu Jakarta (Jakarta) dan Bekasi (Jawa Barat).

Lantas ada Surabaya (Jawa Timur), Makassar (Sulawesi Selatan), Kendari (Sulawesi Tenggara), dan Semarang (Jawa Tengah).

Tidak ketinggalan, Tangerang (Banten), Depok (Jawa Barat), Bima (Nusa Tenggara Barat), dan Serang (Banten) termasuk di dalamnya. 

Jakarta memang menjadi kota termahal di Indonesia. Berdasarkan data SBH 2018 oleh BPS, biaya hidup per bulan untuk satu keluarga mencapai Rp16,9 juta per bulan. 

Lantas bagaimana dengan kota dengan biaya hidup termurah di dunia? Laman Katadata.co.id mengutip temuan Economist Intelligence Unit

Riset pada 2021, Kota Damaskus di Suriah menjadi kota dengan biaya hidup termurah. Kota ini memiliki skor 12 dan berada di posisi 173 dari 173 negara yang masuk riset. 

Economist Intelligence Unit mengatakan harga-harga barang dan jasa di Damaskus hancur lebur lantaran perang yang berlangsung di Suriah.

Lembaga riset ini memang tidak menyebutkan harga dalam dollar Amerika Serikat atau satuan uang lainnya, melainkan hanya skor. 

Nah, itulah ulasan singkat mengenai kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia. Semoga bisa memberikan panduan dan insight. 

Bagi yang berencana untuk pindah ke kota lain tentunya bisa memperoleh gambaran mengenai biaya hidup di sebuah kota kecil di tanah air. 

Jika kamu bisa bekerja remote alias work from anywhere, mungkin mau mempertimbangkan tinggal di kota dengan biaya hidup yang murah.

Sebelumnya, Investasiproperti.id pernah membahas daftar sejumlah kota terkaya di Indonesia. Mungkin kota tempat tinggal kamu masuk daftar ya.

Jangan lewatkan juga sejumlah kota termiskin di Indonesia, seperti apa profil kota yang masuk ke dalam daftar kategori kota seperti ini.

Situs Investasiproperti.id selalu menyajikan konten menarik mengenai panduan area atau rekomendasi kawasan di Indonesia. 

Share :

Baca Juga

suasana kota medan

Panduan Properti

13 Keunggulan Tinggal di Medan. Kota Bisnis dan Metropolitan di Sumatra
rumah di makassar

Panduan Properti

15 Keuntungan Tinggal di Makassar. Kota Metropolitan di Indonesia Timur
potret istana bogor

Panduan Properti

15 Alasan Tinggal di Bogor. Kota Hujan yang Cocok untuk Tempat Tinggal
pulau terbesar di indonesia

Panduan Properti

10 Pulau Terbesar di Indonesia Plus Luas Wilayah dan Jumlah Penduduk
kelebihan tinggal di bali

Panduan Properti

10 Kelebihan Tinggal di Bali. Bisa Kerja dalam Suasana Liburan
alasan tinggal di gresik

Panduan Properti

12 Alasan Tinggal di Gresik. UMK Tinggi, Cocok untuk Para Pencari Kerja
kota palembang tergolong kota kaya

Panduan Properti

10 Kota Terkaya di Indonesia. Didominasi Kota Bisnis dan Industri

Panduan Properti

12 Keuntungan Tinggal di Lamongan. Dekat dengan Kawasan Industri di Gresik