Home / Panduan Properti

Selasa, 10 Oktober 2023 - 13:00 WIB

10 Kota Terdingin di Indonesia. Semua Kota Berada di Kawasan Dataran Tinggi

Kota Bukittinggi di Sumatra Barat. Sumber Foto: Bukittinggikota.go.id

Kota Bukittinggi di Sumatra Barat. Sumber Foto: Bukittinggikota.go.id

Simak daftar kota terdingin di Indonesia. Meski berada di kawasan khatulistiwa, ada sejumlah kota yang memiliki temperatur sejuk. 

Indonesia memang berada di kawasan tropis, meski begitu tidak semua kawasan memiliki temperatur yang panas menyengat. 

Ada sejumlah tempat yang memiliki suhu dingin, apalagi negara ini memiliki kawasan pegunungan dan gunung tinggi di sejumlah pulau. 

Jika kamu ditanya di mana tempat paling dingin di indonesia? Ada yang menyatakan Wanea Jayawijaya merupakan tempatnya. 

Laman Sindonews.com mengutip data dari stasiun meteorologi Wamena Jayawijaya yang menyatakan suhu terendah 4,5 derajat Celcius pada Agustus dan Desember 2015. 

Data lain menunjukkan kalau rata-rata suhu udara di bawah 10 derajat Celcius pada Juni-Juli-Agustus dan Oktober-November-Desember.

Selanjutnya, kalau ada pertanyaan apa nama kota terdingin di Indonesia? Maka banyak yang mengatakan Kota Mulia. 

Laman Narasi.tv melansir bahwa ibu kota Kabupaten Puncak Jaya ini menjadi kota paling dingin di tanah air meski tidak menyebutkan temperaturnya. 

Kota ini sendiri berada di ketinggian 2.448 meter di atas permukaan laut atau mdpl. Kota ini berada di Pegunungan Jaya Wijaya sehingga berhawa sejuk. 

Hmm, bagaimana dengan provinsi terdingin di Indonesia? Laman Katadata.co.id mengutip data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan Badan Pusat Statistik (BPS).

Jawa Timur merupakan provinsi terdingin di Indonesia sepanjang tahun 2022 lantaran memiliki suhu rata-rata 24,99 derajat Celcius. 

Temperatur paling rendah di provinsi ini adalah 14,6 derajat Celcius, sementara suhu tertingginya juga hanya 31,4 derajat Celcius. 

Nah, mungkin kamu semakin bingung mengenai kota yang memiliki temperatur paling adem di seluruh tanah air lantaran data tersebut. 

Situs Investasiproperti.id akan membahas mengenai hal ini agar memberikan panduan mengenai kota berhawa paling sejuk. 

Investasiproperti.id merangkum dari berbagai sumber mulai dari Climate4life.info, Katadata.co.id, Kompas.com, Sindonews.com, dan masih banyak lagi. 

ruteng termasuk kota yang dingin di indonesia

Kota Ruteng di Nusa Tenggara Timur (NTT). Sumber Foto: Viva.co.id

Sekilas Mengenai Sistem Klasifikasi Cuaca di Indonesia 

Situs Climate4life.info sempat mengulas terkait iklim dan cuaca di Indonesia sehingga dapat menyajikan ilustrasi mengenai pembahasan kota terdingin. 

Indonesia adalah negara dengan iklim tropis, temperatur yang hangat sepanjang tahun, punya kelembapan yang tinggi, serta tingkat curah hujan yang tinggi. 

Meski begitu, temperatur di sebuah lokasi dapat berbeda lantaran bentuk wilayah, interaksi dengan laut terkait suhu dan arus, tingkat variasi sinar matahari, hingga arah datangnya angin. 

Berdasarkan klasifikasi iklim Koppen-Geiger, Indonesia memiliki tipe iklim mulai dari hujan tropis hingga ciri iklim pegunungan yang punya salju. 

For your information, Koppen-Geiger merupakan dua orang pakar yang membuat sistem klasifikasi iklim. Sistem ini diperkenalkan pada 1884 silam. 

Wladimir Koppen adalah orang Jerman-Rusia, sementara Rudolf Geiger adalah orang Jerman. Koppen yang memperkenalkan, sedangkan Geiger yang menyempurnakan. 

Ada beberapa kawasan di tanah air yang tergolong panas dan kering sepanjang tahun, tetapi ada juga yang malah sebaliknya dan akan dibahas dalam artikel ini. 

