Home / Panduan Properti

Rabu, 11 Oktober 2023 - 13:00 WIB

10 Kota Terpanas di Indonesia. Apakah Kamu Tinggal di Sini?

Kota Bima di Nusa Tenggara Barat (NTB). Sumber Foto: Tribunnews.com

Kota Bima di Nusa Tenggara Barat (NTB). Sumber Foto: Tribunnews.com

Inilah daftar kota terpanas di Indonesia. Suhu rata-rata di sejumlah kota ini dihitung selama sepuluh tahun sehingga lebih valid. 

Mungkin kamu pernah mendapatkan pertanyaan ibu kota provinsi yang paling panas di Indonesia? Semarang menjadi jawabannya dengan suhu maksimal 38 derajat Celcius. 

CNBCIndonesia.com pernah melansir catatan dari Kantor Stasiun Klimatologi Semarang pada 25-29 September 2023 lalu.  

Sementara Katadata.co.id mengutip Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Wilayah II, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten pada 17 April 2023. 

Hasilnya menyatakan bahwa provinsi terpanas di Indonesia 2023 adalah Banten dengan temperatur mencapai 37,2 derajat Celcius. 

Sebelumnya, sempat ramai mengenai Ciputat daerah terpanas di Indonesia. Daerah ini masuk ke dalam Provinsi Banten. 

BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) mencatat bahwa Ciputat menjadi daerah yang terjadi suhu paling panas di Indonesia. 

Suhu maksimum harian di Ciputat mencapai tingkat tertinggi pada 17 April 2023 yang mencapai 37,2 derajat Celcius. Mungkin kamu pernah ingat lantaran pernah viral di media sosial. 

Laman media lainnya Sindonews.com pernah mengungkapkan Cirebon kota terpanas lantaran peningkatan suku mencapai 34 derajat Celcius hingga 38 derajat Celcius. 

Sebagai informasi tambahan, Kota Cirebon yang berada di Jawa Barat ini pernah mencatatkan suhu maksimum mencapai 38 derajat Celcius pada 2014. 

Selanjutnya, ada kota terpanas di Jawa Tengah yaitu Pekalongan. Laman berita iNews.id menyatakan kota ini jarang mencatatkan suhu harian 28 derajat Celcius.

Berdasarkan data prakiraan cuaca harian BMKG bahwa Pekalongan mempunyai suhu harian mencapai 30-35 derajat Celcius. 

Situs Investasiproperti.id akan membahas daftar sejumlah kota di tanah air yang memiliki suhu rata-rata tertinggi setiap tahunnya. 

Investasiproperti.id akan merangkum dari berbagai sumber seperti Climate4life.info, Katadata.co.id, Kompas.com, dan sejumlah laman berita lainnya. 

Mengenal Iklim dan Cuaca di Indonesia 

Jika membaca sederetan data di atas tentunya membingungkan, lantas mana kota atau provinsi terpanas di Indonesia kalau seperti itu?

Apalagi, kalau mendapatkan data yang dikutip dari Liputan6.com mengenai berapa derajat panas tertinggi di Indonesia?

Stasiun Klimatologi Banjarbaru pernah mencatat bahwa kota ini mencapai suhu 40,6 derajat Celcius pada 16 Agustus 1997.

Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya kamu mengetahui kapan cuaca terpanas di Indonesia? Setidaknya menjadi bahan acuan awal. 

Laman berita CNBCIndonesia.com mengutip pernyataan Koordinator Bidang Layanan Informasi Cuaca BMKG Ana Oktavia Setiowati. 

“April, Mei, Juni setiap tahunnya merupakan bulan-bulan terpanas atau yang mengalami peningkatan suhu cukup lumayan sampai dengan 36 derajat Celcius,” ujarnya. 

Secara klimatologi (ilmu mengenai iklim) bahwa suhu 34-36 derajat Celcius adalah normal pada saat bulan puncak musim panas yang jatuh pada April, Mei. dan Juni. 

Ingat, kondisi yang sama juga terjadi pada periode yang sama pada tahun sebelumnya. Tentunya, kamu bisa merasakan cuaca panas dalam kurun waktu tersebut. 

kota berau termasuk kota dengan temperatur panas di indonesia

Kota Berau di Kalimantan Timur. Sumber Foto: Berau.prokal.co

Sekilas Mengenai Klasifikasi Cuaca di Indonesia 

Laman Climate4life.info pernah membahas mengenai cuaca dan iklim di Indonesia. Hal ini bisa memberikan gambaran kepada kamu. 

Indonesia merupakan negara beriklim tropis, suhu yang hangat sepanjang tahun, kelembapan yang tinggi, dan curah hujan yang tinggi. 

