Home / Panduan Properti

Senin, 10 Juni 2024 - 20:00 WIB

12 Jembatan Terpanjang di Indonesia. Kamu Pernah Lewat yang Mana?

Inilah daftar sejumlah jembatan terpanjang di Indonesia. Rata-rata infrastruktur ini memiliki panjang 1 km, bahkan ada yang 5 km. 

Jembatan menjadi infrastruktur yang bisa menghubungkan dua tempat yang terpisah oleh sungai, saluran, lembah, jalan raya, dan jalan kereta api. 

Kalau kamu tidak tinggal di kawasan yang dekat dengan pulau atau sungai, biasanya tidak menjumpai jembatan yang panjang. 

Misalnya, kamu tinggal di Jakarta, tentunya tidak pernah melihat jembatan yang cukup panjang kecuali berkunjung ke Pantai Indah Kapuk 2. 

Lain cerita kalau kamu memang tinggal di Sumatra atau Kalimantan lantaran ada peluang untuk melihat dan melewatinya. 

Meski begitu, kamu yang tinggal di Pulau Jawa masih bisa melihat jembatan yang masuk kategori panjang karena memang ada di Surabaya dan Bandung. 

Situs Investasiproperti.id akan membahas sejumlah jembatan yang memiliki panjang di atas ratusan meter, bahkan lebih dari satu kilometer. 

Investasiproperti.id mengutip dari sejumlah sumber media online seperti Katadata.co.id. Kompas.com, Tempo.co, Gramedia.com, dan masih banyak lagi. 

potret jembatan suramadu di jawa timur

Jembatan Suramadu

Daftar Jembatan Terpanjang di Indonesia

1. Jembatan Suramadu (Jawa Timur)

Infrastruktur ini menghubungkan Pulau Jawa (Kota Surabaya) dengan Pulau Madura (Kabupaten Bangkalan) serta melintasi Selat Madura. 

Berapa meter panjang jembatan Suramadu? Infrastruktur ini membentang dengan panjang mencapai 5.438 meter dan lebar 30 meter, 

Lantas berapa tinggi jembatan Suramadu? Menurut data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, tingginya adalah 146 meter. 

Infrastruktur yang juga jalan tol ini resmi beroperasi pada 2009 lalu setelah dibangun selama 6 tahun dan memiliki empat lajur dua arah. 

Setiap lajur selebar 3,5 meter, sementara ada dua lajur darurat selebar 2,75 meter. Hal yang unik adalah lajur khusus jalan tol untuk sepeda motor. 

2. Jembatan Pasupati (Bandung, Jawa Barat)

Infrastruktur ini menghubungkan Jalan Terusan Pasteur dan Jalan Surapati, serta melewati kawasan Cikapundung. 

Jembatan terpanjang di Bandung ini menjadi salah satu ikon ibu kota Provinsi Jawa Barat tersebut. Kalau kamu traveling ke kota ini, mungkin pernah melewatinya. 

Infrastruktur ini mempunyai panjang kurang lebih 2,8 kilometer dan lebar sekitar 21,53 meter, mulai beroperasi sejak 2005. 

Saat ini, nama Jembatan Pasupati telah berganti menjadi Jalan Layang Prof Mochtar Kusumaatmadja, meski orang masih lebih mengingat nama lama.

Dia adalah Menteri Luar Negeri Indonesia selama sepuluh tahun pada periode pemerintahan Presiden Soeharto. 

3. Jembatan Barelang (Batam, Riau)

Infrastruktur ini mempunyai panjang total 2.264 meter, panjang secara total lantaran terbagi menjadi enam bagian. 

Jembatan ini menghubungkan sejumlah pulau di Kepulauan Riau yaitu Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru.

Barelang merupakan kepanjangan dari Batam, Rempang, Galang yaitu tiga pulau besar di kawasan tersebut. 

Sebenarnya, tiap bagian dari jembatan juga memiliki nama dari sultan di Riau yang berkuasa pada era 1500 hingga 1800-an. 

