Home / Panduan Properti

Minggu, 30 Juni 2024 - 16:00 WIB

22 Mall Terkecil di Indonesia. Mayoritas Berada di Kota Kecil

Sumber Foto: Metropolisland.id

Sumber Foto: Metropolisland.id

Inilah mall terkecil di Indonesia dari sisi luas area sewa, sebagian pusat perbelanjaan ini memang berada kota yang relatif kecil. 

Siapa sih yang tidak menghabiskan waktu ke pusat perbelanjaan saat ini terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan, entah kota besar atau kota kecil. 

Saat ini, kamu tidak usah heran kalau kehadiran mal sudah merambah ke kota kecil hampir di seluruh pelosok Indonesia. 

Tentunya luas pusat perbelanjaan ini memang tidak besar, malah relatif kecil kalau dibandingkan dengan mall di kota besar. 

Bagi kamu yang tinggal di Jakarta, pasti pernah main ke salah satu mal paling top saat ini, apalagi kalau bukan Mal Kota Kasablanka dengan luas area sewa 60 ribu meter persegi. 

Mal yang ngetop dengan nama Kokas ini saja tidak masuk daftar 10 besar pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia. 

Namun, Kokas tentu jauh lebih luas dibandingkan dengan sederetan pusat perbelanjaan yang punya luas paling tinggi hanya sepertiganya. 

Cara Menghitung Luas Pusat Perbelanjaan 

Situs berita online Kompas.com pernah mengutip pernyataan Direktur Utama Pakuwon Group Alexander Stefanus Ridwan.

Alexander juga aktif menjadi Anggota Dewan Pembina Asosiasi Pengusaha Pusat Belanja Indonesia (APPBI).

Ia pernah menjelaskan mengenai luas sebuah pusat perbelanjaan dengan menghitung NLA (nett leasable area) atau luas area sewa. 

Mengutip laman Penilaian.id, ada sejumlah istilah terkait bangunan properti sewa seperti GFA (gross floor area) dan semi-gross floor area.

Gross floor area adalah jumlah keseluruhan permukaan lantai bangunan yang dihitung dari dinding terluar bangunan.

Sementara semi-gross floor area mencakup luas lantai tertentu dalam gedung yang ditetapkan oleh pemilik untuk dijual atau disewakan kepada anchor tenant dan penyewa lainnya.

Luasnya mencakup koridor, lobi, dan ruang fasilitas yang dihitung secara proporsional, tetapi tidak termasuk ruang lift, tangga darurat, dan area M&E (mechanical & electrical).

mall terkecil di indonesia

Sumber Foto: Facebook.com

Daftar Mall Terkecil di Indonesia

Situs Investasiproperti.id mengutip dari laman resmi Lippomalls.com, salah satu developer yang mengelola pusat perbelanjaan. 

Tidak banyak data mengenai pusat perbelanjaan yang kecil, tetapi Lippo yang menjadi operator sejumlah mal memang mempunyainya. 

Seluruh pusat perbelanjaan yang masuk daftar memang dikelola oleh Lippo Malls dan berada di seluruh Indonesia.

1. Benton Junction (Tangerang, Banten)

Benton Junction yang hanya memiliki satu lantai ini berada di kawasan perumahan Lippo Village,  Tangerang, Banten dengan luas hanya 4.261 meter persegi saja.

Namun, tidak usah heran lantaran mal ini memang hanya ditujukan untuk area kuliner dibandingkan pusat perbelanjaan yang lebih lengkap. 

2. Lippo Plaza Sunset (Bali) 

Kalau kamu sering liburan ke Bali, mungkin pernah melewati Sunset Road, Kuta dan menemukan mal dengan luas 5.648 meter persegi. 

Pusat perbelanjaan dengan tiga lantai ini memiliki sejumlah penyewa, yakni supermarket, fitness center, toko elektronik, cafe, dan restoran. 

3. Kudus Extension Mall (Kudus, Jawa Tengah)

Mal ini cuma mempunyai dua lantai dengan luas 5.939 meter persegi, berlokasi di Kota Kudus, kota kecil berpenduduk hanya 91 ribu jiwa pada 2022. 

Salah satu mall terkecil di Indonesia ini mempunyai penyewa supermarket, area hiburan, makan, dan rekreasi untuk keluarga. 

4. Lippo Plaza Manado (Manado, Sulawesi Selatan)

Mal ini hanya memiliki satu lantai dengan luas 9.544 meter persegi dan berada di ibu kota provinsi, terbilang pusat perbelanjaan yang kecil. 

Baca Juga :  13 Alasan Tinggal di Banjarbaru. Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan yang Baru

Pusat perbelanjaan ini menjadi destinasi belanja yang lengkap dengan supermarket dan sejumlah restoran untuk keluarga. 

