Home / Panduan Properti

Selasa, 28 November 2023 - 12:00 WIB

15 Kelebihan Tinggal di Malang. Kota Wisata dan Pendidikan di Jawa Timur

Yuk, cari tahu alasan tinggal di Malang, kota kecil di Jawa Timur yang dikenal sebagai kota pendidikan dan kota wisata. 

Sejarah kota ini memang terbilang panjang dan bisa dilacak hingga zaman Kerajaan Kanjuruhan, sekarang menjadi nama stadion tempat tragedi 1 Oktober 2022.

Sejak zaman ini beralih ke era sejumlah kerajaan lainnya seperti Mataram, Kahuripan, Janggala, Kediri, Singasari, hingga Majapahit 

Lantas berlanjut ke zaman penjajahan Hindia Belanda sehingga masih ada jejak bangunan. Orang Belanda menjadikan kota ini sebagai tempat wisata. 

Hal ini berlanjut sampai sekarang. Malang menjadi salah satu destinasi wisata bagi mereka yang tinggal di Surabaya dan sekitarnya. 

Saat ini, Malang sudah menjelma menjadi salah satu kota tergolong besar di Provinsi Jawa Timur baik dari luas wilayah dan jumlah penduduk. 

Bagi kamu yang sedang mencari tempat menetap, bekerja, atau memulai bisnis, maka kota ini bisa menjadi salah satu pertimbangan. 

Situs Investasiproperti.id akan membahas kelebihan kota yang dikenal dengan klub sepak bolanya, Arema dan Persema. 

Investasiproperti.id merangkum dari berbagai sumber seperti laman berita online, situs pemerintahan, datang langsung, hingga berbincang dengan orang yang tinggal di kota ini.

keunggulan tinggal di malang

Sumber: Kompas.com

Kelebihan Tinggal di Kota Malang, Jawa Timur

1. Dekat dengan Surabaya 

Jarak Malang ke Surabaya kurang lebih sekitar 94 km melalui ruas Tol Pandaan-Malang. Jaraknya memang relatif dekat. 

Surabaya merupakan ibu kota Provinsi Jawa Timur dan memiliki Gerbangkertosusila yang menjadi kawasan metropolitan terbesar kedua di Indonesia. 

2. Kota yang Cukup Besar 

Malang merupakan kota dengan luas sekitar 110 km persegi dan jumlah penduduk 874 ribu jiwa menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada 2023. 

Jika melihat luas wilayah dan jumlah penduduk, Malang masih bisa masuk kategori kota besar. Bahkan, Malang juga termasuk salah satu kota termacet di Indonesia.

3. Kota Wisata 

Malang dikenal sebagai destinasi wisata terutama bagi mereka yang tinggal di Jawa Timur. Ada pilihan wisata alam, sejarah, budaya, dan lainnya. 

Jarak Malang terbilang dekat dengan Kota Batu, salah satu kota wisata di Jawa Timur dan termasuk kota termuda di Indonesia

Baca Juga :  13 Kelebihan Tinggal di Semarang. Pilihan Kuliner dan Destinasi Wisata Banyak

4. Kota Pendidikan 

Seperti halnya Bandung dan Yogyakarta, Malang juga dikenal sebagai kota pendidikan karena memiliki sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta. 

Perguruan tinggi negeri di kota ini adalah Universitas Brawijaya, UIN Maulana Malik Ibrahim, Politeknik Negeri Malang, dan Universitas Negeri Malang.

Sementara perguruan tinggi swasta adalah Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Merdeka Malang, Institut Teknologi Nasional, dan Universitas Islam Malang.

5. Potensi Properti Sewa

Sebagai kota pendidikan dan wisata, peluang menjadi juragan properti tentunya terbuka untuk memiliki properti sewa seperti rumah kos, rumah, atau rumah petak. 

Pilihan investasi properti di Malang memang bisa membidik para mahasiswa yang merantau dan wisatawan yang datang. 

menetap di malang jawa timur

Sumber Foto: Tugumalang.id/Instagram Yoiki Malang

6. Fasilitas Umum dan Sosial yang Baik

Pastinya, kota ini memiliki fasilitas sosial dan fasilitas umum yang baik untuk menunjang kehidupan masyarakat sehari-hari. 

Ada sekolah, perguruan tinggi, rumah ibadah, pasar, pusat perbelanjaan, taman, bank, rumah sakit, hingga kawasan komersial. 

7. Infrastruktur yang Bagus

Malang mempunyai infrastruktur yang baik dengan jaringan jalan nasional, ruas jalan tol, jalur kereta api jarak jauh, hingga bandara internasional

Kehadiran jaringan infrastruktur transportasi ini menghubungkan Malang dengan kota-kota di Jawa dan pulau lainnya di Indonesia.  

8. Kota Seni dan Budaya

Kenapa harus tinggal di Malang? Kota ini menyuguhkan seni dan budaya tidak hanya dalam bentuk bangunan, tari, tetapi hingga kuliner. 

Masih ada sejumlah bangunan peninggalan Hindia Belanda, tari tradisional, hingga kuliner peranakan yang berasal dari tradisi Tionghoa. 