Pembangunan infrastruktur ini memakan waktu enam tahun dari 1992 hingga 1998 dengan biaya mencapai Rp400 miliar. 

jembatan tayan di kalimantan

Sumber Foto: Goodnewsfromindonesia.id

4. Jembatan Tayan (Kalimantan Barat)

Infrastruktur ini diklaim sebagai jembatan terpanjang di Kalimantan lantaran memiliki panjang sekitar 1.440 meter. 

Sebenarnya, infrastruktur terbagi dua bagian yaitu Kota Tayang-Pulau Tayan sepanjang 300 meter dan Pulau Tayan-Piasak sepanjang 1.140 meter. 

Jembatan yang berada di Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat ini memiliki lebar 11 meter dan terdiri dari tiga jalur kendaraan. 

Infrastruktur melewati Sungai Kapuas yang merupakan sungai terpanjang di Indonesia dengan panjang 1.143 kilometer. 

By the way, jembatan ini menjadi bagian dari Trans Kalimantan poros selatan yang menghubungkan Kalimantan Barat dengan Kalimantan Tengah

Baca Juga :  5 Kelebihan Investasi Properti di Yogyakarta. Dapat Cuan dari Anak Kos dan Wisatawan

5. Jembatan Dompak (Kepulauan Riau)

Mungkin masih banyak yang belum tahu kalau Jembatan Dompak juga masuk ke dalam daftar jembatan terpanjang di Indonesia dengan panjang 1.465 meter. 

Infrastruktur ini lebih panjang sedikit dibandingkan Jembatan Barelang, diklaim sebagai jembatan terpanjang di Kepulauan Riau.

Jembatan ini menghubungkan Kota Tanjungpinang (Pulau Bintan) dengan Pulau Dompak, sebuah pulau kecil. 

Pulau ini memiliki pelabuhan Roro atau pelabuhan penyeberangan yang sempat terbengkalai pembangunannya selama beberapa tahun. 

Peletakan batu pertama jembatan ini dilakukan pada Juli 2014 dan masa pembangunannya selesai selama dua tahun serta resmi beroperasi pada November 2016. 

6. Jembatan Siak Tengku Agung Sultanah Latifah (Riau)

Infrastruktur yang menjadi ikon daerah setempat ini melintas di atas Sungai Siak, Provinsi Riau, salah satu sungai terdalam di Indonesia. 

Dahulu, kedalaman sungai ini bisa mencapai 30 meter, tentunya sebelum terjadi pendangkalan sungai hingga hanya sekitar 18 meter. 

Jembatan tersebut menghubungkan kawasan Kabupaten Siak dan ibu kota kabupaten yaitu Kota Siak Sri Indrapura. 

Infrastruktur ini membentang sepanjang 1.196 meter dan lebar 16,95 meter, punya trotoar selebar 2,25 meter pada sisi kanan dan kiri. 

Pembangunan jembatan ini bermula sejak 2002 dan telah beroperasi sejak 11 Agustus 2007 lalu, diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). 

potret jembatan merah putih di maluku

7. Jembatan Merah Putih (Maluku)

Infrastruktur ini mempunyai bentang panjang mencapai 1.140 meter dengan lebar 22,5 meter dan menjadi jembatan terpanjang di Indonesia Timur. 

Jembatan menghubungkan sejumlah kawasan di Ambon, ibu kota Provinsi Maluku yang memang terdiri dari sejumlah pulau kecil. 

Kawasan yang terhubung adalah Desa Rumah Tiga (Poka) di Kecamatan Sirimau dan Desa Hative Kecil/Galala di Kecamatan Teluk Ambon.

Jembatan ini membuat waktu tempuh dari Bandara Pattimura ke Kota Ambon menjadi lebih dekat, setelah sebelumnya masyarakat harus memutar Teluk Ambon sejauh 35 km. 

Pembangunan jembatan ini bermula sejak 17 Juli 2011 dan baru resmi beroperasi pada 4 Juli 2016 pada zaman Presiden Joko Widodo. 