 5. Plaza Aceh (Banda Aceh, Aceh) 

Lantaran berlokasi di provinsi yang menerapkan syariat Islam, mal ini bernuansa Islami dengan area makan bergaya Timur Tengah. 

Pusat perbelanjaan setinggi empat lantai dengan luas 10.621 meter persegi ini cocok untuk tempat menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman. 

plaza madiun

Plaza Madiun. Sumber Foto: Lippomalls.com

6. Plaza Madiun (Madiun, Jawa Timur) 

Mall yang memiliki tiga lantai ini berlokasi di kota kecil dengan penduduk hanya 199 ribu orang pada 2022. Cek saja di peta kalau belum tahu letak kota ini. 

Pusat perbelanjaan dengan luas 11.152 meter persegi ini berada di pusat kota, lengkap dengan department store dan supermarket. 

7. Grand Palladium Medan (Medan, Sumatera Utara)

Meski memiliki enam lantai, tetapi pusat perbelanjaan ini hanya punya luas 12.305 meter persegi saja, tergolong kecil ya untuk Kota Medan.

Mal ini punya sejumlah anchor tenant atau penyewa utama seperti department store, supermarket, bioskop, hingga sejumlah restoran. 

8. Depok Town Square (Depok, Jawa Barat)

Mal ini punya lima lantai, tetapi luas areanya hanya 12.824 meter persegi sekaligus menjadikannya salah satu pusat perbelanjaan yang sempit. 

Masyarakat Kota Depok dan sekitar mengenalnya dengan nama Detos, cocok untuk destinasi belanja dengan harga yang terjangkau. 

9. Maxxbox Lippo Village (Tangerang, Banten)

Pusat perbelanjaan dua lantai ini memiliki luas area 13.602 meter persegi, berlokasi di area perumahan Karawaci.

Konsep mal ini memang simpel, punya interior modern, tetapi menjadi destinasi untuk mencari hiburan dan bersantai dari masyarakat sekitarnya.  

10. Plaza Pekalongan (Pekalongan, Jawa Tengah)

Pusat perbelanjaan terbesar di kota yang berada di Pantai Utara Jawa, kota yang relatif kecil dengan penduduk hanya 315 ribu jiwa. 

Mal dengan tiga lantai dengan luas 13.719 meter persegi  ini dilengkapi dengan department store, supermarket, dan restoran.

lippo plaza jambi

Lippo Plaza Jambi. Sumber Foto: Lippomalls.com

11. Lippo Plaza Jambi (Kota Jambi, Jambi)

Pusat perbelanjaan ini memiliki sejumlah tenant seperti department store, supermarket, bioskop, hingga restoran. 

Mal yang menjadi destinasi belanja dan kuliner untuk keluarga  ini memiliki tiga lantai dengan luas area hanya 14.439 meter persegi saja. 

12. Lippo Plaza Buton (Buton, Sulawesi Tenggara)

Mal ini berada di Kota Bau Bau, Pulau Buton, sebuah pulau yang hanya memiliki penduduk 500 ribu jiwa saja. 

Pusat perbelanjaan dengan satu lantai ini memiliki luas 15.007 meter persegi, lengkap dengan department store dan supermarket. 

13. Metropolis Town Square (Tangerang, Banten) 

Diklaim sebagai destinasi belanja dan hiburan keluarga pertama di Tangerang, lantaran punya fasilitas yang lengkap.

Pusat perbelanjaan ini memiliki tiga lantai dengan luas area 15.096 meter persegi, tentunya memang tergolong kecil ya. 

14. Kediri Town Square (Kediri, Jawa Timur)

Mal ini memiliki penyewa lengkap dari supermarket, department store, hingga restoran sehingga cocok untuk tempat berkumpul keluarga dan teman. 

Pusat perbelanjaan ini berada di Kota Kediri yang merupakan kota kecil berpenduduk 289 ribu jiwa saja, bangunannya punya dua lantai dengan luas area 16.647 meter persegi.

Baca Juga :  13 Keunggulan Tinggal di Medan. Kota Bisnis dan Metropolitan di Sumatra

15. Lippo Plaza Batu (Batu, Jawa Timur)

Kota kecil ini dikenal sebagai destinasi wisata di Jawa Timur, jumlah penduduknya hanya 213 ribu jiwa pada 2020. Batu dekat dengan Kota Malang.

Mal ini dikenal dengan nama Batos, punya tiga lantai dengan luas area 17.553 meter persegi, serta dilengkapi department store dan supermarket. 

mega town square palangkaraya

Mega Town Square Palangkaraya. Sumber Foto: Lippomalls.com

16. Mega Town Square Palangkaraya (Palangkaraya, Kalimantan Tengah) 

Pusat perbelanjaan yang berlokasi di ibu kota provinsi ini memiliki tiga lantai dengan luas area hanya 17.600 meter persegi. Palangkaraya merupakan kota terbesar di Indonesia dari segi wilayah.