Namun, suhu di suatu tempat berbeda lantaran topografi atau bentuk wilayah, interaksi dengan laut baik suhu dan arus, variasi penyinaran matahari, atau posisi arah datangnya angin.

Menurut klasifikasi iklim Koppen-Geiger, Indonesia memiliki tipe iklim mulai dari hutan tropis hingga ciri iklim pegunungan yang bersalju. Ingat, ada sejumlah gunung tertinggi di Papua.

Koppen-Geiger adalah dua orang pakar yang membuat sistem klasifikasi iklim. Wladimir Koppen adalah orang Jerman-Rusia, sementara Rudolf Geiger adalah orang Jerman.  

Ada sejumlah wilayah di Indonesia yang mengalami panas dan kering sepanjang tahun, tetapi ada juga yang selalu sejuk atau bahkan dingin. 

Umumnya, wilayah dekat dataran tinggi memang memiliki temperatur yang lebih sejuk atau dingin, sementara area yang berada di dataran rendah atau dekat laut tentu bersuhu panas. 

Climate4life.info pernah melansir daftar sepuluh kota dengan suhu paling panas di tanah air dalam kurun waktu 2011 hingga 2020. Data dalam kurun waktu satu dekade. 

Baca Juga :  15 Keuntungan Tinggal di Kudus. Punya Fasilitas Bulutangkis Kelas Dunia

Penghitungan temperatur di sebuah kota berdasarkan data maksimum rata-rata bulanan selama 10 tahun. Waktu yang cukup lama.

Suhu maksimum merupakan temperatur udara tertinggi dalam satu hari yang umumnya terpantau sekitar pukul 14.00 hingga 15.00 waktu setempat. 

kota terpanas di indonesia

Kota Palu di Sulawesi Tengah. Sumber Foto: Metrosulawesi.id

Daftar Kota Terpanas di Indonesia

1. Palu (Sulawesi Tengah)

Kota ini menempati posisi satu kota paling panas di Indonesia dengan temperatur maksimal rata-rata tahunan hingga mencapai 33,1 derajat Celcius. 

Hasil ini merupakan pengamatan stasiun BMKG di Bandara Sis Aljufri dengan elevasi (ketinggian dari titik tertentu) kurang lebih 88 meter di atas permukaan laut (mdpl). 

BMKG memang menempatkan stasiun pemantauan di bandara lantaran infrastruktur ini memerlukan pelayanan meteorologi. 

Ibu kota Provinsi Sulawesi Tengah yang berada di Teluk Palu tersebut memiliki ciri iklim Aw menurut klasifikasi iklim Koppen-Geiger. 

A berarti tropis, w berarti padang rumput atau savana. Hal ini terlihat dari tumbuhan atau tanaman yang ada di sekitar kota.

Selain itu, tingginya temperatur udara di kota ini dipengaruhi oleh lokasinya yang dekat pantai dan rendahnya tingkat curah hujan sepanjang tahun. 

2. Majalengka (Jawa Barat)

Inilah kota terpanas di Jawa Barat sekaligus kota terpanas kedua di Indonesia. Wilayah ini berjarak kurang lebih 95 km dari ibu kota provinsi, Kota Bandung

Stasiun BMKG yang berada di ketinggian 50 mdpl ini mencatatkan temperatur maksimum rata-rata tahunan mencapai 32,9 derajat Celcius. 

By the way, stasiun BMKG di Bandara Jatiwangi, sekarang menjadi Bandara Kertajati yang juga salah satu bandara terbesar di Indonesia. 

Ciri iklim daerah ini tergolong tipe Am. A berarti tropis, m adalah monsun tropis yang mempunyai pola musim hujan dan kemarau yang jelas. 

3. Bima (Nusa Tenggara Barat)

Iklim laut berpengaruh terhadap karakteristik temperatur di Bima lantaran bentuk wilayah berupa pulau yang dikelilingi laut. 

Secara umum, suhu udara di kota ini cukup panas dengan ciri iklim Aw. A berarti tropis dan w adalah padang rumput. 

Rata-rata temperatur maksimal tahunan di kota yang berada di Pulau Sumbawa ini mencapai 32,9 derajat Celcius. Sumbawa adalah satu pulau terbesar di Indonesia. 

Catatan tersebut didapatkan dari stasiun BMKG di Bandara Sultan Mahmud Salahudin dengan ketinggian yang rendah hanya sekitar 2 mdpl. 