8. Jembatan Ampera (Sumatra Selatan)

Apakah Jembatan Ampera termasuk jembatan terpanjang di Indonesia? Tentunya iya, lantaran memiliki bentang sepanjang 1.117 meter dan lebar 22 meter. 

Infrastruktur yang melintasi Sungai Musi ini menghubungkan sejumlah kawasan di Kota Palembang, ibu kota Provinsi Sumatra Selatan. 

Salah satu jembatan tertua di Indonesia lantaran pembangunannya dimulai pada April 1962 dan resmi beroperasi pada 1965. 

Awalnya, jembatan ini bernama Jembatan Bung Karno, tetapi berubah menjadi Jembatan Ampera (Amanat Penderitaan Rakyat).

Pastinya, Jembatan Ampera memang menjadi ikon dari Kota Palembang sejak lama, meski sayangnya bagian tengah tidak bisa diangkat dan diturunkan. 

9. Jembatan Barito (Kalimantan Selatan) 

Infrastruktur ini melintasi Sungai Barito yang juga menjadi salah satu sungai terpanjang di Indonesia. Barito memiliki panjang aliran 909 km. 

Jembatan sepanjang 1.082 meter yang terbagi dua bagian, melewati Pulau Bakut yang merupakan delta alias pulau kecil.

Sebagai catatan, Museum Rekor Indonesia mencatat infrastruktur ini sebagai jembatan gantung terpanjang di Indonesia. 

Presiden Soeharto meresmikan jembatan ini pada 1997. Jembatan ini berlokasi di Kabupaten Barito Kuala dan berjarak 15 km dari mantan ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan, Kota Banjarmasin

Selain itu, infrastruktur ini merupakan Trans Kalimantan dan menghubungkan antara Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

jembatan mahakam ulu di kalimantan

Jembatan Mahakam Ulu. Sumber Foto: Yupa.my.id

10. Jembatan Mahakam Ulu (Kalimantan Timur)

Infrastruktur ini merupakan jembatan terpanjang di Kalimantan Timur dengan panjang 799 meter dan lebar 11 meter. 

Baca Juga :  11 Bandara Terbesar di Indonesia. Kamu Pernah Mendarat di Mana Saja?

Jembatan ini menghubungkan Kecamatan Sungai Kunjang dengan Kecamatan Samarinda Seberang di Kota Samarinda, ibu kota Provinsi Kalimantan Timur. 

By the way, Samarinda merupakan salah satu kota terluas Indonesia dengan luas mencapai 718 km2. Tidak perlu heran kalau daerahnya memang luas dan terbagi oleh sungai. 

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan jembatan ini pada 2009, molor dari jadwal penyelesaian yang ditargetkan pada 2007. 

Sejak September 2020, infrastruktur ini memiliki nama resmi yaitu Jembatan Abdoel Moeis Hassan yang juga pahlawan nasional dari Kalimantan Timur. 

11. Jembatan Rumpiang (Kalimantan Selatan)

Infrastruktur ini memiliki panjang 753 meter, 200 meter di antaranya menggunakan konstruksi pelengkung material baja dan lebar 9 meter. 

Jembatan ini menghubungkan ibu kota Kabupaten Barito Kuala, Marabahan dengan bekas ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan, Banjarmasin. 

Sungai Barito merupakan salah satu sungai terlebar di Indonesia lantaran memiliki lebar mencapai 1 km pada bagian muara.

Sebelumnya, masyarakat sekitar harus menyeberangi Sungai Barito dengan menggunakan kapal feri untuk pergi ke dua kota tersebut. 

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meresmikan jembatan ini pada April 2008. Biaya pembangunan berasal anggaran daerah. 

12. Jembatan Kutai Kartanegara (Kalimantan Timur)

Infrastruktur sepanjang 710 meter ini menghubungkan kawasan yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. 

Sekadar informasi, infrastruktur ini merupakan jembatan pelengkung baja dengan bentang utama terpanjang di Indonesia. 

Sebenarnya, jembatan ini merupakan pengganti jembatan yang ambruk pada 26 November 2011. Sejumlah orang tewas, hilang, dan mengalami luka-luka. 

