Home / Panduan Properti

Rabu, 13 Maret 2024 - 15:00 WIB

11 Kelebihan Tinggal di Palembang. Kota Tertua yang Menjadi Venesia dari Timur

Sumber Foto: Sultansyarifkasim2-airport.co.id

Sumber Foto: Sultansyarifkasim2-airport.co.id

Yuk, simak sejumlah keunggulan tinggal di Palembang, siapa menyangka kalau ibu kota Provinsi Sumatra Selatan ini punya banyak cerita.

Pernah membayangkan kalau Palembang berdiri pada 16 Juni 683? Ya, tidak salah kalau kota ini memang salah satu kota tertua di Indonesia

Palembang pernah menjadi ibu kota Kerajaan Sriwijaya, coba deh ingat lagi materi pelajaran sejarah di sekolah. Mungkin kamu masih ingat. 

Kota ini memiliki sejarah panjang termasuk pada era Kesultanan Palembang, zaman penjajahan Belanda, hingga Indonesia merdeka.

Sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia, pastinya kamu bisa memperoleh kemudahan dan kelengkapan fasilitas umum kalau menetap di kota ini.

Tidak ada salahnya untuk mengintip peluang bekerja dan tinggal di kota-kota di luar Pulau Jawa lantaran ada banyak kelebihan yang tidak dimiliki kota lain.

Situs Investasiproperti.id akan membahas sejumlah keunggulan dan keuntungan menetap di kota yang memiliki ikon Jembatan Ampera ini. 

Investasiproperti.id mengutip dari berbagai sumber seperti media online, situs pemerintahan, hingga berbincang dengan orang yang menetap di kota ini.

suasana kota palembang pada siang hari

Sumber Foto: Bisnis.com/Instagram Wiryatama Fatih

Keuntungan Tinggal di Palembang, Sumatra Selatan

1. Tergolong Kota Besar 

Menurut data dari Pemerintah Kota Palembang, penduduk kota ini mencapai 1,7 juta jiwa lebih pada 2022, mendiami kawasan seluas 400 km2. 

Palembang menjadi kota terpadat keenam secara jumlah penduduk di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya (Jawa Timur), Bandung (Jawa Barat), Kota Medan (Sumatra Utara), dan Semarang (Jawa Tengah).

2. Fasilitas Umum dan Sosial yang Baik 

Sebagai kota terbesar kedua di Sumatra dari jumlah penduduk, fasilitas umum dan sosial di kota ini tentu saja lengkap dan beragam. 

Baca Juga :  6 Keunggulan Investasi Properti di Malang. Mirip dengan Yogyakarta dan Bandung

Mulai dari taman, pasar, pusat perbelanjaan, sekolah, perguruan tinggi, rumah sakit, hingga area komersial lainnya tersedia lengkap. 

3. Infrastruktur yang Bagus 

Palembang terhubung dengan Trans Sumatra, jaringan tol yang menghubungkan Sumatra Selatan dengan provinsi lainnya. Beberapa ruas tol di provinsi ini tergolong tol terpanjang di Indonesia.

Tidak ketinggalan, kota ini memiliki bandara internasional yang menghubungkan Palembang dengan kota-kota lain di Indonesia.

4. LRT Pertama di Indonesia

Apa yang istimewa dari Palembang? Tentu saja, LRT (Light Rail Transit) pertama di Indonesia yang beroperasi sejak Asian Games 2018 Jakarta-Palembang. 

Sementara LRT Jakarta baru beroperasi pada 2019 dan LRT Jabodebek yang menghubungkan Jakarta dan Bekasi baru beroperasi pada 2023. 

5. Fasilitas Olahraga Kelas Dunia

Bagi yang ingin merasakan pengalaman ke Palembang dan bisa melihat fasilitas olahraga kelas dunia bisa mendatangi Kompleks Jakabaring. 

Pemerintah membangun sejumlah arena olahraga kelas dunia termasuk stadion untuk perhelatan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang.

6. Kota Pendidikan

Jangan salah lo, Palembang juga menjadi salah satu kota pendidikan di Indonesia dengan sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta. Tidak kalah dengan Kota Malang, Yogyakarta, dan Bandung.