Masyarakat setempat mengenalnya dengan nama Metos sekaligus menjadi destinasi belanja dan tempat menghabiskan waktu bersama keluarga. 

17. Lippo Plaza Lubuklinggau (Lubuklinggau, Sumatera Selatan)

Pusat perbelanjaan ini berlokasi di Lubuklinggau, kota kecil yang hanya memiliki penduduk 240 ribu jiwa pada 2022. 

Mal dengan tiga lantai ini memiliki department store, supermarket, dan sejumlah tenant ritel lainnya dengan luas area 19.427 meter persegi. 

18. Lippo Plaza Kendari (Kendari, Sulawesi Tenggara)

Berlokasi di ibu kota provinsi, salah satu mal terkecil di Indonesia ini memiliki empat lantai dan luas area hanya 20.204 meter persegi.

Pusat perbelanjaan ini memang untuk keluarga karena memiliki department store, supermarket, bioskop, hingga restoran. 

19. Lippo Mall Kuta (Bali)

Lokasi mal ini berada di Jalan Kartika Plaza yang sangat ramai di Bali dan dekat dengan Bandara I Gusti Ngurah Rai.

Pusat perbelanjaan ini punya tiga lantai dengan luas area hanya 20.631 meter persegi, cocok untuk bersantai sejenak saat traveling ke Pulau Dewata

20. Tamini Square (Jakarta)

Mal ini berlokasi dekat dengan Taman Mini Indonesia Indah dan akses tol, punya banyak anchor tenant dari kuliner hingga hiburan. 

Meski pusat perbelanjaan ini mempunyai lima lantai, tetapi luas areanya hanya mencapai 17.475 meter persegi saja. 

mall of serang

Mall of Serang. Sumber Foto: Lippomalls.com

21. Mall of Serang (Serang, Banten) 

Pusat perbelanjaan ini berada di ibu kota provinsi, pasti banyak yang belum tahu kalau Serang adalah ibu kota provinsi Banten. 

Mal ini memiliki dua lantai dengan luas 21.651 meter persegi, termasuk pusat perbelanjaan terbesar di Serang karena fasilitasnya lengkap. 

22. Lippo Mall Sidoarjo (Sidoarjo, Jawa Timur)

Pusat perbelanjaan tiga lantai ini dengan luas 23.728 meter persegi ini berada di kota yang menjadi kawasan penyangga Surabaya yang merupakan ibu kota provinsi Jawa Timur. 

Mal ini berada di pusat kota, dekat dengan akses tol, serta memiliki fasilitas lengkap mulai dari fesyen, kuliner, hingga area bermain anak. 

Nah, itulah mall terkecil di Indonesia, mungkin kamu pernah mengunjunginya ketika traveling atau saat dinas luar kota.

Bagi kamu yang tinggal di Surabaya, tentunya sederetan pusat perbelanjaan ini kalah jauh dari Mall Pakuwon yang menjadi mall terbesar di Indonesia

Atau kalau kamu menetap di Jakarta, mungkin pernah mengunjungi Mal Kelapa Gading yang menjadi mall terbesar di Jakarta.

Nah, itulah ulasan yang menarik mengenai mall terkecil di Indonesia, mungkin kamu pernah bertandang ke salah satu pusat perbelanjaan di atas?

Situs Investasiproperti.id selalu menghadirkan konten menarik seperti desain interior, properti, hingga gaya hidup. 

Share :

Baca Juga

anchor tenant gedung perkantoran

Panduan Properti

Mengenal Anchor Tenant di Mall dan Kantor. Apa Keuntungan Bagi Pengelola dan Penyewa?
kota padang panjang punya jumlah penduduk yang sedikit

Panduan Properti

10 Kota dengan Jumlah Penduduk Terkecil di Indonesia. Jumlahnya Masih Kalah dengan Kecamatan di Jakarta
administrasi pergudangan

Panduan Properti

Mengenal Pergudangan Modern. Potensi Besar Terkait Jumlah Penduduk Indonesia
mall terbesar di surabaya

Panduan Properti

10 Mall Terbesar di Indonesia. Masih Jadi Destinasi Hiburan di Perkotaan
wisata di kota yogyakarta

Panduan Properti

10 Kelebihan Tinggal di Yogyakarta. Bukan Lagi Sekadar Kota Pendidikan

Panduan Properti

13 Alasan Tinggal di Kediri. Kota Industri yang Dekat dengan Destinasi Wisata
kota terbesar di indonesia menurut luas area

Panduan Properti

10 Kota Terluas di Indonesia Menurut Luas Wilayah. Jakarta Tidak Masuk Daftar!
kelebihan tinggal di kota surabaya

Panduan Properti

18 Kelebihan Tinggal di Surabaya. Metropolitan Terbesar Kedua di Indonesia