Biasanya, wilayah yang dekat dengan dataran tinggi memang mempunyai suhu lebih dingin. Begitu juga sebaliknya sehingga kamu memiliki gambaran. 

Climate4life.info melansir daftar kota dengan temperatur paling dingin di tanah air dalam kurun waktu 2011 hingga 2020. Data diambil selama sepuluh tahun. 

Kota yang memiliki suhu dingin didapatkan berdasarkan data temperatur minimum rata-rata bulanan selama rentang waktu sepuluh tahun. 

Temperatur minimum adalah suhu udara paling rendah dalam satu hari yang biasanya didapatkan pada pukul 05.00-06.00 waktu setempat. 

Kota yang memiliki temperatur dingin di tanah air umumnya berada di ketinggian 800 mdpl. Lokasi yang berada di ketinggian menjadi faktor utama. 

Mungkin belum ada yang tahu kalau setiap ketinggian naik 100 meter, maka temperatur pun akan turun, bahkan bisa sampai 1 derajat Celcius. 

kota paniai di papua

Kota Paniai di Papua Tengah. Sumber Foto: Gemasulawesi.com/Instagram Martha Deda

Daftar 10 Kota Terdingin di Indonesia

1. Paniai (Papua Tengah)

Klaim sebagai kota paling dingin di tanah air berdasarkan data iklim dari stasiun BMKG di Bandara Enarotali yang berada pada ketinggian 1770 mdpl. 

Baca Juga :  9 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia. Siapa yang Beruntung Tinggal di Sini?

Paniai mempunyai temperatur minimum tahunan rata-rata 15,1 derajat Celcius. Suhu yang tentunya terbilang dingin untuk mayoritas orang Indonesia. 

Kota ini berada di Provinsi Papua Tengah, provinsi hasil pemekaran Papua pada 2022 dan berada di pulau terbesar di Indonesia. 

Tipe iklim Paniai menurut klasifikasi Koppen-Geiger adalah Cwb alias iklim subtropis dataran tinggi dengan temperatur berkisar 0-22 derajat Celcius. 

C adalah moderate (sedang), w adalah dry winter (musim dingin yang kering), sedangkan b adalah warm summer (musim panas yang hangat). 

2. Ruteng Manggarai (Nusa  Tenggara Timur)

Salah satu kota dingin di Indonesia lainnya yang berada di ketinggian 1070 mdpl. Ruteng adalah ibu kota Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Berdasarkan dari data stasiun BMKG di Bandara Frans Sales Lega, temperatur minimum tahunan rata-rata mencapai 15,3 derajat Celcius. 

Namun, pada bulan-bulan tertentu ketika intrusi atau aliran musim dingin dari Australia, suhu minimum bisa turun hingga 12 derajat Celcius. 

Tipe iklim kota ini adalah Cwb. C adalah moderate (sedang), w adalah dry winter (musim dingin yang kering), sedangkan b adalah warm summer (musim panas yang hangat). 

3. Wamena (Papua Pegunungan)

Kota ini berada di Pegunungan Jayawijaya dengan ketinggian sekitar 1.600 mdpl  dan dekat Puncak Trikora, salah satu gunung tertinggi di Indonesia.

Wamena masuk ke dalam Provinsi Papua Pegunungan, provinsi hasil pemekaran dari Papua. Ada tiga provinsi hasil pemekaran yaitu Papua Pegunungan, Papua Selatan, dan Papua Tengah.

Temperatur minimum tahunan rata-rata mencapai 15,5 derajat Celcius, hasil dari pengamatan stasiun BMKG di Bandara Wamena Jayawijaya. 

Tipe iklim kota tersebut adalah Cwb. C adalah moderate (sedang), w adalah dry winter (musim dingin yang kering), sedangkan b adalah warm summer (musim panas yang hangat). 

4. Pasuruan (Jawa Timur)

Kota terdingin di Jawa sekaligus kota terdingin di Jawa Timur yang berada di ketinggian 871 mdpl dengan suhu udara minimum rata-rata tahunan yaitu 16,8 derajat Celcius. 

Pasuruan berada di sisi utara Gunung Arjuna, salah satu gunung tertinggi di Jawa Timur dan Jawa. Jarak Pasuruan ke Kota Surabaya sekitar 67 kilometer. 