Ada Universitas Sriwijaya, Universitas Islam Negeri Raden Fatah, Politeknik Negeri Sriwijaya, Universitas Muhammadiyah Palembang, dan masih banyak lagi. 

tinggal di palembang sumatra selatan

Sumber Foto: Tribunnews.com

7. UMK yang Tidak Terlalu Tinggi dan Cocok untuk Pelaku UMKM

Upah Minimum Kabupaten atau Kota (UMK) Palembang pada 2023 adalah Rp3,5 juta, menurut data laman berita online Kompas.com. 

Tentunya, jumlah UMK ini cukup untuk membayar biaya kost di Palembang, biaya hidup, dan lainnya. Meski begitu, besaran upah ini cocok untuk pelaku bisnis kecil lantaran tidak memberatkan. 

Baca Juga :  16 Keunggulan Tinggal di Banjarmasin. Mantan Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan

8. Masyarakat yang Beragam 

Mungkin ada yang memiliki pandangan mengenai stereotip orang Palembang, tetapi pada dasarnya masyarakatnya memang menerima para pendatang. 

Banyak pendatang dari daerah lain seperti suku Jawa, Minangkabau, Madura, Bugis, Sunda, Batak, dan lainnya yang menetap di kota ini. 

9. Punya Banyak Kuliner Khas 

Salah satu kawasan yang memiliki kuliner yang beragam mulai dari pempek, tekwan, model, laksan, martabak, pindang patin, dan lainnya. 

Bagi kamu yang menyenangi kuliner tradisional, pilihan untuk menetap di kota ini tentu tepat karena bisa menikmatinya setiap saat. 

10. Destinasi Wisata yang Banyak 

Daerah apa saja yang ada di Palembang? Tentunya banyak apalagi kalau ingin mencari daerah tujuan wisata budaya, sejarah, lainnya mengingat wilayah ini tergolong kota tua. 

Benteng Kuto Besak, Jembatan Ampera, Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin I, atau Masjid Cheng Ho Palembang bisa menjadi pilihan.

11. Kota Venesia-nya Indonesia

Kehidupan di Sungai Musi tentu menarik perhatian, tidak usah heran kalau Palembang mendapatkan julukan Kota Venesia dari Indonesia. 

Pastinya, wisata di sungai ini bisa menjadi pengalaman merantau ke Palembang dan menetap di kota ini tentu tidak akan terlupakan lagi.

Wah, banyak juga ya keunggulan tinggal di Palembang, mungkin kamu tertarik untuk tinggal dalam jangka waktu lama dan bekerja di kota ini. 

Sebelumnya, Investasiproperti.id pernah membahas ibu kota provinsi lainnya yaitu Kota Makassar, Sulawesi Selatan yang juga kota industri di Indonesia Timur.

Pernah membayangkan tinggal di Serang, ibu kota Provinsi Banten ini memiliki banyak kelebihan dan keunggulan untuk menjadi tempat menetap.

Situs Investasiproperti.id selalu menghadirkan rekomendasi kawasan atau panduan wilayah untuk investor dan end user. 

Share :

Baca Juga

mengenal konsep aparthouse

Panduan Properti

Mengenal Apa Itu Aparthouse, Rumah dengan Rasa Apartemen
jembatan di batam

Panduan Properti

13 Alasan Tinggal di Batam. Dekat dengan Malaysia dan Singapura
daftar bandara terbesar di indonesia

Panduan Properti

11 Bandara Terbesar di Indonesia. Kamu Pernah Mendarat di Mana Saja?
sungai kapuas di kalimantan

Panduan Properti

10 Sungai Terpanjang di Indonesia. Kamu Pernah Memancing di Sini?
tangerang selatan banten

Panduan Properti

14 Kelebihan Tinggal di Tangerang Selatan. Banyak Pilihan Kota Mandiri
pulau terbesar di indonesia

Panduan Properti

10 Pulau Terbesar di Indonesia Plus Luas Wilayah dan Jumlah Penduduk
rumah mewah di menteng

Panduan Properti

4 Alasan Kenapa Rumah di Menteng Mahal? Sobat Misqueen Silakan Menangis
kelebihan tinggal di kota surabaya

Panduan Properti

18 Kelebihan Tinggal di Surabaya. Metropolitan Terbesar Kedua di Indonesia