Home / Panduan Properti

Senin, 18 September 2023 - 09:00 WIB

15 Keuntungan Tinggal di Kudus. Punya Fasilitas Bulutangkis Kelas Dunia

Sumber Foto: Visitjawatengah.jatengprov.go.id

Sumber Foto: Visitjawatengah.jatengprov.go.id

Yuk, cari tahu alasan tinggal di Kudus, kota di Pantai Utara Jawa ini ternyata mempunyai sejumlah keunggulan dan kelebihan.

Kenapa disebut kota Kudus? Ternyata, sejarah kota ini memang panjang, sejak masa Sunan Kudus yang menyebarkan agama Islam pada abad ke-16.

Sunan Kudus atau Ja’far Shadiq memberikan nama Kudus pada kota ini, satu-satunya nama kota di Jawa berdasarkan nama Arab.

Sebagai penyebar agama Islam, ia mendirikan Masjid Menara Kudus yang masih berdiri hingga saat ini. Mungkin kamu pernah ke sini. 

Lantas seperti apa sih kota kecil ini? Simak ulasan singkat mengenai alasan bekerja dan menetap di Kudus, salah satu kota kecil pilihan.

Situs Investasiproperti.id akan membahas sejumlah kelebihan dan keunggulan menetap di kota kecil di Pantai Utara Jawa ini. 

Investasiproperti.id mengutip dari berbagai sumber terutama media online, berbincang dengan orang yang pernah tinggal di kota ini, sekaligus pernah mendatanginya. 

suasana kota kudus

Sumber Foto: Bolehmerokok.com

Alasan Tinggal di Kudus, Jawa Tengah

1. Masyarakat yang Toleran

Mayoritas penduduk kota ini memang beragama Islam, tetapi toleransi antar umat beragama telah terbangun sejak lama di sini. 

Salah satu bentuknya tidak memakan sapi yang dihormati oleh umat Hindu atau bentuk Masjid Menara Kudus yang seperti candi.

2. Kota Industri 

Kalau ada yang bertanya keluarga Hartono itu siapa? Mereka adalah pemilik Djarum Group, Polytron, dan perusahaan lain di Kudus. Kudus mirip Kota Kediri, kota kecil yang memiliki industri rokok skala besar.

Kota ini memang mempunyai sejumlah industri milik keluarga terkaya di Indonesia, mereka juga memiliki BCA, Blibli, dan masih banyak lagi.

3. Berada di Jalur Pantura

Kalau kamu masih bingung di mana area Kudus? Maka kota ini berada di Pantai Utara Jawa yang termasuk jalur transportasi yang ramai. 

Kawasan ini sudah terhubung dengan Tol Trans Jawa yang menghubungkan kota-kota besar di Pulau Jawa. Letak kota ini tidak jauh dari Semarang.

4. Kota yang Termasuk Kecil 

Bayangkan kalau luas kota ini hanya 11 km2 dengan jumlah penduduk hanya 91 ribu jiwa pada 2022, menurut data Kementerian Dalam Negeri. 

Baca Juga :  10 Mall Terbesar di Indonesia. Masih Jadi Destinasi Hiburan di Perkotaan

Jangan dibandingkan dengan Jakarta atau Surabaya, Kudus memang terbilang kecil dari luas wilayahnya. Seharusnya, Kudus masuk kota terkecil di Indonesia ya.

5. Tidak Ada Kemacetan 

Bagi yang bosan dengan kemacetan setiap hari, pindah ke kota kecil seperti ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Hidup bebas dari macet. 

Pastinya, kamu tidak akan menemukan kemacetan di kota kecil dengan jumlah penduduk yang juga sedikit. Tidak seperti Kota Surabaya atau Jakarta yang selalu macet.

6. Biaya Hidup yang Tergolong Murah 

Laman media online Pikiranrakyat.com pernah melansir kalau biaya hidup untuk satu keluarga di kota ini hanya Rp3 juta per bulan. 

Hal ini tentu terbilang murah kalau dibandingkan kota besar seperti Jakarta, Surabaya, Medan, Bandung, atau Batam.

7. UMK yang Termasuk Tidak Tinggi dan Cocok untuk Wirausaha Pemula

Sayangnya, UMK (upah minimum kota/kabupaten) memang rendah hanya Rp2,4 juta per bulan, berdasarkan data dari Katadata.

Meski begitu, kalau kamu berencana membuka usaha di kota ini, tentunya menjadi keuntungan tersendiri karena gaji karyawan tidak tinggi. 

8. Dekat dengan Semarang

Bagi kamu yang ingin mencari suasana kota besar dan kangen ingar bingar, bisa menuju ke Kota Semarang yang juga ibu kota Jawa Tengah. 