Lantas pemerintah membangun infrastruktur di lokasi yang sama pada 2013. Jembatan baru dibuka pada Desember 2015. 

Infrastruktur ini melintasi Sungai Mahakam, salah satu sungai terpanjang di Indonesia, sepanjang 920 km.

jembatan terpanjang di dunia

Sumber Foto: Facts.net

Cerita Lain Soal Jembatan Terpanjang di Indonesia 

Jembatan Suramadu memang masih menempati posisi nomor satu, tetapi lain cerita kalau Jembatan Batam-Bintan selesai dibangun. 

Pemerintah sedang merencanakan membangun infrastruktur yang menghubungkan kedua pulau ini sejauh 14,7 km.

Kalau bicara jembatan terpanjang di Indonesia, tentu tidak lengkap tanpa membicarakan jembatan terpanjang di dunia. 

Jembatan manakah yang terpanjang di dunia? Ternyata, Jembatan Danyang-Kunshan menjadi jawabannya. 

Panjang infrastruktur ini mencapai 164,8 km dan menghubungkan sejumlah tempat penting di China termasuk Beijing dan Shanghai. Hmm, lebih jauh ketimbang Jakarta-Bogor yang hanya 59 km. 

Lantas bagaimana dengan jembatan terpanjang di Asia Tenggara, ternyata Jembatan Sultan Haji Omar Ali Saifuddien menjadi pemenangnya. 

Infrastruktur ini memiliki rute sepanjang 30 km yang menghubungkan ibu kota Brunei, Bandar Seri Begawan dengan Temburong tanpa harus melewati Malaysia. 

Bagaimana dengan jembatan gantung terpanjang di Indonesia, maka Jembatan Gantung Situ Gunung memang memegang pencapaian ini. 

Infrastruktur ini panjang 243 meter dengan ketinggian 107 meter dari atas sungai, menurut data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. 

Menurut laman berita Kompas.com, infrastruktur ini juga menjadi jembatan gantung terpanjang di Asia Tenggara. 

Terakhir, ada jembatan tertinggi di Indonesia yang menjadi milik Jembatan Citiis di Nagreg, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. 

Infrastruktur kereta api ini menjadi jembatan dengan elevasi tertinggi di Indonesia yang mencapai 820 meter di atas permukaan laut. 

Pemerintah Hindia Belanda sudah membangun infrastruktur ini sejak 1889, maklum saja kalau Kota Bandung pernah diproyeksikan menjadi ibu kota tanah jajahan. 

Wah, banyak juga ya jembatan terpanjang di Indonesia, kamu pernah melintasi infrastruktur yang mana saja nih? 

Situs Investasiproperti.id selalu menghadirkan artikel menarik mengenai infrastruktur atau kota di Indonesia sebagai panduan kawasan bagi investor dan end user

Share :

Baca Juga

bisnis properti di pulau bali

Panduan Properti

Mengintip Bisnis Properti di Bali. Mulai Booming Pasca Pandemi

Panduan Properti

13 Alasan Tinggal di Kediri. Kota Industri yang Dekat dengan Destinasi Wisata
tinggal di semarang

Panduan Properti

13 Kelebihan Tinggal di Semarang. Pilihan Kuliner dan Destinasi Wisata Banyak
soho collins boulevard

Panduan Properti

Mengenal Apa Itu SOHO. Investor Properti Harus Tahu Potensinya

Panduan Properti

12 Keuntungan Tinggal di Lamongan. Dekat dengan Kawasan Industri di Gresik
potret wisatawan di bali

Panduan Properti

5 Keunggulan Investasi Properti di Bali. Destinasi Wisata Nomor 1 di Indonesia
kota bekasi memiliki jumlah penduduk terbanyak di indonesia

Panduan Properti

10 Kota Terbesar di Indonesia Menurut Jumlah Penduduk. Mayoritas Berada di Pulau Jawa
wisata di kota yogyakarta

Panduan Properti

10 Kelebihan Tinggal di Yogyakarta. Bukan Lagi Sekadar Kota Pendidikan