Gunung Arjuna ini memiliki sejumlah gunung yang berdekatan yaitu Gunung Welirang, Gunung Kembar I, dan Gunung Kembar II. 

Ciri iklim di kota ini adalah Am. A adalah tropis, sedangkan m adalah monsun tropis yang umumnya mempunyai pola musim hujan dan musim kemarau yang jelas. 

5. Tana Toraja (Sulawesi Selatan)

Salah satu destinasi wisata di Sulawesi Selatan. Jarak Tana Toraja ke Kota Makassar yang merupakan ibu kota provinsi sekitar 316 km. 

Tana Toraja adalah kawasan dataran tinggi atau pegunungan dengan suhu minimum tahunan rata-rata yang tercatat 17,7 derajat Celcius. 

Hasil dari pengamatan dari stasiun BMKG di Bandara Pongtiku yang berlokasi pada ketinggian 870 mdpl. Tipe iklim dari daerah ini adalah Cwb. 

C adalah moderate (sedang), w adalah dry winter (musim dingin yang kering), sedangkan b adalah warm summer (musim panas yang hangat). 

kota terdingin di indonesia

Kota Parapat di Sumatra Utara. Sumber Foto: Kementerian PUPR/Kompas.com

6. Parapat (Sumatra Utara)

Kota terdingin di Sumatera sekaligus daerah terdingin di Sumatera Utara dengan suhu minimum rata-rata tahunan sekitar 18,4 derajat Celcius.

Parapat berada di dataran tinggi pada sisi Timur Danau Toba yang juga merupakan danau terbesar di Indonesia dan masuk salah satu danau terbesar di dunia. 

Hasil pemantauan temperatur tersebut berdasarkan data yang diperoleh dari stasiun BMKG yang berada di ketinggian 1.081 mdpl.  

Ciri iklim daerah ini adalah Af. A berarti tropis, sementara f adalah hutan hujan tropis. Curah hujan sepanjang tahun cukup tinggi dan dekat hutan hujan tropis. 

Baca Juga :  12 Alasan Tinggal di Depok. Punya Banyak Pilihan Akses Transportasi

7. Kerinci (Jambi)

Temperatur minimum tahunan rata-rata di Kerinci sekitar 18,5 derajat Celcius berdasarkan data stasiun BMKG di Bandara Depati Parbo Kerinci yang berada di ketinggian 782 mdpl. 

Kerinci berada di kaki Gunung Kerinci, salah satu gunung berapi tertinggi di Indonesia dan Danau Kerinci, salah satu danau terbesar di Indonesia. 

Kota ini memang berada di perbatasan dengan Provinsi Sumatra Barat, sehingga jaraknya dengan ibu kota Provinsi Jambi yaitu Kota Jambi cukup jauh, sekitar 424 km. 

Ciri iklim kawasan ini adalah Af. A berarti tropis, sementara f adalah hutan hujan tropis. Curah hujan sepanjang tahun cukup tinggi dan dekat hutan hujan tropis. 

8. Cisarua, Bogor (Jawa Barat)

Salah satu kota dingin di Pulau Jawa yang masuk Kabupaten Bogor. Kawasan ini dekat dengan Kota Bogor yang memang dikenal sebagai kota hujan di Indonesia

Mungkin kamu bertanya-tanya kenapa Kota Bogor yang berada di ketinggian plus curah hujan terbilang tinggi malah tidak masuk daftar.

Kawasan Cisarua ini mempunyai temperatur minimum rata-rata tahunan 18,5 derajat Celcius berdasarkan data dari stasiun BMKG di Citeko, Cisarua dengan ketinggian 966 mdpl. 

Cisarua memang dikenal sebagai salah satu kawasan yang dingin dan menjadi destinasi wisata bagi mereka yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya. 

Ciri iklim wilayah ini adalah Af. A berarti tropis, sementara f adalah hutan hujan tropis. Curah hujan sepanjang tahun cukup tinggi dan dekat hutan hujan tropis. 

9. Long Bawan, Nunukan (Kalimantan Utara)

Salah satu kota yang dingin di Indonesia berikutnya ini berada di Kalimantan Utara, salah satu provinsi yang baru terbentuk pada 2012 lalu. 

Kawasan ini berbatasan dengan Sabah dan Sarawak, dua negara bagian Malaysia. Long Bawan masuk Kabupaten Nunukan, daerah hasil pemekaran. 