Jarak kedua kota ini hanya 65 km dengan melewati Demak, salah satu kota besar di Jawa Tengah dan Pantai Utara Jawa.

soto kudus

Sumber Foto: Wartabulukumba/Pikiran-rakyat.com/Instagram Soto Kudus Senayan

9. Harga Rumah yang Masih Terjangkau

Jika melihat beberapa laman properti, harga rumah di Kudus masih terbilang murah kalau dibandingkan kawasan Jabodetabek misalnya. 

Harga rumah tipe 36/81 hanya seharga Rp250 jutaan atau rumah tipe 45/88 hanya Rp395 juta, pastinya hunian memiliki luas tanah lebih lapang.

10. Fasilitas Olahraga Kelas Dunia 

Djarum memiliki Gelanggang Olahraga (GOR) Djarum yang menjadi tempat pembinaan pemain bulutangkis Persatuan Bulutangkis (PB) Djarum. 

Fasilitas kelas dunia ini telah menghasilkan banyak pemain kelas dunia dan menyumbang ke pelatihan nasional (pelatnas) Cipayung, Jakarta.

Baca Juga :  4 Alasan Kenapa Rumah di Menteng Mahal? Sobat Misqueen Silakan Menangis

11. Daerah Tujuan Wisata yang Banyak

Ingin healing saat akhir pekan bersama keluarga? Tenang saja ada banyak pilihan mulai dari Alun-alun Kudus Baru, Masjid Menara Kudus, hingga Makam Sunan Kudus. 

Kalau bosan, ada pilihan lain sejumlah tujuan wisata lainnya di Kabupaten Kudus yang memiliki wisata keluarga, ziarah, religi, hingga kuliner. 

12. Terkenal dengan Masjid Menara Kudus

Salah satu tujuan wisata di Kudus adalah Masjid Menara Kudus yang masih terawat hingga saat ini. Salah satu masjid tertua di Indonesia. 

Banyak orang yang berziarah ke kota ini untuk melihat keunikan masjid dengan perpaduan arsitektur Islam dan Hindu. 

13. Kota Santri

Seperti halnya Kabupaten Gresik, Lamongan, atau Kediri yang ada di Jawa Timur, Kudus juga terkenal lantaran menjadi kota santri. 

Sejumlah pondok pesantren berdiri di kota ini, hal yang wajar karena Sunan Kudus menjadi penyebar agama Islam.

14. Fasilitas Umum dan Sosial yang Bagus 

Meski kota kecil, tetapi fasilitas umum dan sosial terbilang lengkap mulai dari pasar, sekolah, universitas, taman, hingga pusat perbelanjaan

Hanya saja tidak ada perguruan tinggi negeri seperti halnya di kota terdekat seperti Kota Semarang, melainkan universitas swasta.

15. Pilihan Kuliner yang Banyak 

Kudus terkenal apa? Tentu saja lantaran kulinernya yang berbasis kerbau karena Sunan Kudus menghormati umat Hindu yang tidak menyantap daging sapi.

Kamu akan menemukan soto kudus, pindang kerbau dan sate kerbau yang berbahan daging kerbau, lentog tanjung, garang asem, hingga opor bakar sunggingan.

Wow, banyak juga ya kelebihan dan keunggulan tinggal di Kudus, bisa menjadi alasan untuk segera menetap di kota ini. 

Sebelumnya, Investasiproperti.id pernah membahas keunggulan menetap di Kota Salatiga, salah satu kota kecil lainnya di Jawa Tengah.

Tidak ketinggalan, ada ulasan mengenai tinggal di Magelang, salah satu kota kecil lainnya di Jawa Tengah. Kota ini bisa menjadi pilihan untuk menetap.

Situs Investasiproperti.id selalu menghadirkan rekomendasi dan panduan sebuah kawasan atau kota untuk investor dan end user

Share :

Baca Juga

daftar bandara terbesar di indonesia

Panduan Properti

11 Bandara Terbesar di Indonesia. Kamu Pernah Mendarat di Mana Saja?
gapura kota tangerang

Panduan Properti

13 Kelebihan Tinggal di Tangerang. Tidak Kalah dengan Tangerang Selatan
investasi properti di kota yogyakarta

Panduan Properti

5 Kelebihan Investasi Properti di Yogyakarta. Dapat Cuan dari Anak Kos dan Wisatawan
suasana kota tua di cirebon

Panduan Properti

13 Keuntungan Tinggal di Cirebon. Lokasi Strategis di Pantai Utara Jawa
patimban menjadi pelabuhan terbesar di indonesia

Panduan Properti

Mengenal Pelabuhan Patimban, Pelabuhan Terbesar di Indonesia
kota tertua di indonesia

Panduan Properti

20 Kota Tertua di Indonesia. Ada yang Sudah Berdiri Sejak Zaman Kerajaan Sriwijaya dan Kadiri
kelebihan tinggal di bali

Panduan Properti

10 Kelebihan Tinggal di Bali. Bisa Kerja dalam Suasana Liburan
jual beli properti

Panduan Properti

Mengenal Apa Itu Fixer-Upper. Peluang Punya Rumah di Pusat Kota