4. Surabaya (Jawa Timur)

Salah satu kota terpanas di Pulau Jawa dengan rata-rata suhu maksimum tahunan yang bisa mencapai 32,8 derajat Celcius, didapatkan dari stasiun BMKG di Perak. 

By the way, Surabaya yang juga ibu kota Provinsi Jawa Timur ini dikenal salah satu kota industri dan bisnis yang memiliki jumlah penduduk banyak. 

Masyarakat juga mengenal Surabaya dengan suhu udaranya yang panas. Bagi yang pernah ke kota ini pasti merasakannya. 

Ciri iklim Kota Surabaya ini termasuk kategori Aw. A berarti tropis sedangkan w berarti savana atau padang rumput kalau dilihat dari vegetasi atau tumbuhan. 

5. Pekanbaru (Riau)

Ibu kota Provinsi Riau ini memiliki catatan rata-rata suhu maksimum tahunan yang sama dengan Surabaya yaitu 32,8 derajat Celcius. 

Hasil ini berdasarkan dari pemantauan stasiun BMKG di Bandara Sultan Syarif Kasim II, sebelumnya bernama Bandara Simpang Tiga. 

Iklim wilayah Pekanbaru adalah hutan hujan tropis atau Af. A berarti tropis, sementara f merupakan hutan hujan tropis. 

Biasanya, tingkat curah hujan memang cukup tinggi, tetapi tingkat dataran yang cukup rendah dan dekat khatulistiwa menjadikan suhu udara cukup panas sepanjang tahun. 

kota paling panas di indonesia

Jakarta Utara. Sumber Foto: Kementerian PUPR/Beritasatu.com

6. Jakarta Utara (Jakarta)

Salah satu kota terpadat di Indonesia dari segi jumlah penduduk ini juga masuk daftar kota terpanas di Indonesia. Apakah kamu tinggal di sini?

Menurut pengamatan stasiun BMKG di Tanjung Priok, wilayah Jakarta Utara memang lebih panas dibandingkan daerah lainnya. 

Temperatur rata-rata maksimal tahunan Jakarta Utara mencapai 32,7 derajat Celcius. Tipe iklim kawasan ini adalah Am, A adalah tropis, sementara m adalah monsun tropis. 

Baca Juga :  15 Keuntungan Tinggal di Bandung. Pernah Jadi Calon Ibu Kota Hindia Belanda

Iklim di kawasan ini mempunyai pola musim hujan dan musim kemarau yang cukup jelas. Selain itu, iklim lautan juga cukup mendominasi karakteristik iklim di wilayah ini. 

7. Banjarbaru (Kalimantan Selatan)

Kota ini mempunyai suhu rata-rata maksimum tahunan yang mencapai 32,7 derajat Celcius. Salah satu kota dengan temperatur yang panas di tanah air. 

Pemantauan suhu ini berdasarkan catatan dari stasiun BMKG di Banjarbaru yang merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan yang baru. Kota ini menggantikan Kota Banjarmasin

Umumnya, daerah Kalimantan Selatan memiliki ciri iklim hutan hujan tropis atau Af. Curah hujan sepanjang tahun terbilang tinggi dengan kawan sekitar berupa hutan tropis. 

Meski lokasi Kota Banjarbaru tidak dekat laut, tetapi iklim kawasan dipengaruhi karakteristik iklim laut sehingga suhu di kawasan ini cukup tinggi. 

8. Tangerang Selatan (Banten)

Kota ini memiliki temperatur rata-rata maksimum tahunan yang mencapai 32,4 derajat Celcius. Hal ini berdasarkan pemantauan iklim stasiun BMKG Banten. 

Wilayah ini berbatasan langsung dengan Jakarta sehingga seperti juga kawasan lain di Jakarta, maka ciri iklim Tangerang Selatan termasuk tipe Am. 

A berarti tropis, sedangkan m adalah monsun tropis yang biasanya mempunyai pola musim hujan dan musim kemarau yang cukup jelas. 

By the way, Kota Tangerang Selatan adalah hasil pemekaran wilayah dari Kabupaten Tangerang. Wilayah ini memiliki banyak kota mandiri. 

9. Palangkaraya (Kalimantan Tengah)

Ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah ini ternyata mempunyai suhu rata-rata maksimum tahunan yang mencapai hingga 32,4 derajat Celcius. 

Catatan ini berdasarkan pemantauan stasiun BMKG di Bandara Tjilik Riwut. Nama ini diambil dari pahlawan nasional sekaligus mantan gubernur. 

Ciri iklim kota terbesar di Indonesia dari segi luas wilayah ini adalah Af. A adalah tropis, sementara f adalah hutan hujan tropis. 