Temperatur minimum rata-rata tahunan kota ini adalah 18,9 derajat Celcius berdasarkan data dari stasiun BMKG di Bandara Yuvai Semaring Long Bawan dengan ketinggian 947 mdpl. 

Ciri iklim daerah ini adalah Af. A berarti tropis, sementara f adalah hutan hujan tropis. Curah hujan sepanjang tahun cukup tinggi dan dekat hutan hujan tropis. 

10. Bukittinggi (Sumatra Barat)

Stasiun BMKG di Kototabang yang berada di ketinggian 846 mdpl mencatatkan temperatur minimum rata-rata tahunan yaitu 19,0 derajat Celcius. 

Bukittinggi memang dikenal sebagai salah satu daerah tujuan wisata yang terkenal di Sumatra. Selain itu, Bukittinggi juga salah satu kota terkecil di Indonesia dari luas wilayah.

Jarak kota ini dengan ibu kota Provinsi Sumatra Barat, Kota Padang relatif dekat yaitu 94,8 km. Kota ini pernah menjadi ibu kota negara sementara pada masa kemerdekaan. 

Ciri iklim wilayah ini adalah Af. A berarti tropis, sedangkan f adalah hutan hujan tropis. Curah hujan sepanjang tahun cukup tinggi dan dekat hutan hujan tropis. 

cisarua menjadi salah satu kota terdingin di jawa

Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Sumber Foto: Liputan6.com

Cerita Lain Mengenai Kota Terdingin di Indonesia

Jika ada kota dengan temperatur paling dingin di Indonesia, tentunya ada hal sebaliknya yaitu kota terpanas di Indonesia.

Laman Climate4life.info menyatakan Palu, ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah menjadi kota dengan suhu paling panas di tanah air. 

Berdasarkan pengamatan stasiun BMKG di Bandara Sis Aljufri pada ketinggian 88 mdpl, suhu maksimal rata-rata tahunan mencapai 33,1 derajat Celcius. 

Lantas bagaimana dengan kota terdingin di dunia ada di mana? Sindonews melansir bahwa Yakutsk, Rusia menjadi kota dengan suhu paling dingin. 

Yakutsk memiliki suhu rendah dengan rata-rata -35 derajat Celcius pada Agustus 2023. Ingat ya, temperatur di bawah 0 derajat. 

Coba bayangkan kalau kamu tinggal di kota terdingin di dunia sementara kamu berasal dari Indonesia yang beriklim tropis. 

Nah, itulah urutan kota terdingin di Indonesia. Mungkin kamu pernah tinggal di kota ini atau memang berasal dari kota tersebut. 

Ulasan singkat ini pastinya bisa menjadi petunjuk bagi kamu dalam mempertimbangkan keunggulan dan kekurangan tinggal di sebuah kota di Indonesia.

Situs Investasiproperti.id selalu menghadirkan konten yang menghibur mengenai keunikan sebuah daerah, kota, atau kawasan di Indonesia. 

Share :

Baca Juga

masjid di kota bontang

Panduan Properti

12 Keuntungan Tinggal di Bontang. Kota Terkaya Nomor 2 di Indonesia
rumah mewah di menteng

Panduan Properti

4 Alasan Kenapa Rumah di Menteng Mahal? Sobat Misqueen Silakan Menangis
cara menjadi agen properti

Panduan Properti

6 Cara Menjadi Agen Properti yang Baik. Pastikan Punya Izin dan Tergabung dalam Asosiasi
kelebihan tinggal di samarinda

Panduan Properti

15 Kelebihan Tinggal di Samarinda. Ibu Kota Provinsi yang Dekat dengan Sejumlah Kota Bisnis di Kalimantan
alasan tinggal di balikpapan

Panduan Properti

13 Kelebihan Tinggal di Balikpapan. Kota Industri yang Dekat dengan IKN
kota palembang tergolong kota kaya

Panduan Properti

10 Kota Terkaya di Indonesia. Didominasi Kota Bisnis dan Industri
suasana kota serang banten

Panduan Properti

12 Kelebihan Tinggal di Serang. Ibu Kota Provinsi Banten yang Seolah Terlupakan
anchor tenant gedung perkantoran

Panduan Properti

Mengenal Anchor Tenant di Mall dan Kantor. Apa Keuntungan Bagi Pengelola dan Penyewa?