9. Kota yang Bersih

Malang pernah menjadi salah satu kota dengan udara terbersih di Asia pada 2017. Tidak heran kalau kota ini memang berada di pegunungan. 

Tidak hanya itu, kota ini memiliki sejumlah taman yang menjadi tempat bagi masyarakat untuk berkumpul dan bersantai. 

10. Pemandangan yang Indah

Kota ini dekat dengan Gunung Semeru dan Gunung Arjuno, keduanya masuk ke dalam daftar gunung tertinggi di Indonesia. Kamu pernah mendaki gunung ini?

Lantaran berada di kawasan pegunungan, kamu bisa menyaksikan pemandangan indah berupa pepohonan, perbukitan, dan lainnya. 

kelebihan tinggal di malang

Sumber Foto: Agtvnews.com/Instagram Yoiki Malang

11. Relatif Sejuk Dibandingkan Surabaya

Rata-rata suhu harian di Malang berkisar 23 derajat Celcius, tentu lebih adem kalau dibandingkan dengan Surabaya yang bisa mencapai 30 derajat Celcius. 

Baca Juga :  12 Alasan Tinggal di Depok. Punya Banyak Pilihan Akses Transportasi

Ingat, catatan ini bukan suhu tertinggi ya. Hal ini menjawab pertanyaan kenapa Malang disebut kota dingin. Surabaya sendiri masuk daftar kota terpanas di Indonesia

12. Masyarakat yang Beragam 

Malang termasuk suku apa, sudah tentu suku Jawa mendominasi sebagian besar. Namun, orang Jawa yang tinggal di Jawa Timur dengan Jawa Tengah memiliki karakter berbeda. 

Selain itu, ada juga para pendatang dari suku lain seperti Madura, Arab, Tionghoa, dan suku-suku lain di Indonesia. Apalagi, Malang adalah kota pendidikan. 

13. UMK yang Relatif Tidak Tinggi dan Cocok untuk Pelaku Usaha

UMK (Upah Minimum Kota/Kabupaten) Malang pada 2023 adalah Rp3,1 juta per bulan, tentunya terbilang tidak terlalu besar. 

Bagi kamu yang berencana membuka bisnis, tentunya angka sebesar ini bisa menjadi pertimbangan lantaran belum terlalu besar. 

14. Makanan yang Enak 

Pilihan kuliner di Malang memang banyak. Sebagian memang ada di daerah lainnya di Jawa Timur karena memang identik dengan kuliner provinsi ini. 

Cwie mie, rawon, mendol, bakso bakar, orem-orem, sego goreng mawut, bakso malang, rujak cingur, soto geprak, nasi pecel, dan masih banyak lagi. 

15. Kota Apel

Kota Malang terkenal sebagai penghasil apa? Tentu saja apel. Malang dan sekitarnya memang dikenal sebagai produsen buah tersebut. 

Selain itu, kota ini memang dikenal sebagai tempat mengolah apel menjadi produk lainnya seperti keripik, jus apel, sari apel, kue, dan lainnya. 

Nah, itulah sejumlah keunggulan dan kelebihan tinggal di Malang. Kamu bisa mempertimbangkan untuk memulai bisnis skala kecil. 

Sebelumnya, Investasiproperti.id pernah membahas keunggulan tinggal di Sidoarjo, salah satu kabupaten di Jawa Timur yang dikenal industri boga bahari. 

Ada juga ulasan mengenai kawasan penyangga lainnya di Jakarta. Banyak alasan untuk tinggal di Tangerang, kota di Banten yang punya banyak potensi. 

Situs Investasiproperti.id selalu menghadirkan konten yang inspiratif mengenai rekomendasi dan panduan tinggal di sebuah kota di Indonesia.

Share :

Baca Juga

tinggal di kendari

Panduan Properti

11 Keunggulan Tinggal di Kendari. Ibu Kota Provinsi dengan Pemandangan Pantai yang Indah
apa itu pakualaman ground

Panduan Properti

Mengenal Pakualaman Ground di Yogyakarta, Hak Tanah yang Diakui oleh UU Keistimewaan
lippo plaza manado

Panduan Properti

22 Mall Terkecil di Indonesia. Mayoritas Berada di Kota Kecil
surabaya kota bisnis dan industri

Panduan Properti

7 Keunggulan Investasi Properti di Surabaya. Gerbangkertosusila Menjanjikan Cuan
kota metro termasuk kota dengan biaya hidup murah di indonesia

Panduan Properti

9 Kota dengan Biaya Hidup Termurah di Indonesia. Siapa yang Beruntung Tinggal di Sini?
wisata di kota yogyakarta

Panduan Properti

10 Kelebihan Tinggal di Yogyakarta. Bukan Lagi Sekadar Kota Pendidikan
investasi di batam

Panduan Properti

5 Kelebihan Investasi Properti di Batam. Dekat dengan Singapura dan Malaysia
keunggulan tinggal di bekasi

Panduan Properti

13 Alasan Tinggal di Bekasi. Infrastruktur Terlengkap di Timur Jakarta