Tingkat curah hujan sepanjang tahun cukup tinggi, tetapi juga dipengaruhi oleh karakteristik iklim laut sehingga suhu udara cukup tinggi. 

10. Berau (Kalimantan Timur)

Posisi terakhir kota dengan temperatur paling tinggi di tanah air adalah Berau dengan temperatur maksimal rata-rata mencapai 32,3 derajat Celcius. 

Hal ini didapatkan dari pemantauan kondisi iklim di Bandara Kalimarau Berau dengan tingkat ketinggian daratan atau elevasi 9 mdpl.

Kota ini berlokasi kurang lebih 300 km sebelah Utara dari ibu kota Provinsi Kalimantan Timur yaitu Kota Samarinda. Berau dikenal sebagai daerah pertambangan batu bara. 

Ciri iklim kawasan ini adalah Af. A berarti tropis, sedangkan f adalah hutan hujan tropis. Curah hujan sepanjang tahun cukup tinggi dan wilayah sekitarnya berupa hutan tropis.  

kota palangka raya memiliki suhu yang panas

Kota Palangka Raya di Kalimantan Tengah. Sumber Foto: Rri.co.id/Cargo Tech

Kisah Lain Mengenai Kota Terpanas di Indonesia

Jika ada kota dengan temperatur paling panas di Indonesia, tentu ada sebaliknya yaitu kota dengan suhu paling dingin di tanah air. 

Menurut data Climate4life.info, kota terdingin di Indonesia adalah Paniai yang berada di Provinsi Papua Barat, provinsi hasil pemekaran. 

Hasil ini didapatkan dari pemantauan dan data iklim dari stasiun BMKG di Bandara Enarotali yang berada di ketinggian 1770 mdpl. 

Temperatur minimum rata-rata tahunan di daerah ini mencapai 15,1 derajat Celcius. Hmm, lumayan dingin ya buat orang Indonesia. 

Kembali lagi ke ulasan kota dengan suhu paling tinggi di Indonesia. Bagaimana dengan kota terpanas di dunia? Jawabannya adalah Jeddah, Arab Saudi. 

Laman CNNIndonesia.com pernah melansir bahwa temperatur di kota ini pernah mencapai suhu 52 derajat Celcius pada 22 Juni 2010. Rekor tertinggi di wilayah itu. 

Namun, kalau ada pertanyaan suhu paling panas di mana, maksudnya di permukaan Bumi, maka jawabannya adalah Greenland Ranch. 

Situs CNBCIndonesia.com pernah mengutip laman resmi Guinness World Records bahwa Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) mencatat suhu di Greenland Ranch mencapai 56,7 derajat Celcius. 

Greenland Ranch di Death Valley, negara bagian California, Amerika Serikat menjadi wilayah dengan suhu tertinggi di dunia. 

Nah, itulah sederetan kota terpanas di Indonesia. Mungkin kamu tinggal di sini atau pernah mengunjungi kota-kota tersebut. 

Ulasan singkat ini tentunya bisa memberikan ilustrasi mengenai kelebihan atau kekurangan tinggal di sebuah kota di Indonesia sehingga bisa menjadi bahan pertimbangan.

Situs Investasiproperti.id selalu menghadirkan konten menarik mengenai kota dan wilayah atau keunikan suatu daerah di Indonesia. 

Share :

Baca Juga

jumlah penduduk terpadat di indonesia

Panduan Properti

10 Kota Terpadat di Indonesia. Luas Terbatas Tapi Jumlah Penduduk Banyak
tangerang selatan banten

Panduan Properti

14 Kelebihan Tinggal di Tangerang Selatan. Banyak Pilihan Kota Mandiri
alasan tinggal di solo

Panduan Properti

15 Keunggulan Tinggal di Solo. Tidak Hanya Cocok untuk Pensiunan
keunggulan tinggal di bekasi

Panduan Properti

13 Alasan Tinggal di Bekasi. Infrastruktur Terlengkap di Timur Jakarta
masjid menara kudus

Panduan Properti

15 Keuntungan Tinggal di Kudus. Punya Fasilitas Bulutangkis Kelas Dunia
anchor tenant gedung perkantoran

Panduan Properti

Mengenal Anchor Tenant di Mall dan Kantor. Apa Keuntungan Bagi Pengelola dan Penyewa?
kota padang panjang punya jumlah penduduk yang sedikit

Panduan Properti

10 Kota dengan Jumlah Penduduk Terkecil di Indonesia. Jumlahnya Masih Kalah dengan Kecamatan di Jakarta
rumah di makassar

Panduan Properti

15 Keuntungan Tinggal di Makassar. Kota Metropolitan di Indonesia Timur